Ini Dia 9 Fitur Keren Android 7 Nougat yang Wajib Kamu Ketahui

0
176
Beri Nilai untuk Artikel ini

Android 7.0 yang diberi Nama Kode Nougat mungkin belum kompatibel dengan hape kesayangan kamu, tetapi apa salahnya mengetahui terlebih dahulu fitur-fitur keren OS terbaru Android tersebut.

 

Nah berikut ini akan Asaljeplak jabarkan 9 Fitur Keren Android Nougat 7.0 yang siapa tahu bikin kamu nggak sabar untuk upgrade OS Android pada ponsel milikmu.

Mode Split Screen

9-fitur-keren-android-nougat
sumber gambar : PC Mag

Sekarang ngga cuma Galaxy Note saja yang bisa split screen, tetapi semua ponsel Android yang menggunakan Android Nougat akan bisa melakukannya.

Split Screen akan bisa digunakan di mode Portrait ataupun Landscape.

Caranya, buka 1 app kemudian tekan tombol “Recent App” (yang bentuknya kotak itu) agak lama yang akan kemudian menampilkan pilihan apps di sisi samping dari app yang sedang kamu buka.

Untuk menutup salah satu app kamu hanya tinggal mendorong pembatas ke sisi app yang ingin kamu tutup hingga ujung layar.

Kalau yang sudah menggunakan Windows 8 ke atas pasti sudah paham sih ya mestinya maksud Asaljeplak di atas.

Switch Cepat (Quick Switch)

9-fitur-keren-android-nougat-02
sumber gambar : PC Mag

Kamu juga bisa berpindah-pindah antara 2 app yang paling baru dibuka, dengan sangat mudah dan cepat.

Kamu hanya perlu tap cepat 2 kali pada tombol “Recent App” untuk berpindah pindah antar apps tersebut.

Fitur UI Tuner

9-fitur-keren-android-nougat-03Dengan fitur ini kamu bisa mengkustomisasi tampilan UI (User Interface) ponsel kamu. Fitur ini sendiri belum dipastikan akan ada pada versi Final, tetapi kalau ada bakalan keren banget.

Untuk mengaktifkannya, tarik kebawah menu notifikasi yang ada di atas layar, kemudian tekan yang lama pada ikon roda gerifi (untuk setting). Nantinya akan ada menu baru yang muncul pada bagian System.

Upgrade Menu Notifikasi

9-fitur-keren-android-nougat-04
Sumber gambar : PC Mag

Menu notifikasi (yang biasa kamu tarik ke bawah dari atas layar) mengalami upgrade yang cukup besar. Salah satunya adalah akan ada multi menu notifikasi yang bisa kamu geser ke kiri atau ke kanan.

Lalu kamu bisa memilih widget apa yang akan ditampilkan pada menu notifikasi. Kamu hanya perlu menekan tombol “edit” di kanan bawah menu notifikasi untuk mulai mengedit.

BACA JUGA :  Merakit PC Gaming Terbaik di bawah 5 juta 2017

Power Notifications

9-fitur-keren-android-nougat-05
sumber gambar : PC Mag

Selain menu notifikasi, sistem notifikasi sendiri juga mengalami upgrade, tetapi dengan syarat fitur UI Tuner tetap disertakan, atau nantinya bisa diakses tanpa melalui UI Tuner.

Caranya adalah kamu bisa masuk ke menu UI Tuner kemudian nyalakan “Power Notifications Control” pada bagian “Others”, dimana kamu nantinya bisa mengatur skala notifikasi yang kamu terima mulai dari 0 (Blok semua notifikasi) hingga 5 (semua notifikasi dinyalakan).

Edit Mudah Notifikasi

Masuk ke menu Preference untuk Notifikasi dengan mudah. Kamu hanya perlu menekan yang lama pada salah satu notifikasi di menu atas.

Kamu bisa melakukan ini bahkan saat kondisi Locked.

Pasang Wallpaper berbeda antara Layar Lock dengan Home

Sesuai judulnya, kamu bisa menggunakan wallpaper yang berbeda-beda antara layar Home dengan Lock. Meskipun ini fitur lama yang sudah digunakan beberapa merek ponsel ternama, tetapi sekarang ini menjadi bawaan dari OS Android.

 

Ukuran Tampilan (Display Size)

9-fitur-keren-android-nougat-06
Sumber gambar : PC Mag

Perbesar atau perkecil ukuran tampilan layar kamu, yang bisa diakses melalui menu Display>Display Size dan pilih satu dari keseluruhan 5 pilihan setting ukuran layar.

Easter Egg

Nah kalau yang terakhir ini merupakan kumpulan Easter Egg pada Android Nougat yang bisa kamu dapatkan dengan cara sebagai berikut :

  1. Buka menu Settings > About Phone kemudian tekan berulang pada tulisan Android 7.0 hingga muncul huruf N besar (logo dari Nougat).
  2. Tekan pada logo tersebut lamaaaaaaaaaa hingga muncul emoji kucing di bagian bawah.
  3. Swipe ke bawah menu notifikasi.
  4. Tekan “Edit” kemudian scroll ke bawah hingga kamu menemukan ikon bergambar muka kucing dengan tulisan “???? Android Easter egg.” kemudian drag drop ikon tersebut keluar dari menu notifikasi atau kemana saja.
  5. Nantinya di tempat yang tadinya ditempati ikon kucing tersebut akan ada semacam piring kosong.
  6. Tap bekas tempat ikon tersebut dan nanti akan keluar 4 pilihan kucing yang bisa kamu pilih satu.
  7. Nanti akan muncul notifikasi bahwa kamu telah menangkap kucing.

 

Gimana? jadi pengen mencoba Nougat atau biasa-biasa saja? Beri komentar di bawah ya.

Semoga bermanfaat.

Beri Komentar