Definisi dari Business Plan

0
485
Beri Nilai untuk Artikel ini

hai2, jumpa lagi hahahaha,, kali ini gw mau serius dikit ah,, mau jelasin kepada sodara2 mengenai Business Plan dan segala macamnya.. ini merupakan hal yg penting apabila anda2 ini ingin memulai suatu usaha, baik skala besar maupun kecil…. here we go :


 

Sekilas mengenai Rencana Bisnis (Business Plan)

Rencana bisnis (Business Plan) merupakan komponen vital dari memulai dan mengembangkan  perusahaan yang sukses. Banyak template dan variasi yang berbeda dari rencana bisnis tersedia, sehingga Anda harus memilih satu yang tepat untuk tujuan Anda dan perusahaan Anda.

Siapakah audiens yang dituju?

Beberapa rencana bisnis yang dirancang untuk khalayak internal (pemilik, karyawan, Direksi atau Dewan Penasehat, dan senior manajemen) untuk organisasi yang ada untuk tujuan menerapkan strategi pertumbuhan dan dapat disebut sebagai sebuah rencana strategis. Dapat juga berfungsi sebagai panduan semata-mata untuk pemilik bisnis baru dalam membantu menjelaskan visi dan tujuan mereka.

Sebuah rencana bisnis juga bisa untuk khalayak eksternal (investor, klien, pemasok, karyawan baru, bankir dan pemberi pinjaman lain, seperti pemerintah) untuk tujuan menarik pendanaan, talent, atau pemasok untuk sebuah bisnis yang baru atau yang sudah ada. Sebuah dokumen untuk audiens ini mungkin pada awalnya mengambil bentuk sebuah versi ringkas dari rencana bisnis yang lebih besar, terutama untuk menarik dana. Versi ini dikenal sebagai  dokumen peluang bisnis atau proposal pendanaan bisnis dan biasanya diikuti dengan rencana bisnis itu sendiri. Perolehan pendanaan adalah isu yang signifikan bagi banyak bisnis dan alat ini bisa menjadi keuntungan yang sangat besar ketika mendekati investor atau pemberi pinjaman.

Apa yang ada di dalam sebuah Rencana bisnis?

Rencana bisnis adalah sebuah dokumen komprehensif yang diciptakan untuk menggambarkan masa depan usaha, terdiri dari:

* Ringkasan eksekutif
* Sejarah dan latar belakang perusahaan
* Jelas deskripsi konsep bisnis dan nilai proposisi
* Analisis pemasaran termasuk analisis kompetitif dan rencana pengembangan pasar
* Produksi dan operasi penilaian dan rencana pembangunan
* Penilaian dan proyeksi keuangan
* Manajemen dan sumber daya manusia dan rencana penilaian
* Rencana pelaksanaan
* Identifikasi sumber daya
* Diusulkan struktur transaksi untuk investor (jika diperlukan)
* Strategi bertahan menggambarkan resiko dan strategi mitigasi
* Strategi pertumbuhan
* Exit strategy
* Lampiran

Beberapa dari ini bisa jadi lebih panjang atau pendek, atau bahkan opsional, tergantung pada format dan audiens yang dituju.

Pembaca harus dapat dengan jelas memahami apa proposisi nilai tersebut, mengapa bisnis ini akan berhasil dan bagaimana ia akan mencapai keberhasilan ini. Jika rencana sedang ditawarkan kepada investor, investor harus memahami sesegera mungkin apa yang diusulkan dalam struktur transaksi dan apa yang akan dihasilkan. Untuk melakukan ini Anda harus mendukung klaim dan asumsi tentang bisnis apa yang akan dilakukan dengan riset realistis. Proyeksi keuangan yang tidak realistis sudah pasti akan membuat investor kehilangan minat atau untuk pemilik kehilangan perspektif.

BACA JUGA :  Trik dan Cara Internetan Gratis di Android dengan Psiphon Pro

Seberapa panjang penulisan rencana Bisnis?

Sebuah rencana bisnis yang khas dapat terdiri dari 20 halaman meskipun beberapa rencana bisnis dapat terdiri dari 100 halaman atau lebih, tergantung pada tujuan dari rencana, siapa target, dan sifat bisnis. Sebagai contoh, jika rencana akan digunakan untuk menarik investor mungkin membutuhkan lebih rinci daripada jika ingin digunakan secara internal untuk mengkomunikasikan strategi pertumbuhan, sedangkan jika konsep bisnis relatif sederhana mungkin disampaikan lebih singkat dibandingkan dengan perusahaan yang lebih kompleks.

 

Apakah saya harus menggunakan template? Atau seorang konsultan?

Ada begitu banyak template rencana bisnis yang menggoda untuk dapat digunakan dan dapat dengan mudah di-cut & paste atau anda dapat menyewa jasa konsultan untuk menulis rencana bisnis Anda. Namun, yang terbaik adalah jika si pemilik  dari sebuah organisasi yang menulis rencana bisnisnya sendiri, meskipun jika si pemilik tersebut memutuskan untuk membawa bantuan dari luar untuk meninjau dan memperbaikinya. Seringkali pengusaha tidak mau meluangkan waktu, juga tidak merasa rencana bisnis adalah penting bagi bisnis mereka untuk berhasil. Mereka sering berpikir bahwa meluangkan waktu untuk menulis rencana bisnis adalah mustahil dan hanya akan membuang-buang waktu. Tetapi ketika mereka belajar bagaimana proses dapat menguntungkan organisasi mereka baru tertarik untuk memulai mebuat rencana bisnis. Meskipun dokumen rencana bisnis itu dikerjakan sendirian, proses perencanaan itu sendiri tetap sangat berharga.

Kesimpulan

Sebuah rencana bisnis adalah cara mudah untuk mengkomunikasikan ide bisnis kepada calon penonton, untuk membantu mencegah masalah, dan untuk mengidentifikasi strategi pertumbuhan, serta sebagai alat yang digunakan dalam pencarian dana. Sebuah rencana bisnis harus digunakan sebagai alat bagi pengusaha untuk memandu operasi bisnis yang ketat- daripada hanya mengandalkan sebuah buku manual atau blueprint– untuk dapat diikuti dan dilaksanakan dengan tepat. Rencana bisnis juga dapat dirancang untuk membantu pemilik bisnis untuk mengklarifikasi strategi bisnis tertentu dan memberikan wawasan untuk mengelola risiko.

Pelatihan kewirausahaan menjadi komponen penting dari banyak institusi pendidikan sebagai respons terhadap meningkatnya jumlah start-up bisnis di seluruh dunia. Menulis rencana bisnis yang sedang diajarkan untuk calon pengusaha lebih dari sebelumnya. Analisis usaha baru merupakan bagian integral dari proses pembuatan rencana bisnis seperti apa yang harus dilakukan dengan peluang setelah berhasil diidentifikasi.

Meskipun menjadi seorang pengusaha sukses menarik, lebih dari 70% dari bisnis baru tidak dapat bertahan hidup setelah tahun kedua. Memiliki sebuah bisnis dan mengetahui apa yang harus dilakukan dan melaksanakan dengan baik rencana bisnis untuk alasan yang tepat akan meningkatkan peluang usaha Anda untuk menjadi salah satu yang berhasil.

Beri Komentar