Apple Resmi Perkenalkan iOS 13, ini Fitur Barunya | Berita Tekno

Berikut ini adalah berita terbaru mengenai “Apple Resmi Perkenalkan iOS 13, ini Fitur Barunya” yang diambil dari berbagai sumber untuk kamu ketahui.

Apple secara resmi mengumumkan iOS 13 di sela-sela acara WWDC 2019. Ini adalah platform mobile versi berikutnya yang akan dirilis di musim gugur tahun ini bersama iPhone terbaru. Seperti yang dikabarkan, iOS 13 akan mendapatkan Mode Gelap alias Dark Mode yang bisa diaktifkan oleh pengguna.

Sayangnya, Dark Mode ini tidak benar-benar hitam di semua aplikasi, tetapi semua aplikasi bawaan Apple sudah bisa mendukungnya secara otomatis. Oleh karena itu diharapkan pengembang aplikasi pihak ketiga dapat mengintegrasikannya ke dalam aplikasi mereka sendiri.

Dikatakan oleh Apple, pengguna dapat mengaktifkan mode ini secara otomatis saat matahari terbenam atau pada waktu tertentu. Ya! Mode ini sangat cocok untuk iPhone dengan layar OLED dan Dark Mode ini setidaknya memiliki potensi untuk memperpanjang masa pakai baterai yang ada di dalam perangkat.

Selain itu, Apple juga mengklaim bahwa iOS 13 akan lebih cepat. Face Unlock tampaknya membutuhkan waktu 30 persen lebih sedikit. Sementara bagaimana Apple mengemas aplikasi, dikatakan aplikasi-aplikasi yang ada akan dua kali lebih cepat dari sebelumnya.

Ketika pengguna mendownload aplikasi, dikatakan aplikasi tersebut akan menjadi 50 persen lebih kecil. Sedangkan pembaruan aplikasi akan menjadi 60 persen lebih kecil. Keyboard bawaan Apple juga telah memperoleh fungsionalitas “swipe typing”. Ya! Sesuatu yang sudah ada pada keyboard Android.

Fokus Apple pada privasi juga diperluas untuk memasukkan lebih banyak izin lokasi granular untuk aplikasi. Selain itu, Apple juga menambahkan lansiran pelacakan latar belakang, yang memungkinkan pengguna memiliki detail lebih lanjut tentang bagaimana aplikasi menggunakan sebuah lokasi.

Apple juga memperkenalkan Sign di dalam iOS terbarunya ini, yang lebih memudahkan pengguna untuk masuk ke aplikasi dengan akun Apple miliknya. Meski begitu, autentifikasi dengan FaceID atau TouchID juga turut disertakan oleh Apple.

Apple akan mengirimkan ID aplikasi yang unik secara acak. Jika suatu aplikasi meminta alamat e-mail pengguna, selanjutnya pengguna dapat memilih untuk memberikan e-mail yang sebenarnya atau yang acak yang secara otomatis dibuat oleh Apple untuk pengguna.

Aplikasi bawaan Apple juga mendapat pembaruan. Contohnya, Maps akan memiliki UI baru, dengan bilah di bagian bawah yang memungkinkan pengguna menyimpan dan kemudian dengan mudah menavigasi ke favorit. Ini juga memiliki Look Around, yang pada dasarnya adalah “Google Street View ala Apple”.

Untuk Messages, kini pengguna dapat menambahkan nama dan Memoji. Jadi, jika pengguna mengirim pesan teks kepada seseorang yang tidak menyimpan detailnya, penerima akan tahu siapa yang mengirimnya. Kini, Memoji jauh lebih dapat dikustomisasi dan ada juga Memoji Stickers.

Aplikasi Photo juga mendapatkan peningkatan. Antarmuka pengeditan telah dirancang ulang dan ada tampilan foto default baru, yang tidak lagi terduplikasi dan berantakan. Ya! Ini dikatakan berkat algoritma machine learning yang dikembangkan oleh Apple.

Pengguna dapat menelusuri dalam banyak tampilan, berdasarkan hari atau bulan. Selain itu, sebagian tools editing foto juga tersedia untuk video. Efek Portrait Lightning juga dapat disesuaikan di dalam aplikasi Camera.

Tidak berhenti sampai disitu, Siri juga memiliki suara robot yang baru, lebih baik, dan sedikit lebih pintar. Ketika pengguna memakai AirPods, Siri akan membacakan pesan kepada pengguna jika ada pesan yang masuk dan pengguna juga bisa langsung membalasnya via suara.

Keunggulan lainnya, Siri juga bisa diperintahkan untuk memutar lebih dari 100 ribu stasiun radio di seluruh dunia. Dukungan Audio Sharing memungkinkan pengguna berbagi audio dari smartphone ke ke orang lain hanya dengan mengetuk perangkat bersama-sama.

Siri Shortcuts sekarang menjadi aplikasi tersendiri yang mengambil ruang di layar beranda iOS 13. Aplikasi akan menyarankan yang baru untuk pengguna, dan pengguna dapat memilih aplikasi pihak ketiga yang dapat menggunakan Siri Shortcuts.

Aplikasi Reminder juga memiliki tampilan yang baru. Sementara itu, CarPlay juga mendapatkan pembaruan terbesarnya dengan dashboard baru untuk melihat musik, peta, dan lainnya dalam satu tampilan tunggal. Calendar juga diperbarui dan dukungan Siri untuk Pandora dan Waze.

Selain itu, aplikasi Files juga dapat berbagi folder dengan iCloud Drive dan mengakses file dari kartu SD dan USB flash drive. Nah! Apple juga menegaskan bahwa iOS 13 Preview Developer pertama sudah tersedia saat ini dan untuk versi Beta yang bisa dinikmati oleh publik akan tersedia akhir bulan ini.

Baca juga

Satu hal yang cukup mengejutkan, iOS 13 hanya akan keluar untuk iPhone dan iPod Touch. Pasalnya mulai saat ini iPad akan mendapatkan iOS tersendiri yang diberi nama iPadOS. Bagimana menurut kalian gebrakan Apple ini? Kami tunggu komentarnya.

Artikel ini telah terbit pertama kali di:

Sumber berita

Loading...

Tinggalkan komentar

Advertisement
Loading...
hosting indonesia
hosting murah

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Optin Form
Statistik Blog
  • 3.117.976 hit