5 Tips Marketing di Facebook secara GRATIS

0
397
Beri Nilai untuk Artikel ini

Mau tahu rahasia memasarkan brand kamu di Facebook secara GRATIS? berikut ini tips2nya untuk memasarkan tanpa biaya iklan.

Sudah membuat Facebook Page tapi sepi pengunjung? Sedikit yang likes? Mau pasang FB ads tapi ga ada dana? Berikut ini tips marketing di Facebook buat kamu yg dana Marketingnya terbatas.

Analisa Top 5 – Top 10 Post kamu

Tips pertama ini untuk kamu yang FB Page nya aktif diupdate dan sudah di-like minimal 30 orang, karena memerlukan fitur Facebook Insight.

ss01-fb

Cek pada bagian post dan silahkan kamu analisa mana yang kira-kira menjadi 10 post teratas kamu baik dari segi reach, engagement, dan jam post tersebut di publish.

ss03-fb
Contoh Facebook Insight SSR IMC

Setelah berhasil memberi ranking untuk post2 kamu, barulah kamu bisa lihat tren serta pola dari pengunjung FB page kamu dan selanjutnya ikuti pola tersebut untuk memberikan posting yang lebih efektif bagi pengunjung.

Sedikit penjelasan mengenai reach, impression, serta engagement :

Reach = Jumlah pengunjung yang melihat postingan kamu pada News Feed (tanpa harus klik).

Impressions = Berapa banyak postingan kamu muncul meskipun tidak di klik. Dan tidak hanya pada news feed saja. Misalnya pengunjung A melihat postingan kamu pada news feed dan kemudian melihat postingan tersebut lagi saat temannya share postingan kamu. Jadi Impression itu bisa berkali-kali pada 1 pengunjung.

Engagement = Jumlah interaksi pengunjung atas postingan kamu, mulai dari share, like, serta comment.

pastikan konten postingan menarik

Klise memang, tapi ini penting. Berikut beberapa pertanyaan yang bisa kamu coba jawab sebelum membuat suatu postingan pada Facebook page kamu.

  1. Topik apa yang sekiranya menarik untuk dibicarakan oleh pengunjung kamu?
  2. Apa yang sedang nge-tren pada industri usaha kamu?
  3.  Apakah postingan kamu berguna bagi komunitas dan terutama pengunjung kamu?
BACA JUGA :  6 Hal yang Menyebabkan Sinyal Handphone Lemah

Memang sih postingan berbau promosi terkadang bisa menjawab ketiga pertanyaan di atas, tetapi tidak selalu. Dan disini lah kreativitas kamu diuji untuk bisa selalu menjawab ketiga pertanyaan tersebut.

Kombinasikan ini dengan tips pertama di atas dan kamu akan memiliki postingan yang lebih berkualitas.

posting yang ter-target

Tips ini khusus untuk yang sudah ada minimal 100 likes di Facebook Page nya. Ini merupakan fitur yang lumayan baru, yaitu menentukan target demografis pada saat kamu ingin memposting sesuatu.

Tutorial untuk mengaktifkan fitur target demografis pada Facebook Page.

Apabila target demografis yang di set tepat tentunya nanti akan berdampak pada peningkatan engagement dari pengunjung serta fans Facebook Page kamu.

KETEPATAN WAKTU POSTING

Dari tips yang pertama tadi kamu bisa melihat waktu yang tepat untuk posting, tapi selain itu ada beberapa poin penting terkait ketepatan waktu tersebut.

  • Posting pada pagi hari atau malam hari sekitar jam 8 malam, atau waktu yang sekiranya orang-orang sedang tidak sibuk bekerja.
  • Perbanyak postingan pada saat weekend karena di waktu ini jumlah orang-orang yang browsing lebih banyak dibandingkan hari kerja.

integrasi dengan media lainnya

Kita tidak bisa hanya mengandalkan Facebook Page saja untuk mempromosikan produk dan layanan kita.

Salah satu cara (dan juga cukup efektif) adalah memiliki akun terkait produk atau layanan kita di setiap Social Media. Share postingan kita di media lain seperti Twitter, Tumblr, Pinterest, Instagram, LinkedIn, Google+, dsb, dan bahkan share link facebook di akun facebook pribadi kamu juga merupakan cara yang efektif untuk meningkatkan jumlah pengunjung Facebook Page kamu.

-Team SSR IMC

Beri Komentar