24 Tanda Kamu Adalah Seorang Introvert

0
161
Beri Nilai untuk Artikel ini

Banyak orang berpendapat pemalu itu berarti Introvert, tapi ternyata bukan lho. Berikut ini beberapa tanda yang bisa mengindikasikan apakah kamu seorang introvert atau tidak.

 

Banyak yang berpikiran bahwa karena diri mereka pemalu, itu berarti mereka Introvert. Tapi sebenarnya belum tentu benar lho. Karena banyak juga yang luwes berbicara dnegan orang lain, atau menyenangkan diajak ngobrol, dan juga bisa berbaur dengan orang-orang baru yang ternyata di dalam dirinya mereka adalah seorang Introvert.

Nah, jadi apa dong ciri-ciri seorang Introvert? Berikut ini 24 tanda kalau kamu itu disadari atau tidak termasuk ke dalam golongan orang-orang Introvert :

1. Nggak nyaman ngobrol basa-basi.

Bukannya nggak suka ngobrol, tapi para Introvert itu lebih suka ngobrol yang penting-penting aja dan ga suka berbasa basi. Kalo udah ngobrolin hal yang penting bisa bawel banget malah.

2. Ngobrol di telepon terkadang bikin kesel.

Apalagi kalo obrolannya ngga penting. (lihat poin 1). Hanya untuk orang-orang terpilih yang bakal seru dan lama banget ngobrol di telponnya.

3. Selalu nunggu saat yang tepat untuk SMS balik.

Terutama kalau lagi sibuk, orang Introvert baru akan membalas SMS saat bisa benar-benar fokus dan ngga suka setengah-setengah.

4. Berada di keramaian itu bikin stress.

Orang Introvert lebih suka ngobrol satu lawan satu dibanding “terjebak” di keramaian, karena mereka itu cenderung menikmati pembicaraan yang mendalam.

5. Orang Introvert itu bukannya Anti-Sosial, melainkan milih-milih.

Orang Introvert itu bukannya tidak suka bergaul, melainkan super selektif memilih teman dan nggak mudah untuk langsung terbuka ke orang lain. Hanya orang-orang yang dirasa nyaman saja.

6. Terkadang butuh hang-out dengan sekelompok orang tapi nggak sering.

Sekali-sekali orang Introvert juga butuh bergaul, nongkrong, atau apapun kegiatan sosialnya, tapi ya nggak sering-sering, dan cuma sama sekelompok teman dekat saja.

7. Punya skill Observasi yang keren dan peka terhadap sekitar.

Orang Introvert sangat hobi menjadi pengamat atas hal yang dilakukan orang lain, dan juga peka tehadap lingkungan sekitar serta detail.

8. Cuma mau terbuka ke orang-orang yang dianggap spesial.

Karena sifat orang Introvert yang super selektif itu, maka hanya segelintir orang yang akan dianggap spesial oleh mereka, yang akan mengetahui karakter asli kita seperti apa. Tapi jangan salah, sekali disakitin aau tersinggung atau semacamnya oleh orang tersebut, maka si orang Introvert akan kembali menutup diri.

9. Kreatif.

Berdasarkan hasil riset ini, orang-orang Introvert itu sangat kreatif lho.

10. Senang mendengarkan.

Pendengar yang sangat baik, dan senang bisa memahami maslaah orang lain dan bukan cuma sekedar mendengarkan saja. Setiap saran yang diberikan oleh orang Introvert itu sudah benar-benar dipikirkan dan bukan basa-basi. Jadinya enak diajak curhat.

11. Suka menganalisa sesuatu berlebihan.

Bahkan untuk sesuatu yang ngga perlu analisa, tetap akan dianalisa oleh orang Introvert. Makanya kadang terkesan lemot karena dianggap nggak gampang paham, tapi itu karena orang Introvert mencoba mendalamin dulu maksud dari suatu hal sebelum menyampaikan pendapatnya.

BACA JUGA :  Cara Membuat Animasi pada Microsoft Powerpoint

12. Berfikir dulu baru bertindak.

Karena hobi menganalisa tersebut makanya segala hal yang dilakukan oleh orang Introvert cenderung sudah dipikirkan secara mendalam terlebih dahulu sebelum mereka mengambil tindakan.

13. Sering dicemburuin sama orang lain.

Enak diajak curhat, suka ngobrol satu lawan satu, wajar aja kan dicemburuin karena kelihatannya “akrab” banget.

14. Menikmati kesendirian.

“Me Time” atau “Waktu untuk menyendiri” itu sangat dinikmati oleh orang Introvert. Ini merupakan salah satu bentuk relaksasi bagi mereka.

15. Sangat jarang merasa bosan.

Pikirannya nggak pernah berhenti bicara, selalu saja ada ide-ide atau bahan yang menarik untuk dipikirkan. Begitulah isi kepala orang Introvert, sehingga mereka akan jarang merasa bosan.

16. Nggak mudah percaya.

Selektif dan pengamat yang baik, serta analisa berlebihan, membuat orang Introvert nggak akan gampang percaya dengan orang lain atau atas suatu hal.

17. Punya sekelompok kecil teman dekat.

Biasanya orang Introvert memiliki sekelompok kecil teman dekat yang bisa mereka percaya.

18. Paling nggak suka kalau personal space kamu diganggu.

Akrab ke orang-orang Introvert itu boleh saja, tapi kalau kelewat sok akrab bisa bikin mereka kesel. Orang Introvert yang selektif itu ngga akan senang kalau merasa terlalu diintimidasi oleh orang lain.

19. Jago dalam menyelesaikan sesuatu.

Karena otaknya selalu dipenuhi hal-hal apapun itu, jadinya orang Introvert biasanya memiliki solusi atas banyak hal, dan paham bagaimana menyelesaikannya.

20. Lebih suka menyampaikan perasaan lewat tulisan.

Karena segala sesuatu bisa dipikirkan terlebih dahulu lewat teks dan tulisan, sementara terkadang kalau bicara langsug akan ada hal penting yang kelupaan atau tertinggal.

21. Jago menilai karakter orang lain.

Sebagai pengamat yang baik, orang Introvert rata-rata sangat ahli menganalisa orang lain.

22. Paling ahli dalam mengambil keputusan.

Dengan alasan yang sama seperti poin 19, maka dari itu orang-orang Introvert juga sangat ahli mengambil keputusan atas suatu masalah.

23. Selalu memberikan kesan misterius.

Di sekumpulan orang banyak selalu terlihat agak menjauh meskipun kalau diajak ngobrol tetap menyenangkan, ngga suka chat ngga penting atau ngobrolin yang nggak perlu, jadinya bakal berkesan misterius.

24. Sahabat yang loyal.

Jangan jauhin sahabat kamu yang Introvert karena mereka itu loyal banget ke teman-teman dekatnya, ya kecuali kamu ngelukain perasaannya lho ya.

 

Nah demikian 24 tanda-tanda dari orang Introvert. Apakah kamu termasuk di dalamnya? atau kamu punya teman yang seperti itu?

Semoga bermanfaat ya.

 

 

Beri Komentar