PENTING! 13 Tips Untuk Menjadi Karyawan yang Produktif dan Disukai Atasan

0
134
Beri Nilai untuk Artikel ini

Terkadang mungkin kamu jenuh bekerja setiap hari, tetapi harus tetap dilakukan. 13 tips ini bisa kamu terapkan sehingga kamu dapat menjadi lebih produktif dan disukai oleh atasan kamu.

1. ISTIRAHAT

Bosmu mungkin tidak akan suka, tapi otak dan tubuhmu sudah pasti berterima kasih jika kamu sesekali melakukan ini.

Bukan istirahat seperti tidur ya, tapi menjauh dari komputermu untuk beberapa saat. Kamu bisa ke pantry untuk mengambil minum atau ke kamar mandi.

Intinya kamu harus aktif bergerak agar aliran darahmu lancar dan otakmu dapat beristirahat sehingga kamu bisa kembali fokus pada pekerjaanmu. Dengan cara ini, kamu akan jauh lebih produktif dan bosmu tidak akan komplen lagi.

2. MULAI BEKERJA DARI PAGI HARI

Usahakan ketika kamu sudah sampai kantor, usahakan untuk langsung bekerja. Jangan melakukan hal lain seperti ngobrol dengan kolega, atau malah sibuk cek sosial mediamu.

Dengan berfokus pada pekerjaanmu di awal hari, maka kamu akan menjadi lebih produktif. Hal ini akan lebih mudah dilakukan dibanding kita melakukan hal lain lebih dulu, dan merasa “terpaksa” untuk mulai bekerja.

3. RAPIHKAN MEJA

Usahan untuk selalu merapihkan mejamu sebelum pulang kantor, sehingga besok paginya kamu tidak hilang fokus karena melihat tumpukan dokumen yang berantakan dan membuatmu bingung harus mulai dari mana.

4. HINDARI SOSIAL MEDIA

Mengecek Facebook, Twitter dan sosial media lainnya sebaiknya tidak kamu lakukan ketika sedang bekerja. Selain karena kamu dapat terlihat tidak produktif, itu merupakan distraksi yang sebenarnya tidak penting. Kecuali pekerjaanmu memang mengharuskanmu menggunakan sosial media

5. BIKIN DAFTAR PEKERJAAN

Cobalah untuk membuat list pekerjaanmu: apa yang harus kamu lakukan hari itu, dan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikannya. Dengan cara tersebut kamu dapat menghindari hal-hal penting yang mungkin terlewat, dan tentunya waktu kerjamu lebih efisien.

6. MINIMALISIR TAMPILAN DESKTOP KOMPUTER

Tutuplah semua tab file yang selesai kamu kerjakan, sehingga kamu tidak perlu mencari-cari file yang kamu butuhkan. Hemat waktu dan menghindari sakit kepala.

7. UTAMAKAN PEKERJAAN YANG ADA DI TANGAN

Ketika kamu sedang mengerjakan pekerjaanmu, maka fokuslah. Jika ada kolegamu yang memberi pekerjaan baru, maka sisihkanlah dulu sampai kamu selesai mengerjakan pekerjaanmu. Dengan catatan pekerjaan baru itu masih bisa dikerjakan nanti.

8. BERPIKIR DAN BERLAKU POSITIF

Ada saja hal-hal yang dapat membuatmu berpikir negatif, sehingga kamu pun jadi berperilaku negatif. Kamu dapat menghindarinya dengan melakukan hal baik untuk tubuhmu dan perasaanmu: sarapan enak, mengenakan pakaian favoritmu, mendengarkan musik yang kamu suka, atau apa pun itu yang membuat hatimu senang. Hati senang, pekerjaan apa pun akan menjadi jauh lebih mudah.

BACA JUGA :  Aplikasi iPad Gratis ini Bisa untuk Belajar Coding dan Pemrograman

9. SORTIR EMAIL

Ambil waktu untuk mengorganisasikan inbox email kamu. Hapus email-email tidak penting, dan bikin folder-folder yang kamu butuhkan. Ketika inboxmu sudah terorganisir, kamu lebih mudah dan cepat mencari email yang kamu butuhkan tiba-tiba.

10. BREAK DOWN PEKERJAAN

Ketika kamu mendapatkan proyek besar di kantor, kamu dapat membreak-down pekerjaanmu menjadi beberapa bagian kecil.

Dengan melakukan ini, kamu dapat dengan mudah memilih untuk memulai dari mana dan akan lebih cepat selesai. Ketika kamu berhasil menyelesaikan satu bagian, maka kamu akan lebih termotivasi untuk mengerjakan bagian lainnya.

11. HATI-HATI DENGAN MULTITASKING

Multitasking merupakan skill yang hebat, namun dapat mengurangi produktifitas. Fokuslah pada pekerjaan yang harus kamu lakukan, selain lebih maksimal hasilnya, pikiran dan tubuhmu pun tidak akan terlalu capek.

12. MULAI DENGAN PEKERJAAN YANG PALING MUDAH

Ketika kamu merasa stuck dengan pekerjaanmu, maka tinggalkanlah sejenak. Kamu dapat mengerjakan hal lain yang lebih mudah.

Berikanlah waktu untuk pikiranmu, dan kerjakanlah ketika mentalmu sudah lebih siap. Hal ini dapat membantumu untuk menyelesaikan list pekerjaanmu. Asal jangan kelamaan ya istirahatnya.

13. INGAT MOTIVASI

Jika kamu membenci pekerjaanmu, maka semua hal akan terasa berat. Mulailah berpikir soal alasanmu bekerja di bidang ini, dan apa yang bisa kamu dapatkan di masa depan. Lakukanlah apa yang dapat kamu lakukan dengan pekerjaanmu sehingga akan membantumu lebih bersemangat menjalani hari-harimu

Dengan menerapkan 13 hal di atas, bukan tidak mungkin kamu dapat dinobatkan sebagai karyawan terbaik di kantormu. Selamat mencoba ya.

Beri Komentar