20 Maskapai Penerbangan Terbaik tahun 2016

0
295
Beri Nilai untuk Artikel ini

Berikut ini daftar 20 maskapai penerbangan terbaik di dunia untuk tahun 2016 berdasarkan penghargaan yang diberikan Skytrax. Maskapai Penerbangan dari Indonesia masuk nggak ya?

Skytrax World Airline Awards merupakan penghargaan bergengsi di dalam industri aviasi, dan bahkan disebut sebagai penghargaan Oscar-nya untuk dunia penerbangan.

Hasil ini diambil berdasarkan survey yang dilakukan kepada para pengguna maskapai dari seluruh dunia, sehingga penghargaan ini disebut juga “Passenger Choice Awards”.

Kategori yang dinilai di dalam survey tersebut adalah :

  1. Fasilitas Maskapai di darat (mulai dari website, booking, lama check in, lounge, hingga bagasi).
  2. Fasilitas maskapai pada saat di udara (kenyamanan dan kebersihan, kelengkapan keamanan, fasilitas hiburan, makanan, dsb.)
  3. Kualitas layanan dari staff maskapai.

Selengkapnya bisa kamu baca di sini.

Nah, langsung saja, berikut ini daftar 20 maskapai penerbangan terbaik di dunia untuk tahun 2016.

20 Bangkok Airways

Ranking tahun lalu :
23

Alasan masuk 20 besar :
Walaupun rute penerbangannya masih sekitar Asia, Bangkok Airways berhasil mencuri hati para penumpangnya dengan fasilitas serta kualitas yang disediakan.

Bahkan tahun ini maskapai tersebut berhasil menyabet dua penghargaan sekaligus yaitu “World’s Best Regional Airline” dan “Best Regional Airline in Asia”.

 

19Austrian Airlines

Ranking tahun lalu :
13

Alasan masuk 20 besar :
Maskapai yang merupakan anak dari Lufthansa ini meskipun dilanda konflik internal dengan tenaga kerjanya tetapi berhasil menyabet penghargaan “Best Airline Staff Service in Europe”.

Layanannya dianggap efektif dan efisien, serta pilihan makanan dan hiburan selama di pesawat nya juga sangat memuaskan.

 

18Virgin Australia

Ranking tahun lalu :
16

Alasan masuk 20 besar :
Maskapai milik bilyuner Richard Branson ini terus menerus berkembang sejak berdiri di tahun 2000.

Interior kabin dari pesawat Boeing 777 dan Airbus A330 milik maskapai tersebut sangat memukau dengan mood lighting dan juga layar TV 9″ touchscreen untuk kebutuhan hiburan penumpang.

 

17Air New Zealand

Ranking tahun lalu :
17

Alasan masuk 20 besar :
Peraih penghargaan “World’s Best Premium Economy Class” untuk kelima kalinya dan juga “World’s Best Premium Economy Seat” ini membuktikan bahwa mereka memang salah satu yang terbaik untuk kelas Ekonomi.

 

16Asiana

Ranking tahun lalu :
11

Alasan masuk 20 besar :
Asiana dikukuhkan menjadi raja untuk kelas Ekonomi di tahun 2016 ini dengan menyabet penghargaan “Best Economy Class” dan juga “Best Economy Class Catering”.

Maskapai asal Korea Selatan ini juga mendapatkan nilai tinggi dari para penumpang untuk kualitas layanan staff nya.

 

15Swiss International Air Lines

Ranking tahun lalu :
14

Alasan masuk 20 besar :
Salah satu anak perusahaan Lufthansa yang dahulu bernama Swissair ini dilengkapi dengan pesawat-pesawat baru seperti Airbus A330-300 dan Airbus A340-300 wide-body jet untuk kebutuhan perjalanan jarak jauh.

Walaupun kabin untuk kelas Ekonomi dirasa kurang, tetapi maskapai ini mendapatkan skor tinggi untuk kualitas layanan staff beserta pilihan minumannya.

 

14Air France

Ranking tahun lalu :
15

Alasan masuk 20 besar :
Maskapai ini berhasil naik 1 peringkat dari tahun lalu dan naik 10 peringkat pada tahun sebelumnya lagi.

Layanan untuk “First Class” nya dinilai sangat memuaskan dan bahkan menyabet penghargaan “Best First Class Airline Lounge Dining” dan “Best First Class Comfort Amenities”.

 

13Thai Airways

Ranking tahun lalu :
19

Alasan masuk 20 besar :
Thai Airways sudah selama ini dikenal sebagai salah satu yang terbaik dalam layanan penerbangannya.

Tahun ini, Thai Airways kembali membuktikan kualitasnya dengan menyabet penghargaan “World’s Most Improved Airline” dan juga “World’s Best Airline Spa Facilities”.

 

12Hainan Airlines

Ranking tahun lalu :
22

Alasan masuk 20 besar :
Naik 10 peringkat dari tahun lalu, maskapai ini berhasil mengesankan para penumpang dengan kualitas layanan serta Business Class nya.

Maskapai ini sedang sangat berkembang dan diharapkan akan terus meningkat kualitasnya, terbukti dari 160 unit armada pesawat baru baik itu Boeing maupun Airbus.

 

11Garuda Indonesia

Ranking tahun lalu :
8

Alasan masuk 20 besar :
Meskipun turun 3 peringkat dari tahun lalu, maskapai kebanggaan Indonesia ini terus menerus mengembangkan kualitas layanannya, terutama dari para staff.

Hal tersebut terbukti dengan diraihnya penghargaan “World’s Best Cabin Crew” untuk tahun 2016 ini.

 

10Lufthansa

Ranking tahun lalu :
12

Alasan masuk 20 besar :
Maskapai terbesar di Eropa ini berhasil mendapatkan skor yang spektakuler pada hasil survey.

Buktinya, maskapai ini berhasil meraih penghargaan untuk “Best Transatlantic Airline” dan “Best Airline in Western Europe” dan merupakan yang terbaik untuk kategori penerbangan jarak jauh.

 

9Qantas

Ranking tahun lalu :
10

Alasan masuk 20 besar :
Masalah finansial yang sempat dihadapi oleh maskapai ini tidak memiliki dampak terhadap kualitas layanan yang diberikan.

Dengan kualitas layanan staff serta fasilitas hiburan terbaik, Qantas juga berhasil mencatat rekor “fatality-free” yang berarti Qantas merupakan maskapai paling aman dan minim terjadi kecelakaan.

 

BACA JUGA :  Cara Memperbaiki Buffering pada KODI

8EVA Air

Ranking tahun lalu :
9

Alasan masuk 20 besar :
Maskapai asal Taiwan yang sudah hadir sejak tahun 1989 ini merupakan pioner dari kabin kelas “premium economy”.

Sebagai bukti kualitasnya, tahun ini EVA berhasil meraih penghargaan “World’s Best Transpacific Airline”.

 

7Turkish Airlines

Ranking tahun lalu :
4

Alasan masuk 20 besar :
Pemenang penghargaan “Best Airline in Europe” selama 6 tahun berturut-turut ini merupakan kebanggan warga Turki dan memiliki rute yang sanagat lengkap hingga lebih dari 100 negara dan 200 kota.

Tahun ini, meskipun gagal meraih penghargaan tersebut, Turkish Airlines tetap meraih penghargaan lainnya yaitu “Best Airline in Southern Europe”, “Best Business Class Airline Catering”, dan “Best Business Class Lounge Dining”.

 

6Etihad Airways

Ranking tahun lalu :
6

Alasan masuk 20 besar :
Maskapai ini merupakan salah satu yang terbaik untuk first class dan kelas premium, dan memiliki fasilitas yang menjadi ciri khas untuk layanan kelas tersebut yaitu “Residence flying apartments” atau dikenal juga dengan sebutan “The Residence”.

Tahun ini, Etihad Airways berhasil memenangkan penghargaan untuk World’s Best First Class, Best First Class Seat, dan Best First Class Onboard Catering.

 

5All Nippon Airways (ANA)

Ranking tahun lalu :
7

Alasan masuk 20 besar :
Maskapai penerbangan internasional terbesar di Jepang ini juga dilengkapi pesawat terbesar Boeing 787 Dreamliners.

Hasil survey menunjukkan ANA mendapatkan respons yang sangat memuaskan dari para penumpangnya, dan menjadikan ANA layak memperoleh penghargaan “World’s Best Airport Services” dan “Best Airline Staff Service in Asia”.

 

4Cathay Pacific Airways

Ranking tahun lalu :
3

Alasan masuk 20 besar :
Maskapai terbaik untuk lingkar pasifik. Kenyamanan kursi, kualitas staff, serta fasilitas hiburan premium adalah bukti dari kualitas yang diberikan oleh Cathay Pasific.

Maskapai ini juga berhasil menyabet penghargaan “World’s Best Airline Cabin Cleanliness” dan “Best First Class Airline Lounge”

 

3Singapore Airlines

Ranking tahun lalu :
2

Alasan masuk 20 besar :
Maskapai asal Singapura ini adalah satu maskapai penerbangan terbaik yang ada dengan kualitas keseluruhan yang sangat baik.

Singapore Airlines yang juga disebut SQ berhasil meraih penghargaan “Best Airline in Asia” dan “Best Business Class Airline Seat”.

 

2Qatar Airways

Ranking tahun lalu :
1

Alasan masuk 20 besar :
Jawara tahun lalu ini harus rela tergeser ke peringkat 2. Maskapai asal Doha ini termasuk yang memiliki rute penerbangan terlengkap (hingga lebih 125 negara).

Tahun ini, meskipun gagal menempati posisi pertama, Qatar Airways tetap mampu menyapu penghargaan untuk “Best Business Class Seats”, “World’s Best Business Class”, dan “Best Business Class Airline Lounge”.

 

1Emirates

Ranking tahun lalu :
4

Alasan masuk 20 besar :
Naik 4 peringkat dari tahun sebelumnya dan berhasil mengukuhkan diri sebagai Maskapai terbaik di dunia, Emirates yang berpengalaman 30 tahun di dunia aviasi ini berhasil memukau penumpangnya dengan fasilitas hiburan kelas premium, dan mendapat penghargaan “Best In-Flight Entertainment” selama 12 tahun berturut-turut!

 

 

Maskapai ini juga dilengkapi dengan armada memukau yaitu Airbus A380 super jumbo dan Boeing 777 wide-body jet.

 

Beri Komentar