10 Tips dan Trik 3ds Max yang Bisa Mempercepat Pekerjaan Kamu

0
235
Beri Nilai untuk Artikel ini

Bagi kamu yang pekerjaannya berkutat atau sedang dalam tahap mempelajari 3ds Max, berikut ini 10 Tips dan trik yang akan mempermudah kamu dalam menguasainya.

 

3ds Max merupakan sebuah program yang sangat berguna dan memiliki fitur super lengkap dalam rangka menciptakan objek berbentuk 3D, dan juga sangat mudah untuk dipelajari, minimal dasar-dasarnya, oleh pemula.

10 Tips ini akan membantu dan makin mempermudah kamu dalam mengoperasikan program 3ds Max tersebut.

Tips Berurusan dengan Gemoetri

Ketika melakukan proses modeling ataupun berurusan dengan geometri, gunakanlah skala 1:1, dan tak lupa memberikan nama yang mudah diingat pada elemen.

Ketika desain sudah semakin kompleks, kamu akan kesulitan apabila sejak awal tidak menamai masing-masing elemen tersebut.

Gunakan layer dan Group untuk mengelompokkan elemen-elemen tersebut.

Isolate

Gunakan Isolate (klik kanan > isolate) untuk menyembunyikan item selain dari yang sedang kamu kerjakan. Ini berguna terutama saat projek yang kamu kerjakan sudah semakin kompleks.

Populate

Gunakan fitur Populate untuk menempatkan sekelompok “manusia” yang sudah tersedia di Library ke dalam suatu scene, supaya kamu bisa lebih mendapatkan gambaran riil di lapangan.

 

Efisiensi Model

Gunakan kamera kamu untuk menelusuri scene dan menentukan titik untuk melakukan modeling secara detail. Jangan terbawa ingin melihat keseluruhan scene sembari melakukan modeling, tetapi fokuskan pada detail model terlebih dahulu satu persatu.

Ambil Contoh dari Foto-Foto Asli

Gunakan foto-foto ruangan yang asli (bukan gambar 3D) dengan resolusi tinggi yang bisa kamu cari di internet, untuk kamu jadikan patokan dalam mendesain di dalam 3ds Max.

Buat replika dari foto-foto tersebut sehingga lama kelamaan akan mempermudah kamu dalam menguasai program.

BACA JUGA :  Cara Mencari Data Duplikat Menggunakan Fungsi COUNTIF pada Microsoft Excel

Master Rendering

Pastikan semua objek yang kamu buat sudah optimal dengan perangkat rendering yang kamu gunakan (misalnya VRay) sehingga kamu bisa terhindar dari hasil-hasil yang kurang baik saat dirender secara keseluruhan.

Buat Objek yang Realistik

Belajarlah dari objek yang ada di sekitar kamu. Pelajari tekstur, pencahayaan, bayangan, dari objek-objek tersebut.

Hindari juga penggunaan warna hitam murni (RGB 0) atau Putih murni (RGB 255), karena dalam dunia nyata akan sangat sulit kamu temukan warna yang benar-benar hitam atau benar-benar putih.

Gunakan Pencahayaan yang Realistis

Sekali lagi, lihat sekeliling kamu. Pelajari pencahayaan dari objek-objek sekitar kamu, arah jatuh bayangan, dsb.

Hal ini agar hasil desain kamu akan tampak semakin realistis.

Optimisasi Output

Caranya adalah dengan menyimpan render kamu pada 32 bit TIFF dan jangan sekali-kali disimpan dalam bentuk JPG/JPEG.

Kenapa? karena file JPG itu sudah dikompres sedemikian rupa sehingga tidak bisa kamu olah lagi setelahnya. Sementara 32 bit TIFF adalah hasil mentah/murni yang tentunya akan lebih tinggi kualitasnya dibanding JPG.

Update dan Save

Selalu cek update secara berkala dari pengembang agar program 3ds Max kamu selalu berfungsi secara optimal.

Dan juga jangan lupa untuk rajin nge-save pekerjaan kamu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Incremental Save juga merupakan salah satu metode efektif supaya setiap ada perubahan baru yang ingin kamu hapus kamu memiliki simpanan backup untuk mengulangnya.

Incremental Save bisa dilakukan dengan emilih menu File > Seve As > pilih tanda +

 

Demikianlah beberapa tips untuk mempermudah kamu dalam mendesain menggunakan 3ds Max supaya kamu juga bisa lebih cepat mahir megoperasikannya.

Semoga bermanfaat.

Beri Komentar