10 Alasan Kenapa Semua Bisnis Memerlukan Blog pada Websitenya

0
67
Beri Nilai untuk Artikel ini

Apabila Kamu berpikir bahwa bisnis kamu hanya memerlukan website berisikan profil usaha, daftar produk, atau toko online saja, maka kamu salah besar. Berikut ini 10 alasan kenapa kamu perlu juga menambahkan blog pada website bisnismu.

Peran Blog dalam Membantu Pemasaran Bisnis

Dengan semakin banyaknya bisnis atau usaha yang membuat website, belum ditambah dengan semakin banyaknya portal berita maupun blog oleh para blogger, persaingan memenangkan peringkat pada Search Engine pun semakin berat.

Blog saat ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif guna memenangkan persaingan usaha kita, terutama dalam merebut halaman pertama pada hasil pencarian Google ataupun search engine lainnya.

Nah berikut ini akan Asaljeplak jelaskan 10 hal yang membuat blog itu memiliki peran penting sebagai salah satu strategi promosi yang juga perlu kamu lakukan untuk membantu meningkatkan kesuksesan bisnis kamu.

 

1) Membantu Meningkatkan serta Mengarahkan Traffic ke Website Bisnis Milikmu.

Dengan persaingan memperebutkan peringkat pada mesin pencari Google dsb., tentunya website profil usaha atau toko online saja sudah tidak cukup.

Adanya blog akan dapat membantu memperbanyak kata kunci yang mengarah ke website bisnis yang kamu miliki, terutama apabila artikel yang kamu tulis itu menarik serta berpeluang tinggi untuk disebarkan pembaca pada Sosmed.

 

2) Membantu Mengkonversi Traffic Tersebut Menjadi Prospek Klien.

Efek lainnya, para pengunjung blog yang membaca artikel kamu tentunya akan lebih ter-expose dengan produk atau jasa milikmu, yang meningkatkan juga peluang terjadinya transaksi ataupun pembelian.

Tapi perlu Asaljeplak ingatkan, ada beberapa hal yang perlu dihindari dalam mempromosikan produk atau jasa kamu di dalam blog atau artikel yang kamu tulis :

a. Jangan lakukan promosi yang to the point dan terang-terangan.

b. Artikel harus murni memberikan informasi umum atau pengetahuan tanpa terkesan sebagai review produk atau jasa kamu saja.

c. Jangan hanya menonjolkan produk atau jasa kamu saja, kamu harus berani menyebutkan produk atau jasa dari kompetitor yang memang kamu anggap bagus supaya artikel tidak berkesan subjektif.

Misalnya begini, produk yang kamu tawarkan adalah sepatu, dan kamu ingin membuat artikel berjudul “10 Merek Sepatu Lokal dengan Kualitas Premium”, maka artikel tersebut harus kamu buat secara netral.

Maksudnya gimana? Maksudnya adalah dalam artikel tersebut kamu harus menyebutkan brand atau produk kompetitor dengan ulasan yang netral dan tidak subjektif, tidak menjelek-jelekkan dan tidak hanya mengunggulkan produk sepatu kamu saja.

Enak dong kompetitor dapat promosi gratis? Efeknya sih bisa jadi begitu, tetapi itu blog kamu dan yang paling mudah untuk diakses di situ adalah website bisnis kamu, akan lebih besar kemungkinan konsumen untuk membuka website milikmu dibandingkan kompetitor.

 

3) Meningkatkan Kredibilitas Kamu pada Bidang Usaha yang Kamu Jalani.

Maksudnya disini adalah apabila artikel-artikel yang kamu tulis bermanfaat dan bisa diterapkan oleh pembaca, maka akan meningkatkan persepsi bahwa kamu memahami betul seluk beluk seputar produk kamu.

Apabila itu terjadi, maka akan lebih mudah untuk para pembaca untuk lebih mempercayai produk atau jasa yang kamu tawarkan, sehingga akhirnya lebih dianggap kredibel.

 

4) Hasilnya dapat Dirasakan dalam Jangka Panjang.

Blog atau artikel merupakan bentuk pemasaran yang bisa dirasakan jangka panjang, terutama apabila artikel milikmu memiliki ranking yang baik pada mesin pencari.

BACA JUGA :  Cara Membuat Animasi pada Microsoft Powerpoint

Karena, apabila artikel kamu sudah terindeks pada mesin pencari Google maka akan terus berada di situ untuk selamanya.

Apalagi kalau kamu selalu aktif menulis artikel-artikel baru yang berkualitas dan dengan implementasi SEO yang baik, maka tentunya Google, Bing, dsb akan lebih menempatkan artikel milikmu di posisi-posisi awal.

Kenapa? karena Google, Bing dsb juga melihat tingkat aktivitas suatu blog atau website dalam menentukan peringkat pada mesin pencari nya.

 

5) Membantu dalam Membangun Komunitas.

Blog juga berfungsi membangun komunitas yang sesuai dengan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Kamu bisa membuka fitur forum untuk pengunjung supaya dapat berinteraksi dan memberi feedback, yang tentunya bisa kamu pantau secara langsung dan juga bisa kamu jawab secara langsung.

Hasilnya tentunya akan membangun suatu komunitas yang solid dan apabila dikelola dengan baik bisa meningkatkan loyalitas konsumen kamu.

6) Membantu Aktivitas Public Relation.

Blog juga membantu kamu dalam melakukan aktivitas-aktivitas Public Relation (PR).

Kamu bisa memberikan informasi terbaru seputar event yang kamu ikuti, atau fitur-fitur terbaru yang ada pada produk yang akan kamu luncurkan, dan lain sebagainya.

 

7) Meningkatkan Brand Image dari Produk atau Jasa Kamu.

Blog yang dikelola dengan baik dan tidak kental unsur promosi akan berdampak pada meningkatknya Brand Image serta Brand Awareness atas produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.

Seperti yang dibahas pada poin 3, bahwa blog atau artikel akan membuat kamu semakin kredibel, dampak lainnya adalah meningkatnya kepercayaan atas produk atau jasa yang kamu tawarkan sehingga pencitraan brand kamu akan meningkat.

 

8) Membantu Membangun Daftar Email.

Blog atau artikel yang baik wajib memiliki fitur untuk berlangganan.

Fungsinya adalah membuat pengunjung akan menerima artikel terbaru pada blog kamu melalui email mereka.

Semakin berkualitas artikel yang kamu tulis maka akan semakin tinggi juga tingkat pembaca yang akan berlangganan blog milikmu.

Nah dari situ kamu bisa mendata email-email pembaca yang sudah berlangganan, yang bisa kamu jadikan basis untuk dimasukkan ke dalam daftar prospek produk ataupun jasa yang kamu tawarkan.

 

9) Memancing Adanya Inovasi Baru.

Apabila blog kamu memiliki fitur forum, maka akan meningkatkan interaksi dan tentunya akan juga memancing pembaca memberikan ide serta saran yang bisa kamu aplikasikan kepada produk atau jasa milikmu.

Forum yang dikelola dengan baik akan menjadi pusat diskusi dan tempat bertukar ide serta pendapat, yang dampaknya bisa memberikan inspirasi kepada kamu sehingga akan muncul inovasi-inovasi terbaru.

 

10) Membantu Aktivitas Pemasaran Lainnya.

Dalam pemasaran online, terutama bagi kamu yang tidak memiliki dana pemasaran yang besar, blog itu berperan penting dan bahkan bisa dibilang tulang punggung dari segala aktivitas pemasaran online yang kamu lakukan.

Artikel blog bisa kamu share ke media sosial milikmu, atau ke grup-grup Facebook dan Google plus yang sesuai dengan industri kamu, dan bisa dijadikan referensi untuk diskusi apabila kamu aktif ke dalam forum-forum.

Dan tentunya akan berdampak meningkatkan ranking website kamu pada mesin pencari.

 

Nah demikianlah artikel Asaljeplak mengenai 10 manfaat blog bagi bisnis kamu, yang bisa kamu mulai coba dan terapkan.

Semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar