10 Fakta tentang Penyakit Lupus

0
58
Beri Nilai untuk Artikel ini

Penyakit Lupus merupakan salah satu penyakit kronis yang bisa menyerang semua bagian dari tubuh kita baik luar maupun dalam. Berikut ini 10 fakta mengenai penyakit Lupus yang wajib kamu ketahui.

Apa itu Penyakit Lupus ?

Penyakit Lupus merupakan penyakit yang disebabkan adanya suatu kesalahan pada sistem kekebalan tubuh kita (immune). Disebut penyakit kronis dikarenakan tanda-tanda dan gejalanya akan muncul dalam selang waktu mulai dari 6 minggu hingga bertahun-tahun.

Apabila terjangkit penyakit Lupus, maka yang akan diserang adalah sistem kekebalan kita yang berfungsi melindungi tubuh dari serangan bakteri, virus dan sejenisnya.

Normalnya, tubuh kita akan menghasilkan “antibodi” untuk menanggulangi serangan-serangan tersebut. Tetapi pada tubuh yang terjangkit penyakit Lupus, tubuh tidak akan bisa membedakan mana yang berupa “serangan” dan mana yang merupakan sel “sehat” yang diperlukan tubuh.

Alhasil tubuh pun akan mengeluarkan antibodi untuk menghancurkan sel sehat tersebut dan dampaknya bisa terjadi peradangan, sakit nyeri, dan kerusakan di beberapa bagian tubuh.

Penyakit Lupus dapat menggerogoti dalam waktu lama tanpa kita sadari, dan baru terasa setelah gejala-gejala semakin memburuk dan semakin merasakan sakit, tetapi dalam skenario terbaik (didukung diet ketat dan suplemen yang tepat) sistem tubuh akan perlahan-lahan membaik.

 

BACA JUGA :  Cara Mudah Install Whatsapp Tanpa Verifikasi Nomor Telepon

10 Fakta mengenai Penyakit Lupus

Berikut ini 10 Fakta tambahan terkait penyakit Lupus yang perlu kamu ketahui:

  • Lupus BUKAN penyakit menular dan tidak dapat ditularkan baik dengan cara apapun.
  • Lupus tidak digolongkan atau sama seperti Kanker meskipun dalam terapi pengobatan juga terkadang menggunakan metode yang sama dengan chemotherapy.
  • Lupus bisa dibilang kebalikan dari penyakit HIV/AIDS dikarenakan pada HIV sistem kekebalan menjadi tidak/kurang aktif sementara pada Lupus sistem kekebalan menjadi terlalu aktif.
  • Tingkat ancaman dari penyakit Lupus bervariasi dan untuk pengobatan dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan dokter.
  • Di Negara Amerika Serikat diperkirakan ada sekitar 1,5 juta jiwa penderita Lupus, sementara di Indonesia per April 2013 diperkirakan ada sekitar 13,300 jiwa, dan di dunia secara keseluruhan ada sekitar 5 juta jiwa penderita Lupus.
  • Setiap tahunnya ada sekitar 16rb jiwa penderita Lupus baru di Amerika Serikat.
  • Pengelompokan diagnosa Lupus berdasarkan buku saku YLI (Yayasan Lupus Indonesia) adalah Early Detection, Mild Lupus, Severe Lupus, dan Life Threatening Lupus.
  • Dokter yang bisa memberikan konsultasi mengenai Lupus diantaranya adalah dokter spesialis penyakit dalam, dokter ahli Hematologi, Rheumatology, dan Imunology.
  • Lupus kebanyakan menyerang wanita di usia 15-44 tahun meskipun tidak menutup kemungkinan penyakit tersebut bisa menyerang pria maupun anak-anak.
  • Wanita non kulit putih memiliki risiko hingga 3 kali untuk terjangkit penyakit Lupus.

 

Demikian 10 fakta mengenai penyakit Lupus yang perlu untuk kamu ketahui.

Semoga bermanfaat ya.

 

Sumber referensi:
Lupus.org
republika.com

Beri Komentar