Antara Aplikasi Payroll dan Payroll Outsourcing, Mana yang Perlu Dipilih?

aplikasi-payroll-online

Bagikan artikel ini :

Bila dulu mengurus penggajian karyawan sering dianggap sebagai pekerjaan yang melelahkan. Sekarang, mengurus gaji bisa menjadi pekerjaan yang jauh lebih mudah karena terdapat opsi penggunaan aplikasi payroll atau payroll outsourcing.

Keduanya memberikan kemudahan bagi penggunannya, namun di satu sisi banyak yang masih kebingungan, apa perbedaan dari keduanya dan mana yang harus dipilih.

Jika Anda adalah salah satu yang mengalami kebingungan tersebut, simak artikel berikut ini!

Perbedaan Aplikasi Payroll dan Payroll Outsourcing

Aplikasi payroll dan payroll outsourcing adalah dua hal yang berbeda, meskipun keduanya terkait dengan pengelolaan gaji karyawan. Berikut adalah perbedaan antara aplikasi payroll dan layanan payroll:

Definisi

Secara definisi, antara aplikasi payroll dan payroll outsourcing memiliki perbedaan. Aplikasi payroll adalah perangkat lunak yang dirancang untuk membantu perusahaan mengelola proses penggajian secara internal.

Sementara itu, payroll outsourcing adalah solusi outsourcing di mana perusahaan mengontrak pihak ketiga atau penyedia layanan payroll untuk mengelola seluruh atau sebagian besar proses penggajian.

Penggunaan

Perusahaan menggunakan aplikasi payroll untuk menghitung gaji karyawan, mengelola pajak, mengeluarkan cek atau mentransfer gaji, dan melacak informasi lainnya terkait dengan penggajian.

Hal ini berbeda dengan jasa payroll outsourcing di mana perusahaan tidak lagi mengelola penggajian secara internal. Sebaliknya, mereka menyewa pihak eksternal yang akan menangani semua aspek penggajian, termasuk perhitungan gaji, pemotongan pajak, dan penyusunan laporan.

Kemudahan

Perusahaan yang menggunakan aplikasi payroll biasanya memiliki kontrol penuh terhadap proses penggajian mereka dan dapat menyesuaikan sistem sesuai kebutuhan spesifik mereka.

BACA JUGA  Tahapan pembelian barang di perusahaan

Outsourcing payroll memberikan kemudahan bagi perusahaan karena mereka tidak perlu khawatir tentang pembaruan peraturan pajak, perubahan regulasi, atau pemeliharaan perangkat lunak payroll.

Integrasi

Aplikasi payroll dapat diintegrasikan dengan sistem manajemen sumber daya manusia (HRM) atau sistem keuangan lainnya.

Karena proses penggajian akan dikelola oleh pihak eksternal, maka sudah jelas bahwa tidak ada sistem yang bisa diintegrasikan.

Biaya

Meskipun layanan payroll dapat memberikan kenyamanan, biaya penggunaan layanan ini biasanya lebih tinggi daripada biaya menggunakan aplikasi payroll secara internal.

Secara umum, perusahaan harus mempertimbangkan kebutuhan, ukuran, dan sumber daya internal mereka ketika memilih antara menggunakan aplikasi payroll atau mengontrak layanan payroll.

Beberapa perusahaan mungkin lebih memilih kontrol penuh dan kustomisasi internal yang diberikan oleh aplikasi payroll, sementara yang lain mungkin memilih kenyamanan dan efisiensi yang ditawarkan oleh  payroll outsourcing.

Kapan Harus Menggunakan Aplikasi Payroll dan Payroll Outsourcing

Keputusan untuk menggunakan aplikasi payroll atau outsourcing payroll tergantung pada berbagai faktor, termasuk ukuran perusahaan, sumber daya internal, kebutuhan kontrol, dan preferensi manajemen.

Berikut adalah beberapa pertimbangan yang dapat membantu Anda memutuskan kapan harus menggunakan aplikasi payroll atau payroll outsourcing:

Menggunakan Aplikasi Payroll

Berikut ini adalah pertimbangan di mana perusahaan Anda akan lebih cocok jika menggunakan aplikasi payroll.

Ukuran dan Sifat Bisnis

Perusahaan kecil hingga menengah mungkin menemukan aplikasi payroll yang lebih sesuai karena mereka mungkin memiliki kebutuhan yang lebih sederhana dan sumber daya internal untuk mengelola penggajian.

Kontrol Internal

Jika perusahaan ingin menjaga kendali penuh terhadap proses penggajian dan memiliki fleksibilitas untuk menyesuaikan sistem sesuai kebutuhan mereka.

Integrasi Sistem

Jika perusahaan sudah memiliki sistem HRM atau sistem keuangan, menggunakan aplikasi payroll dapat memudahkan integrasi.

BACA JUGA  8 Kesalahan dalam Strategi Pemasaran Social Media

Keuangan

Dalam beberapa kasus, menggunakan aplikasi payroll internal dapat lebih ekonomis daripada membayar biaya outsourcing.

Payroll Outsourcing

Lalu, apa saja hal yang menjadi bahan pertimbangan saat kita ingin menggunakan payroll outsourcing? Simak selengkapnya di bawah ini!

Skala Besar dan Kompleksitas Tinggi

Perusahaan besar dengan ribuan karyawan atau bisnis internasional mungkin menemukan manfaat dari outsourcing karena kompleksitas penggajian yang lebih tinggi.

Kenyamanan dan Efisiensi

Jika perusahaan ingin fokus pada kegiatan inti bisnisnya dan menghindari kesibukan administratif terkait dengan penggajian.

Ketidakmampuan Internal

Jika perusahaan tidak memiliki sumber daya internal atau keahlian yang cukup untuk mengelola aspek-aspek teknis penggajian, seperti peraturan pajak yang kompleks.

Anda dapat mencari payroll outsourcing Jakarta untuk mengurus hal-hal terkait penggajian.

Perubahan Peraturan Pajak dan Hukum

Jika perusahaan ingin menghindari tanggung jawab terkait pembaruan peraturan pajak dan hukum yang terus-menerus.

Kecepatan dan Ketepatan

Layanan payroll dapat memberikan kecepatan dan ketepatan dalam pengelolaan penggajian, terutama dalam skenario di mana perubahan perlu dilakukan dengan cepat.

Keputusan antara menggunakan aplikasi payroll atau payroll outsourcing harus mencerminkan kebutuhan dan strategi bisnis perusahaan.

Beberapa perusahaan mungkin memilih kombinasi dari keduanya, seperti menggunakan aplikasi payroll untuk kontrol harian dan outsourcing untuk tugas-tugas khusus atau pemenuhan kebutuhan khusus.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...