Wah 5 peralatan rumah tangga inilah yang mengkonsumsi banyak listrik

0
178
Beri Nilai untuk Artikel ini

Bingung dan kesal ketika tagihan listrik melonjak? Berikut iniĀ 5 peralatan rumah tangga yang mengkonsumsi banyak listrik dan bagaimana cara untuk menghematnya.

 

Pengeluaran bertambah, tapi tidak tahu bagaimana caranya mengurangi pemakaian listrik, karena biasanya memang yang dinyalakan hanya yang penting-penting saja. Tapi kamu tahu nggak kalau kita juga bisa menghemat daya listrik walaupun alat tersebut dinyalakan.

1. AC (Air Conditioner)

5 peralatan rumah tangga yang boros listrik-AC
Tinggal di iklim tropis seperti Indonesia, banyak dari kita yang membutuhkan AC. Kayaknya nggak mungkin banget kalau nggak ada AC, Nah tips untuk menghemat daya dari penggunaan AC bisa dengan:

– pilih AC dengan PK yang sesuai dengan besar ruangan. Semakin besar PK maka akan semakin banyak mengkonsumsi tenaga listrik.

– bersihkan AC 3 bulan sekali, AC yang kotor akan memperberat kinerja kondensor sehingga dapat mengkonsumsi energi listrik yang cukup banyak. Dengan pembersihan rutin, kamu bisa menghemat sampai 20% loh.

– Atur waktu penggunaan. Sebaiknya nyalakan AC ketika ingin tidur saja. Nyalakan AC setengah jam sebelum tidur, dan gunakan timer untuk otomatis mati setelah 2-3 jam. Kondisi ruangan kamar yang tertutup dapat mendinginkan ruangan sampai pagi walaupun AC mati.

– Atur suhu AC. Tujuan penggunaan AC sebenarnya untuk membuat ruangan lebih sejuk dibanding suhu ruangan, bukan untuk membekukan badan. Tahukah kamu, semakin rendah suhu AC, maka akan semkain boros listrik. Dengan mengatur suhu yang pas kita bisa menghemat sampai 5% listik loh.

2. Pompa Air

5 peralatan rumah tangga yang boros listrik-pompa-airBuat kamu yang dirumahnya menggunakan pompa air dan torrent, walaupun mesin kamu sudah otomatis mati ketika tidak digunakan, kamu bisa berhemat lagi dengan cara menyalakan mesin pagi2 untuk mengisi torrent dan menampung air di bak penampungan atau ember yang cukup besar, setelah itu kamu dapat mematikan mesin dengan mencabut kabel. Dengan cara tersebut kamu bisa mengurangi konsumsi listrik.

BACA JUGA :  Panduan Menulis Minutes of Meeting (MoM) yang Efektif

3. Dispenser

5 peralatan rumah tangga yang boros listrik-dispenserUntuk kamu yang menggunakan dispenser dengan suhu normal, panas, dan dingin pasti akan menghabiskan energi yang cukup besar. Salah satu triknya adalah dengan mematikan dispenser ketika tidak ada orang di rumah dan di malam hari. Cara ini lumayan menghemat sampai 200ribu perbulan loh.

4. Setrika

5 peralatan rumah tangga yang boros listrik-setrikaGunakan pengatur suhu yang sesuai dengan bahan yang akan disetrika. Sebisa mungkin menyetrika baju sekalian banyak-seminggu sekali, dibandingkan menyetrika sedikit2 setiap hari. Dijamin lebih hemat.

5. Rice Cooker dan Microwave

5 peralatan rumah tangga yang boros listrik-rice-cooker

5 peralatan rumah tangga yang boros listrik-microwaveColokkan steker hanya ketika ingin menggunakannya saja. Setelah selesai, langsung cabut steker. Walaupun mesin mati, sebenarnya itu juga menyerap listrik loh.

 

Jadi mulai sekarang mari kita praktikan cara di atas agar tagihan listrik kita dapat ditekan. Selamat Mencoba!

Beri Komentar