Apa itu Website ?

2
1440
Beri Nilai untuk Artikel ini

Berikut ini akan dijelaskan mengenai apa itu website, beserta fungsi serta kegunaan dari website, atau juga dikenal sebagai situs web, beserta penjelasan terkait mengenai istilah-istilah yang ada seputar website.

Berikut ini beberapa definisi website yang dikutip dari beberapa situs :

A. Apa itu Website menurut hasil pencarian Google :

” a location connected to the Internet that maintains one or more pages on the World Wide Web. “

gogle-search-result02

B. Apa itu Website menurut situ webopedia :

” A site (location) on the World Wide Web. Each Web site contains a home page, which is the first document users see when they enter the site. The site might also contain additional documents and files. Each site is owned and managed by an individual, company or organization. “webopediasearch

(sumber : webopedia )

C. Apa itu Website menurut situs Wikipedia :

“A website, also written as web site,[1] or simply site,[2] is a set of related web pages typically served from a single web domain. A website is hosted on at least one web server, accessible via a network such as the Internet or a private local area network through an Internet address known as a uniform resource locator (URL). All publicly accessible websites collectively constitute the World Wide Web. “wiki

(sumber  : Wikipedia)

Apabila disimpulkan dari ketiga definisi tersebut, maka definisi dari apa itu website adalah :

” Sebuah tempat yang terletak pada World Wide Web (WWW) yang terdiri dari satu atau beberapa halaman, yang tersusun dan bernaung pada satu Nama Domain, ditempatkan pada minimal satu Web Server yang dikelola oleh Individu, Organisasi, atau Perusahaan, dan bisa diakses melalui koneksi jaringan seperti Internet ataupun local area network (LAN) dengan cara memasukkan alamat yang disebut juga Uniform Resource Locator (URL). “

BACA JUGA :  10 Tanda Kamu sedang Jatuh Cinta

Dari kesimpulan terkait apa itu website tersebut, dapat dilihat bahwa ada beberapa istilah-istilah terkait definisi dari website itu sendiri, seperti WWW, Nama Domain, Internet, LAN, dan juga URL

Penjelasan singkat dari istilah-istilah tersebut adalah sebagai berikut :

  1. WWW (World Wide Web) adalah suatu ruang informasi terbuka dimana website berada di dalamnya, yang bisa diakses melalui jaringan Internet. (selengkapnya)
  2. Nama Domain atau Domain adalah nama yang digunakan untuk mengidentifikasi satu atau lebih Alamat IP / IP Adrresss yang digunakan pada URL untuk mengakses satu atau lebih halaman Website. (selengkapnya)
  3. Web Server atau Server adalah suatu perangkat (biasanya komputer) yang terhubung dengan jaringan baik LAN ataupun Internet, yang digunakan untuk menyimpan data-data terkait dengan Website, dan biasanya memiliki Alamat IP dan juga Nama Domain. (selengkapnya)
  4. Internet adalah suatu jaringan global yang menghubungkan jutaan komputer atau Server dimana data-data di dalamnya dapat saling di akses (apabila diizinkan) dengan mengetikkan alamat tujuan pada Web Browser. (selengkapnya)
  5. Local Area Network atau LAN adalah suatu jaringan lokal yang menghubungkan dua atau lebih perangkat untuk dapat bertukar data atau informasi. (selengkapnya)
  6. Uniform Resource Locator atau URL adalah alamat yang digunakan untuk mengakses Website. (selengkapnya)

Demikian sedikit penjelasan mengenai Apa itu Website dan juga beberapa istilah-istilah di dalamnya. Nantinya akan dijelaskan lebih lanjut mengenai istilah-istilah tersebut dan akan di update pada link bertuliskan “selengkapnya” di atas, jadi jangan lupa untuk terus cek halaman ini ya.

Salam IT,

logo-ssr-hosting

 

 

keywords : Apa itu Website , Definisi Website , Istilah pada Internet

Beri Komentar