10 Orang dengan IQ tertinggi di Dunia

0
328
Beri Nilai untuk Artikel ini

Mau tahu siapa saja manusia yang memiliki kecerdasan diatas rata-rata di sepanjang sejarah dunia? Berikut ini daftar 10 orang yang memiliki IQ tinggi di dunia.

 

IQ (Intelligent Quotient) merupakan suatu tolak ukur untuk mengukur kecerdasan seseorang.

Pengukurannya adalah dengan cara menggunakan tes yang sudah ter-standardisasi oleh para ahli yang dikhususkan untuk mengukur kecerdasan seseorang.

Dalam mengukur kecerdasan ada 2 faktor utama yang bermain, yang pertama merupakan faktor waktu dan lingkungan yang tepat, lalu yang kedua adalah faktor genetis atau turunan.

Dengan 2 faktor yang tepat tersebut, maka seseorang akan memiliki kecenderungan untuk memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi dibandingkan lainnya.

10 orang berikut ini merupakan orang-orang yang diakui kecerdasannya entah melalui tes IQ, ataupun estimasi berdasarkan pencapaian yang pernah diraih.

10Stephen Hawking

IQ : 160

Ahli Fisika asal Inggris, Stephen Hawking, merupakan nama yang tidak asing lagi apabila berbicara mengenai orang jenius yang pernah ada.

Penulis buku A Brief History of Time yang terjual lebih dari 10 juta kopi di seluruh dunia ini telah berhasil merevolusi dunia pengetahuan terutama di bidang teori Fisika.

 

9Albert Einstein

IQ : 160-190

Albert Einstein tidak pernah mengambil tes IQ, tetapi pencapaiannya dalam mengembangkan teori relativitas yang sangat ternama beserta mekanika quantum yang hingga saat ini digunakan sebagai landasan utama Fisika modern, membuatnya diakui menjadi salah satu orang jenius yang pernah ada.

Einstein juga turut berpartisipasi dalam mengembangkan fisi nuklir meskipun hal tersebut sangat disesalinya pada saat digunakan sebagai bom atom.

Para pakar memperkirakan IQ dari Einstein adalah dalam rentang 160-190.

 

8Judit Polgar

IQ : 170

Judit Polgar merupakan Grand Master Catur wanita terbaik di dunia, dan meraih gelar GM pada saat usia 15 tahun.

Judit juga pernah mengalahkan Garry Kasparov, pecatur nomor 1 di dunia, dan hingga saat ini masih aktif dalam arena catur.

 

7Leonardo Da Vinci

IQ : 180-190

Sama seperti Einstein, Leonardo Da Vinci tidak pernah diukur secara langsung tingkat IQ nya.

Tetapi pencapaiannya sebagai seorang Polymath (ahli dalam berbagai bidang) yang memiliki hasil karya beragam seperti Seni Lukis, Seni Pahat, Musik, Matematika, Engineering, Geografi, dan Kartografi serta seorang penulis yang handal membuatnya diakui oleh para ahli sebagai seorang yang jenius dan diperkirakan memiliki IQ sekitar 180-190.

 

6Marilyn Vos Savant

IQ : 190

Marilyn Vos Savant adalah seorang jenius dan pernah tercatat sebagai manusia paling jenius pada Guinness Book of Records pada tahun 1980an.

Marilyn hingga saat ini masih menjadi penulis kolom “Ask Marilyn” yang sangat terkenal dimana dia memberikan nasihat kepada para pembaca yang mengirim pertanyaan.

BACA JUGA :  Cara Menggunakan Whatsapp pada Dua Perangkat

 

5Garry Kasparov

IQ : 194

Pecatur asal Rusia ini diakui sebagai pemain catur terbaik yang pernah ada.

Karir caturnya mulai dari tahun 1986 hingga 2005 diisi dengan segudang prestasi, dan bahkan pernah melawan komputer jenius buatan IBM.

Saat ini Kasparov lebih berkutat di bidang politik dan kemanusiaan dimana dia sangat menentang Presiden Rusia saat ini, Vladimir Putin, dan merupakan salah satu petinggi dari Human Rights Foundation.

 

4Kim Ung-Yong

IQ : 210

Jenius asal Korea Selatan ini pada saat berusia 3 tahun sudah mampu menguasai bahasa Inggris, Jerman, Korea, dan Jepang.

Karena bakatnya tersebut, Kim Un-Yong diundang untuk belajar di Amerika Serikat dan kemudian bekerja untuk NASA.

Saat ini Un-Yong bekerja sebagai guru sekolah dan hidup sederhana atas kemauannya sendiri dan tidak terlalu memanfaatkan ketenaran yang dimilikinya.

 

3Christopher Hirata

IQ : 225

Salah satu anak jenius yang pernah ada, terutama pada saat keberhasilannya memenangkan Olimpiade Fisika Internasional pada saat berusia 13 tahun di tahun 1996.

Hirata bahkan menjadi mahasiswa di Institut Teknologi Kalifornia pada saat usia 14 tahun, dan meraih gelar PhD di Universitas Princeton saat berusia 22 tahun.

Lelaki berusia 31 tahun ini saat ini bekerja menjadi dosen di Institut Teknologi Kalifornia dan mengajar bidang Astrofisika.

 

2Terence Tao

IQ : 225-230

Ahli Matematika Jenius berkebangsaan Australia ini merupakan dosen di University of California.

Pencapaiannya adalah menjadi peraih medali Fields Medal pada tahun 2006, dimana penghargaan tersebut hanya diberikan kepada mereka yang memiliki kontribusi dan prestasi di dunia Matematika di bawah usia 40 tahun.

 

1William James Sidis

IQ : 250-300

Meskipun tidak pernah menjalani tes IQ, William James Sidis merupakan seorang yang diakui paling jenius sepanjang sejarah.

Sidis menjadi mahasiswa di Universitas Harvard pada saat berusia 11 tahun dan mengambil bidang Matematika.

Selain itu, dia juga merupakan ahli dalam berbagai bidang, dan telah menulis buku maupun mempublikasikan hasil penelitian dari berbagai area keahlian seperti Kosmologi, Sejarah penduduk asli Amerika, anthropology, philology, dan juga sistem Transportasi.

Meskipun tidak memiliki kontribusi seperti lainnya, pencapaiannya tersebut membuatnya diakui meskipun kehidupan sosialnya tidak sesukses itu.

 

Nah demikianlah daftar 10 orang yang memiliki IQ tertinggi di sepanjang sejarah manusia yang diakui oleh para ahli.

Semoga bermanfaat ya.

sumber artikel: therichest.com

Beri Komentar