10 Alasan Psikologis kenapa Beberapa Orang Takut Melihat Badut

0
810

Ini dia 10 alasan psikologis kenapa beberapa dari kita takut melihat badut, dan bagaimana cara untuk mengatasi phobia yang dikenal dengan Coulrophobia tersebut.

[ad_1]

 

Mungkin kamu tahu bahwa ada beberapa diantara kita yang memiliki fobia/phobia saat melihat sosok badut.

Bagi beberapa orang badut bisa terlihat konyol dan paling-paling dianggap aneh dan mungkin nggak lucu, tetapi ada juga yang sangat-sangat ketakutan saat melihat badut di depan mata.

Tunggu, jangan ketawa atau menganggap para penderita ketakutan ini aneh dulu ya, karena bagi para penderita akut phobia ini, mereka bisa mengalami hal-hal berikut:

  • Kesulitan bernafas
  • Detak jantung tidak beraturan
  • Berkeringat
  • Mual-mual
  • Rasa takut yang menjalar

Bahkan menurut estimasi, ada sekitar 12% penderita phobia ini di Amerika Serikat, dan Asaljeplak pribadi pernah menemukan beberapa penderita tersebut di Indonesia (meskipun bukan yang akut).

Untuk mengobati phobia terhadap hal ini, pertama-tama perlu dianalisa terlebih dahulu apa penyebab dari phobia tersebut, dan barulah dari situ dilakukan tindakan yang disesuaikan dengan latar belakang timbulnya phobia.

Phobia terhadap Badut ini dikenal dengan istilah Coulrophobia dan berikut ini adalah beberapa alasan psikologis dibalik ketakutan seseorang akan sosok badut tersebut.

1Senyum Badut itu Palsu

2Badut itu tidak bisa ditebak apalagi dipercaya

3Ketakutan akan hal yang belum diketahui

4Badut itu menyeramkan

5Histeria Massa

6Kultur Popular

7Trauma Masa Kecil

8Inferiority dan Superiority Complex

9Badut itu nggak lucu

10Teori Uncanny dari Sigmund Freud

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here