7 Tips Memotret dengan Hasil Keren di Konser Musik

0
123
Beri Nilai untuk Artikel ini

Memotret pada konser musik memang menjadi tantangan tersendiri bagi fotografer ataupun non-fotografer yang ingin mengabadikan artis idolamu. Berikut ini Tips untuk mendapatkan hasil foto yang baik pada konser musik.

 

Pencahayaan yang kurang, objek yang sangat sering bergerak, dan terkadang tidak boleh menggunakan flash merupakan tantangan tersendiri bagi kamu yang ingin mmotret artis kesayangan di konser mereka.

Berikut ini akan Asaljeplak berikan 7 tips memotret untuk mendapatkan hasil yang keren pada konser musik :

1. Potret Cepat

yang dimaksud di sini adalah menggunakan lensa wide-angle, dan juga lensa “cepat” seperti┬áNikon 14-24mm f/2.8 dan┬áNikon 70-200mm f/2.8 untuk mendapatkan hasil yang baik pada ruang dengan chaya dan ISO yang rendah.

2. Aperture Lebar

Pada mode Manual, atur apertura selebar mungkin agar dapat menerima cahaya sebanyak banyaknya, dan atur shutter speed diatas 1/125 detik.

3. Settingan ISO

Semakin redup cahaya pada venue konser maka akan semakin tinggi ISO yang kamu butuhkan. Secara umum, ISO antara 1600-3200 sudah cukup untuk bisa kamu gunakan. Silahkan dicoba-coba sendiri dan disesuaikan dengan kondisi venue.

BACA JUGA :  Panduan Lengkap Menghilangkan Vokal dari MP3 dengan Audacity

4. Kontrol Fokus

Karena kamu menggunakan apertura yang lebar maka kamu membutuhkan focus yang akurat. Gunakan settingan manual AF untuk menjaga focus tetap di area target kamu, misalnya di muka artis atau pada instrumen.

5. Menunggu Cahaya

Jangan terburu-buru mengambil foto, pastikan terlebih dahulu kamu menunggu lighting stage dalam posisi yang pas dengan objek yang kamu ingin potret.

 

6. Mencari Sudut

Carilah sudut yang pas, terutama apabila kamu bisa leluasa bergerak. Angkat kamera ke atas untuk mendapatkan hasil foto yang lebih dinamis, karena biasanya pada konser kamu akan selalu dalam posisi mendongak ke atas. (tergantung lokasi kamu di area penonton).

7. Waspadai Objek Penghalang

Misalnya kamu ingin memotret penyanyi atau vokalis pada suatu band, kamu perlu mewaspadai agar muka artis tersebut tidak ketutupan Mic atau stand nya. Atau terkadang speaker juga bisa mengganggu pandangan kamu ke objek foto kamu.

Beri Komentar