Tips Bisnis: 27 Metode Marketing dengan Anggaran Kecil

0
69
Beri Nilai untuk Artikel ini

Bagi pemilik usaha, UKM, ataupun perusahaan yang memiliki anggaran marketing terbatas, berikut ini Asaljeplak bagikan 27 metode pemasaran dengan anggaran yang kecil tetapi efektif.

1. Tinggalkan komentar di blog orang lain

Beri komentar di blog-blog milik orang lain yang kamu kunjungi, dan sisipkan alamat website kamu. Tetapi jangan SPAM atau kasih komentar yang nggak nyambung dengan topik artikel ya.

2. Aktif di dalam forum-forum di internet

Aktif dan berkontribusilah di forum-forum online seperti kaskus, detik, dsb. dan di sana jangan hanya jualan saja, tetapi kamu bisa sumbang artikel, tips, atau tutorial, yang mengarah ke web kamu.

3. Optimalkan SEO

Di era digital saat ini tentunya kamu juga perlu meningkatkan online presence kamu di media internet. Salah satunya kamu harus meng-optimalkan SEO agar website kamu semakin baik performanya pada mesin pencari terutama Google.

4. Memulai Blog

Oke kamu sudah mempunyai website yang berisi profil usaha, produk atau layanan kamu, tetapi alangkah baiknya apabila dibarengi dengan pembuatan blog yang berisi tips, tutorial, dsb yang ujung-ujungnya berkaitan dengan produk atau jasa kamu. Ini sangat membantu terutama untuk poin 3 di atas.

5. Google Local

Daftarkan alamat usaha kamu pada Google, baik dengan mendaftarkan langsung ke Google atau apabila web kamu berbasis wordpress kamu bisa menggunakan plugin YOAST Local SEO untuk membantu pendaftarannya.

6. Optimalkan peran Sosmed

Manfaatkan luasnya jangkauan Social Media untuk mempromosikan jasa atau produk kamu. Trik nya di sini adalah untuk tidak selalu jualan dan promosi ya, tetapi isi dengan konten-konten yang menarik untuk dibaca para pengunjung Sosmed.

7. Jadilah Guest Author

Guest Author itu bukannya super hero yang punya kepala tengkorak terus naik motor? Itu mah Ghost Rider.

Yang dimaksud dengan Guest Author di sini adalah kamu berkontribusi menjadi penulis artikel di website yang memiliki traffic tinggi seperti web portal berita, blog orang lain (uhuk, Asaljeplak), dan lain-lainnya yang membuka peluang untuk kamu menjadi kontributor.

8. Studi Kasus dan Testimonial

Apabila kamu sudah memiliki beberapa pelanggan yang puas dengan jasa atau produk kamu, cobalah minta mereka untuk memberikan testimonial untuk dipasang di website kamu, atau bisa juga kamu tanyakan kepada mereka apakah ada saran atau kritik membangun untuk kemajuan usaha kamu.

9. Buatlah Petunjuk untuk Pemula

Beri tips atau saran dalam memulai bisnis atau usaha kamu di media-media yang sudah disebutkan di atas, atau kamu bisa mencoba Wikihow.

Selain membuat kamu terlihat sebagai pakar dan meningkatkan kredibilitas, ini bisa juga memancing prospek pelanggan untuk menggunakan produk atau jasa kamu.

10. Menjadi pembicara pada seminar-seminar

Ini terutama bagi kamu yang jago bicara di depan publik ya. Cobalah dekati pengurus organisasi di kampus-kampus, atau event organizer, endorse mereka kalau perlu, dan tawarkan untuk menjadi pembicara di seminar yang akan mereka adakan.

11. Membuat Program Afiliasi

Berjualan seorang diri sangatlah sulit, karenanya, buatlah program afiliasi untuk menggaet dan membuat orang lain menjadi “sales” kamu. Beri komisi untuk orang-orang yang menawarkan produk atau jasa kamu.

12. Jawab Pertanyaan di Situs seperti Yahoo Answer

Seperti kamu tahu, di Yahoo Answer banyak sekali pertanyaan-pertanyaan yang bisa kamu jawab dan tak lupa, sisipkan link ke website kamu di situ.

13. Hadiri Seminar-seminar

Apabila kamu tidak bisa menjadi pembicara pada seminar, jadilah peserta seminar.

Untuk apa? Supaya kamu bisa bertemu orang-orang baru yang tentunya bisa kamu tawarkan jasa atau produk kamu, atau minimal menyebarkan informasi soal bisnis yang kamu jalani.

BACA JUGA :  Cara Mengambil Kembali Akun Twitter yang dibajak

14. Selalu berinteraksi

Balas komentar-komentar dari pengunjung web atau blog atau sosmed, dan bangun suatu ikatan dengan mereka.

15. Email Marketing

Kumpulkan database email dari prospek klien atau pelanggan yang sudah ada, dan rutinlah mengirimkan email marketing, yang isinya tidak selalu berjualan tetapi bisa juga berisi tips-tips.

16. Meminta Referensi

Mintalah referensi prospek klien dari pelanggan yang sudah ada. Selama mereka senang dengan produk atau jasa kamu, mereka kemungkinan besar akan sangat mau membantu kamu.

17. Manfaatkan Youtube

Promosi lewat video, apabila kontennya menarik, bisa menjadi sangat efektif. Demo produk bisa kamu buat se-kreatif mungkin. Contohnya adalah Blendtech, di channel Youtube mereka, produk blender yang mereka jual sering digunakan untuk memblender iphone, batu bata, dan lain-lainnya yang unik.

18. Kerjasama dengan perusahaan diskon seperti Groupon

Kerjasama dengan Groupon dsb. dan berikon diskon gila-gilaan. Rugi dong? Tidak rugi kalau kamu memasukkan profit kamu yang hilang itu sebagai anggaran marketing. Karena ini berfungsi juga untuk memperkenalkan produk atau jasa kamu.

19. Customer Service

Apapun yang kamu jual, layanan pra ataupun purna jual yang sangat baik bisa membuat pelanggan senang. Usahakan selalu memberikan customer service yang super baik sehingga meskipun pelanggan kecewa dengan produk atau jasa kamu mereka masih bisa merekomendasikan kamu atas dasar customer service yang kamu berikan.

20. Undang pers atau media untuk meliput produk atau jasa kamu

Tentunya bukan media-media yang meiliki nama besar ya, apalagi dengan anggaran marketing kamu yang terbatas, tetapi carilah media lokal di area kamu.

Kamu bisa antara membayar mereka untuk liputan produk atau jasa kamu, atau sponsori kegiatan komunitas di area kamu yang akan diliput oleh media.

21. Bayar dengasn Tweet

Berikan program promo dalam jangka waktu tertentu, seperti setiap pelanggan atau prospek tweet mengenai produk atau jasa kamu, maka kamu akan berikan sampel produk atau jasa kamu.

22. Socmed Ads

Beriklanlah di Facebook, twitter, Youtube, atau Google, dan sesuaikan dengan anggaran kamu. Ini bisa memperluas jangkauan produk atau jasa kamu ke audiens yang lebih luas.

23. Linkedin Ads

Maaf ketinggalan, beriklan di Linkedin juga memberikan manfaat yang sama seperti poin nomor 22 di atas.

24. Sebarkan slideshow kamu di Slideshare

Slideshare bisa menjadi media yang baik untuk kamu untuk berbagi tips, tutorial, atau manfaat produk atau jasa kamu karena Slideshare memiliki rank yang sangat baik di mesin pencari Google.

25. Podcast

Kalau membuat video itu terlalu membutuhkan modal yang banyak, maka buatlah podcast. Podcast tidak memerlukan setup cost yang tinggi, minimal hanya mic dan komputer atau laptop.

Dengan podcast amu bisa memberikan tips-tips serta tutorial dalam format audio ke audisens kamu.

26. Retargeting

Retargeting adalah menampilkan kembali iklan produk atau jasa kamu ke audiens yang sudah pernah mendatangi blog atau web kamu tetapi belum terkonversi menjadi penjualan.

Silahkan cari jasa-jasa retargeting di internet yang cukup banyak untuk kamu pilih.

27. Daftarkan juga lokasi usaha kamu di aplikasi peta

Selain Google, kamu juga bisa menggunakan Foursquare atau Path, atau Waze untuk mendaftarkan lokasi usaha kamu di sana, yang tentunya akan mempermudah calon pelanggan mencari tahu lokasi usaha dan juga meningkatkan kredibilitas kamu.

Nah, demikianlah 27 Metode Marketing dengan Anggaran Kecil yang bisa kamu praktekkan. Selamat mencoba ya.

Beri Komentar