4 cara ini bisa menjaga privasi kamu saat online

0
95
Beri Nilai untuk Artikel ini

Berikut ini 4 cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga privasi dan anonimitas kamu saat sedang melakukan aktivitas online di internet.

Memang benar kamu tidak pernah bisa benar-benar menjadi benar-benar anonim ketika browsing web dari komputer manapun, tetapi kamu dapat mengambil beberapa langkah untuk membuat kegiatan browsing sulit untuk dilacak dan memastikan informasi yang ingin kamu akses tidak terdeteksi pihak luar.

 

1. Gunakan Tor

"
Kamu terhubung ke web melalui serangkaian node, dan masing-masing sambungan dienkripsi.

Jika kamu ingin membuat penjelajahan web onlinemu sulit untuk dilacak, maka kamu bisa menggunakan Tor Browser atau hardware yang menghubungkan kamu ke internet melalui Tor.

Tor singkatan The Onion Router, dikarenakan Tor menghubungkan kamu ke internet melalui beberapa lapisan, seperti lapisan kulit bawang.

Apa pun situs yang ingin kamu kunjungi, jaringan Tor akan memantulkan koneksi internetmu ke seluruh dunia dan mengenkripsi setiap link, sehingga pada akhirnya akan terlihat seperti komputer di beberapa negeri yang jauh yang terhubung ke situs tujuanmu.

Meskipun FBI pernah berhasil menembus Tor, tapi jaringan tor ini masih salah satu cara terbaik (dan gratis) untuk menutupi jejakmu ketika berselancar online.

Dampak negatifnya adalah jaringan ini memakan banyak proses untuk mementalkan koneksimu ke seluruh dunia, sehingga akan lebih lambat dari koneksi internet standar.

"
Browser Tor menunjukkan node yang sedang kamu gunakan bersama dengan lokasi mereka.

Untuk menggunakannya kamu hanya perlu men-download, menginstal, dan langsung bisa menggunakan browser Tor.

Jika kamu ingin menggunakan Google / Firefox / Edge atau sejenisnya maka kamu harus terhubung ke Tor melalui perangkat keras seperti Anonabox. Demi keamanan, sebaiknya kamu tidak melakukan download torrent atau download apapun saat menggunakan aplikasi ini.

 

BACA JUGA :  5 Cara Mengamankan Akun Kamu di Internet

 

2. Pencarian dengan DuckDuckGo atau Startpage

Setiap kali kamu mencari dengan mesin pencari biasa seperti Google, Bing, atau Yahoo, hasil pencarian akan dicatat ke dalam database, dan situs yang kamu kunjungi dari hasil tersebut dapat melihat apa yang sedang kamu cari.

Solusinya, gunakan kedua mesin pencari ini, DuckDuckGo dan Startpage, untuk melakukan pencarian secara anonim.

DuckDuckGo search engine
Startpage Search Engine

BACA JUGA :  Cara mengakses Deep Web

 

3. Menggunakan VPN

Jika kamu tidak ingin repot dengan lambatnya Tor, kamu dapat selalu menggunakan VPN yang merupakan singkatan dari Virtual Private Network. Hal ini berarti kamu terhubung ke komputer lain di suatu tempat di dunia, dan komputer itulah yang akan menghubungkan kamu ke web, sehingga situs tidak dapat melihat siapa yang terhubung ke server mereka.

"
Opera memiliki built-in layanan VPN gratis yang menawarkan data tak terbatas.

Layanan VPN akan dapat melihat alamat IP kamu ketika Anda terhubung, tentunya, tetapi mereka biasanya tidak memegang data untuk waktu yang lama dan sering akan membersihkan database mereka secara teratur, tapi itu tergantung pada layanan yang kamu gunakan.

Ketika memilih layanan VPN, pastikan untuk memeriksa kebijakan privasi, karena akan menguraikan secara detail bagaimana menangani informasi pelanggan.

Anda bisa menggunakan Tor dengan VPN jika Anda benar-benar ingin tidak (super sulit) terdeteksi. VPN juga cara yang praktis untuk mengakses konten yang tidak diperbolehkan di suatu negara.

 

 

4. Mengkonfigurasi pengaturan privasi Google

"
Berbagai bagian dari pemeriksaan Privasi Google

Meskipun Google baru-baru ini mengumumkan opt-out Program bagi mereka yang tidak ingin data pribadi dikumpulkan pada mereka, bagi kebanyakan dari kita itu bukanlah suatu pilihan.

Bisa dibilang kebanyakan dari kita pasti pernah atau rutin mengakses layanan seperti Gmail, Google Maps, Android OS di ponsel, Google Search, YouTube, dan lain sebagainya.

Perusahaan Google mengumpulkan sejumlah besar data milikmu dan menyebar ke seluruh layanannya, sehingga kamu perlu mengatur pilihan privasi kamu di masing-masing layanan Google.

Beri Komentar