10 tanda kamu sudah kecanduan smartphone

0
278
Beri Nilai untuk Artikel ini

Smartphone tidak pernah lepas dari tangan kamu? mata selalu tertuju ke arah layar smartphone kamu? Hati-hati kamu bisa saja sudah kecanduan smartphone! Baca dulu artikel berikut ini untuk mengetahui gejala-gejalanya.

Jika kamu menemukan diri kamu memeriksa ponsel pertama kali di pagi hari, bahkan sebelum turun dari tempat tidur, kamu kemungkinan sudah kecanduan smartphone.

 

Jika kamu mengirim pesan teks saat mengemudi – meskipun bahaya, memeriksa telepon kamu dan bukannya bekerja pada suatu tugas penting, atau malah memeriksa Facebook selama makan malam romantis, kamu pasti sudah kecanduan.

Smartphone saat ini sudah menjadi bagian penting dari kehidupan kita dan memang peranannya sudah sangat krusial bagi aktivitas kita sehari-hari.

[bctt tweet=”Jika aktivitas pertama kamu saat bangun adalah memeriksa ponsel, kamu kemungkinan sudah kecanduan.”]

Mulai dari sekedar sebagai alarm bangun pagi, sebagai mailbox untuk kita bisa cek email kapanpun dimanapun, untuk berbagi momen-momen di dalam hidup melalui social media, atau bahkan untuk mengerjakan tugas-tugas baik sekolah maupun pekerjaan kantor, dan lain sebagainya.

Tetapi ada beberapa diantara kita yang kadar penggunaan smartphone nya sudah bisa dibilang berlebih dan sudah masuk ke dalam kategori kecanduan. Berikut ini Asaljeplak akan berbagi 10 tanda kamu sudah kecanduan smartphone.

  1. Chat bersamaan dengan 3-5 atau lebih orang atau grup berbeda pada whatsapp ataupun media chat lainnya setiap harinya.
  2. Merasa sangat galau apabila lupa membawa smartphone pada saat kamu ke toilet.
  3. Meletakkan smartphone di meja samping tempat tidur kamu, atau bahkan kamu letakkan persis di samping kamu pada saat kamu tidur.
  4. Layar sedikit retak atau agak dead pixel tidak mengganggu penggunaan smartphone kamu.
  5. Kamu merasa panik saat merogoh kantung celana, atau ke dalam tas kamu, dan tidak menemukan smartphone kamu.
  6. Kamu memiliki 50 atau lebih apps yang kamu gunakan semua.
  7. Kamu merasa kehilangan teman saat smartphone kamu rusak.
  8. Kamu rela duduk di lantai atau di pojokan yang agak kotor pada saat berada di tempat umum hanya demi men-charge/cas smartphone kamu.
  9. Saat kamu dituduh kecanduan smartphone kamu akan membela diri dengan alasan kamu perlu men-cek email setiap saat untuk urusan pekerjaan kamu.
  10. Kamu membaca artikel ini melalui smartphone kamu :p

Apabila diantara 10 hal di atas menggambarkan kamu, itu tandanya kamu sudah mulai kecanduan smartphone.

BACA JUGA :  Cara Menggunakan Whatsapp pada Dua Perangkat

Ayo coba mulai berlatih meninggalkan smartphone dan beraktivitas seperti biasa, percaya deh dunia nggak akan kiamat. Jangan lupa tarik nafas dalam-dalam terlebih dahulu ya.

Semoga artikel ini bermanfaat, silahkan tinggalkan komentar apabila kamu ada ide lain mengenai tanda-tanda kecanduan smartphone, atau sekedar share perihal penggunaan smartphone kamu.

Beri Komentar