5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Dengan RAM Bekas

0
124
Beri Nilai untuk Artikel ini

Punya RAM bekas yang tidak terpakai? daripada didiamkan hingga berdebu kamu bisa coba untuk melakukan 5 hal berikut.

 

Jika kamu pernah upgrade PC atau laptop, ada kemungkinan proses tersebut akan melibatkan RAM. Meningkatkan kinerja hardware dengan memori tambahan selalu merupakan pilihan cerdas.

Sering kali, kamu akan menemukan bahwa satu atau lebih modul RAM harus dilepas karena yang baru yang akan diinstal. Modul memori biasanya dipasang satu atau sepasang, dengan RAM dengan ukuran yang sama, kecepatan dan dari produsen yang sama berdampingan satu sama lain. Kemungkinannya RAM lama kamu akan dikorbankan dan tidak terpakai lagi.

Jadi apa yang dapat kamu lakukan dengan modul RAM lama kamu? Apakah dapat digunakan kembali? Atau didaur ulang? Apa harus dibuang saja ke tempat sampah? Atau kamu dapat menemukan tujuan baru untuk RAM yang “terlantar” tersebut?

 

1. Meng-upgrade Komputer lama

Dalam kebanyakan kasus, RAM yang dilepas dari PC atau laptop dapat digunakan kembali dalam mesin tua.

Tetapi tentunya kamu wajib mengetahui kompatibilitas RAM tersebut dengan PC yang ingin kamu pasang.

Bagi yang belum tahu, dalam meng-upgrade RAM yang pertama-tama adalah mengetahui tipe RAM tersebut, apakah SD-RAM, DDR, DDR2, DDR3, atau DDR4.

Setelah mengetahui tipe RAM, yang kedua adalah mengetahui jenis slot RAM pada Motherboard komputer lama yang ingin kita pasang, untuk dicocokkan dengan RAM karena masing-masing tipe RAM akan memiliki slot yang berbeda.

Apabila ingin memasang dua buah RAM, pastikan juga bahwa Motherboard tersebut support memory dual channel, dan antara keping RAM memiliki MHz yang sama.

 

2. Beri kepada yang membutuhkan

Bisa saja ada kerabat yang mungkin perlu manfaat dari modul RAM lama kamu. Atau apabila ada lumayan banyak jumlah RAM bekasmu, kamu bisa sumbangkan ke lembaga-lembaga lokal seperti sekolah, gereja, yayasan, dan lain-lain yang sekiranya membutuhkan.

 

 

3. Membangun RAM Disk

Cara lain untuk memberdayakan satu atau lebih modul RAM adalah dengan membangun sebuah RAM disk. Ini pada dasarnya adalah sebuah perangkat board yang dapat kamu sematkan beberapa modul RAM.

"
Gambar Kredit: AndreasCA melalui Wikimedia Commons

 

RAM Disk sendiri pada dasarnya digunakan sebagai alternatif ruang penyimpanan seperti Hard disk, dan meskipun RAM Disk sudah tidak banyak yang mencobanya, terutama karena saat ini sudah ada teknologi SSD yang lebih stabil.

BACA JUGA :  Perbedaan SSD dengan Hard Disk Biasa

 

4. Dijadikan Gantungan kunci

Ini adalah jauh lebih sederhana daripada kedengarannya. Yang kamu butuhkan adalah beberapa keyrings , debu masker pelindung, kacamata keselamatan, dan alat rotary genggam.

Modul RAM Desktop terlalu panjang untuk digunakan sebagai gantungan kunci, sehingga kamu mungkin akan perlu untuk memotong mereka ditengahnya. Kalau RAM laptop harusnya tidak masalah.

Pastikan kamu memakai masker dan kacamata! Debu yang dihasilkan saat memotong modul RAM berbahaya jika dihirup, dan pecahan dapat menyebabkan kebutaan.

5. Daur Ulang atau Dijual

 

Opsi terakhir adalah dengan mendaur ulang modul RAM tersebut atau kamu bisa menjualnya lewat forum-forum atau marketplace seperti tokopedia dsb.

Beri Komentar