4 Varian Utama Teh yang Wajib diketahui para Pecinta Teh

0
160
Beri Nilai untuk Artikel ini

Para pecinta teh, tahukah kamu kalau sebenarnya teh hanya terbagi dalam 4 varian utama? Berikut asaljeplak merangkumnya dalam artikel ini.

Teh Hitam

4 Varian Utama Teh yang Wajib diketahui para Pecinta Teh-teh-hitam
Juga dikenal sebagai teh merah (“teh merah” / hong cha) di Cina. Teh jenis ini merupakan teh fermentasi asli. Karakteristik rasa dan warnanya berasal dari proses oksidasi alam, dimana proses pengeringan dan penggulungan daunnya dikerjakan langsung setelah dipetik. Karena kepopulerannya, Chinese black tea banyak dieksport ke negara-negara eropa dan amerika.

Teh ini merupakan jenis yang umum dikonsumsi di seluruh dunia. Black tea memiliki rasa yang agak pahit dan mengandung paling banyak kafein, yaitu 40mg untuk satu cangkir (secangkir kopi memiliki 50-100mg kafein per cangkir).

Teh Oolong

4 Varian Utama Teh yang Wajib diketahui para Pecinta Teh-teh-oolong
Merupakan teh semi-fermentasi, yang menggabungkan kualitas terbaik dari teh hijau dan teh hitam. Teh Oolong bukan hanya memiliki tekstur yang bening, namun juga wangi seperti teh hijau, dan rasanya segar dan tajam seperti teh hitam.

Aroma khasnya meninggalkan kesan di mulut sekaligus dapat membuat tenggorokkan menjadi lega. Teh Oolong juga terkenal akan khasiatnya untuk melawan penuaan dini, mengurangi tekanan darah tinggi, dan mencegah sakit jantung. Selain itu teh ini juga dapat membantu melancarkan pencernaan dan menyegarkan tubuh.

BACA JUGA :  Cara menyembunyikan baris atau kolom pada Microsoft Excel

Teh Hijau

4 Varian Utama Teh yang Wajib diketahui para Pecinta Teh-teh-hijau
Merupakan jenis yang mempertahankan warna daun teh tanpa proses fermentasi. Daun tehnya dipanaskan langsung setelah dipetik untuk menghentikan proses oksidasi. Teh ini dipanaskan dalam wajan untuk menahan proses oksidasinya sambil mempertahankan aroma dan rasa segar dari daun kering.

Dengan meminimalkan prosesnya, nutrisi dari daun teh sendiri tidak akan hilang dan tingkat antioksidannya pun terjaga dengan baik. Teknik akhir dari proses pengeringan ini menghasilkan tampilan yang maksimal. Rasa teh hijau ini manis dan mengandung banyak vitamin dan antioksidan, sehingga menjadikan teh ini sebagai minuman kesehatan yang wangi dan lezat.

Teh Putih

4 Varian Utama Teh yang Wajib diketahui para Pecinta Teh-teh-putih
Merupakan teh yang sangat langka karena hanya bisa dipanen sekali dalam setahun. Teh putih asli hanya tumbuh di propinsi Fujian di Cina, dimana metode pemrosesannya sangat rahasia.

Teh putih hampir sama dengan teh hijau, yang membedakannya hanyalah rasa. Teh putih memiliki rasa yang lebih ringan karena daunnya dipetik ketika masih sangat muda. Teh ini hanya mengandung 15mg kafein per cangkir, dan mengandung lebih banyak antioksidan dibanding teh hijau, yang menobatkan teh putih menjadi teh kesehatan nomor 1 di dunia.

Khasiat teh putih ini adalah untuk meningkatkan sistem imun tubuh dan bagus untuk kesehatan kulit.

Beri Komentar