Aplikasi iPad Gratis ini Bisa untuk Belajar Coding dan Pemrograman

0
80
Beri Nilai untuk Artikel ini

Bagi kamu yang ingin belajar atau ingin memperkenalkan anak terhadap coding dan prinsip pemrograman, bisa mencoba aplikasi gratis yang tersedia untuk iOS ini.

 

Aplikasi Hopscotch untuk iOS ini gratis, menyenangkan, dan ideal untuk pemula. Dengan metode penggunaan yang sederhana, kamu bisa membiarkan imajinasi kamu berjalan liar dan mempelajari dasar-dasar pemrograman pada saat bersamaan.

Prinsip Dasar

Dengan Hopscotch kamu akan mempelajari dasar-dasar ilmu komputer dan pemrograman dengan menciptakan permainan. Alih-alih secara fisik menulis baris kode, kamu akan belajar melalui konsep berbasis blok. Ini memungkinkan kamu untuk melihat kode tertulis hanya dengan menggunakan blok karakter, kata-kata, dan ungkapan.

Prinsip inti meliputi dekomposisi, generalisasi, abstraksi, pengenalan pola, dan desain algoritma. Dan, meskipun ini mungkin terdengar rumit, kamu akan mempelajari teori-teori ini dengan cara yang membuatnya menyenangkan.

Hopscotch mencakup beberapa pelajaran dengan tutorial opsional dan kurikulum terstruktur. Setiap pelajaran mengikuti beberapa konsep:

  • Urutan/Sequence – Perintah yang kamu berikan ke komputer.
  • Event – Pemicu yang menyebabkan komputer/program melakukan sesuatu.
  • Loop – Kode yang berulang.
  • Nilai atau Variabel – Sebuah placeholder untuk sebuah nomor.
  • Pernyataan Bersyarat/Conditional Statements – Jika (ini benar), Kemudian (lakukan ini) alias fungsi IF…THEN.

Coding dengan Hopscotch

Sekarang mari beralih ke bagian yang menyenangkan: koding dengan Hopscotch. kamu akan melalui setiap pelajaran dengan video tutorial. Video menyediakan audio dan visual, yang mengikuti mengikuti super sederhana. kamu dapat menghentikan, menjeda, memundurkan, dan meneruskan video dengan cepat, sehingga kamu bisa belajar dengan kecepatan kamu sendiri.

Dalam pelajaran pertama, Jump In, kamu akan belajar bagaimana membuat karakter melompat saat disadap. Pelajaran sederhana ini membantu kamu membangun konsep dan prinsip inti dengan menggunakan Ketika (ini terjadi), Lakukan (ini). (IF THEN)

"

 

kamu memulai dengan kanvas kosong dan ikuti tutorialnya. Sebagai contoh betapa mudahnya penggunaan Hopscotch, berikut adalah langkah-langkah yang kamu gunakan untuk membuat Jump In:

  1. Ketuk plus dan pilih karakter.
  2. Saat karakter muncul di layar, ketuk Tambahkan kode untuk memasukkan instruksinya.
  3. Untuk memulai dengan Ketika pernyataan, klik disadap blok untuk menempatkannya di atas
  4. Selanjutnya, tambahkan tindakan karakter yang akan diambil Ketika dipadat . Klik Langsung untuk menempatkannya di instruksi.
  5. Ketuk tombol di di bagian atas untuk melihat kreasi kamu dan mengujinya.

Jika karakter melompat saat kamu mengetuknya, berarti kamu berhasil!

Yang Bisa kamu Buat

Jika kamu mengerjakan setiap pelajaran secara berurutan, kamu akan menciptakan permainan Whack-a-Mole, pindah ke Geometry Dash, dan bahkan membuat Flappy Bird. Beberapa pelajaran gratis tersedia yang akan membuat kamu sibuk selama beberapa waktu. Kemudian, kamu dapat membuka tutorial tambahan dengan pembelian dalam aplikasi jika kamu mau.

"

 

Setelah kamu menyelesaikan tutorial gratis dan memiliki pegangan tentang bagaimana kode dengan Hopscotch, kamu dapat membuat game kamu sendiri dari awal. Ketuk ikon plus yang besar di bagian bawah, beri nama proyek kamu, dan kamu sedang menuju terciptanya apapun yang kamu inginkan.

BACA JUGA :  Merakit PC Gaming Terbaik di bawah 5 juta 2017

Selain permainan, kamu bisa membuat seni, musik, film, kuis, dan banyak lagi. Setiap desain yang kamu buat dimulai dengan sebuah objek. Ini bisa berupa karakter, bentuk, teks, emoji, atau bahkan gambar. Kemudian, kamu menambahkan kode itu dengan tap sederhana pilihan kamu dari kemungkinan yang hampir tak ada habisnya.

Pilih dari gerakan seperti berputar atau tumbuh, membuat benda hilang dengan mengatur jarak pkamung mereka, dan menggunakan tindakan perangkat seperti saat diguncang atau dimiringkan.

"

Dari latar belakang yang bergerak ke permainan kompleks hingga animasi yang indah, Hopscotch memberi kamu alat. kamu tidak hanya bisa menciptakan sesuatu yang menakjubkan, tapi juga belajar bagaimana memprogramnya pada waktu yang bersamaan.

Kesederhanaan Membuatnya Mudah

Hopscotch menawarkan cara bagus untuk membangun fondasi yang digunakan dalam berbagai bahasa pengkodean. Dengan tap-tap sederhana untuk objek pop, tindakan, gerakan, kondisi, variabel, dan kontrol ke dalam kotak, pelajari bagaimana kode lebih mudah daripada yang kamu pikirkan. Dan, ini adalah cara sempurna untuk membantu anak-anak memulai perjalanan pemrograman mereka

Plus, kamu dapat melihat kode dalam kombinasi bentuk tulisan dan visual setelah menempatkan instruksi kamu. Misalnya, jika kamu membuat seekor gurita mengejar jari kamu di sekitar layar, kamu akan melihat kodenya sebagai “Saat gurita ditekan, ikuti jari.” Ini memberi kamu kata-kata dan gambar karakter.

"

Atau jika kamu ingin gurita berubah ungu saat mengguncang perangkat kamu, kamu akan melihat “Saat perangkat terguncang, warnai warna ungu.” Seiring dengan kata-kata dalam contoh ini, muncul gambar iPhone dan representasi dari Warna

"

Belajar kode dengan cara ini menghilangkan faktor intimidasi yang mungkin dirasakan beberapa orang. kamu bisa mendapatkan pemahaman yang kuat tentang konsep, hampir tanpa menyadarinya.

Kemudian, jika kamu pindah ke mengikuti kelas pemrograman atau kembali ke perguruan tinggi, kamu akan menjadi selangkah di depan. Dan untuk anak-anak, apa yang bisa lebih menyenangkan daripada menciptakan permainan mereka sendiri saat mereka belajar?

Fitur Tambahan

kamu akan melihat banyak fitur dan fungsi ekstra dalam Hopscotch yang menambah kegunaan dan kenikmatannya.

  • Menyalin proyek untuk membuat versi yang berbeda.
  • Bekerja pada konsep sedikit demi sedikit dengan fitur save otomatis.
  • Publikasikan kreasi kamu agar pengguna lain dapat melihatnya.
  • Simak berapa rekan Hopscotch-ers yang membuat dan menyimpan favorit kamu, bagikan, atau dapatkan inspirasi.
  • Gunakan fitur pencarian untuk menemukan jenis proyek tertentu.

"

Hopscotch tersedia secara gratis dan dirancang untuk iPhone dan iPad. Jika kamu menikmatinya, kamu dapat mendaftar berlangganan bulanan atau tahunan untuk menerima tutorial baru setiap bulan dan akses ke perangkat lengkap.

Apa yang Akan kamu Buat dengan Hopscotch?

Sementara Hopscotch mungkin ditujukan untuk anak-anak usia 9-11, menyenangkan dan mendidik orang dewasa juga Dan, karena tersedia secara gratis, itu pasti layak untuk waktu kamu. Maukah kamu membuat game hit baru, karya seni yang luar biasa, atau latar belakang yang menarik yang berubah warna?

 

Source link

Beri Komentar