Review NICEPAY : Payment Gateway Indonesia

Bagi kamu yang memiliki web toko online, atau yang memiliki layanan dengan kebutuhan transaksi via online, tentunya sangat memerlukan apa yang dikenal dengan istilah Payment Gateway, guna memperluas metode pembayaran yang bisa kamu terima.

Ada banyak pilihan payment gateway yang bisa kamu coba, namun terkadang tidak semuanya memiliki kelengkapan fitur yang baik, dan tentunya tarif yang murah yang tidak membebani usaha milikmu.

Salah satu dari sekian banyak pilihan payment gateway tersebut yang akan dibahas di sini adalah NICEPAY, yang menawarkan banyak pilihan fitur, metode pembayaran, dan kemudahan dalam integrasi toko online.

Apa itu Payment Gateway ?

apa-itu-payment-gateway

Payment Gateway sendiri dalam bahasa Indonesianya memiliki arti Gerbang Pembayaran, alias portal utama dari setiap transaksi pembayaran yang dilakukan.

Umumnya layanan payment gateway ini disediakan untuk kamu yang memiliki website yang menjual produk atau layanan, dan ingin bisa menerima metode pembayaran dari berbagai macam bank atau institusi keuangan tanpa perlu membuat akun di masing-masing bank ataupun mengembangkan kode pemrograman sendiri.

Setiap toko online yang ingin menghubungkan transaksi mereka dengan suatu institusi keuangan tentunya memerlukan izin tersendiri, dan juga kode API supaya proses integrasi dengan institusi tersebut menjadi mudah.

Tapi tentunya akan sulit kalau kamu harus mendapatkan izin/lisensi dari masing-masing institusi dan kemungkinan biayanya juga tidak sedikit apabila ada. serta kamu juga harus mengembangkan sendiri kode pemrograman untuk dapat terhubung dengan mereka.

Disitulah peran Payment Gateway menjadi berguna, karena mereka lah yang mengurus soal perizinan dan pemrograman tersebut, sehingga kamu hanya perlu mengintegrasikan toko online milikmu dengan Payment Gateway yang kamu pilih.

Biasanya para penyedia Payment Gateway akan mengenakan sedikit potongan dari tiap transaksi yang dilakukan melalui mereka, karena memang itulah skema bisnis mereka dalam mendapatkan keuntungan, tapi biasanya jumlahnya tidak terlalu membebani.

Dengan semakin bermunculannya payment gateway lokal, maka kamu akan bisa dengan mudah membuka metode payment Indonesiaalias menerima pembayaran ke institusi keuangan yang ada di Indonesia seperti bank, penyedia e-money, kartu kredit dan kartu debit.

Tentang NICEPAY

tentang-nicepay

NICEPAY sendiri merupakan anak usaha dari NICE GROUP (Nice Holdings Co. Ltd), perusahaan institusi keuangan asal Korea Selatan yang telah berdiri sejak tahun 1986, yang awalnya hanya menyediakan informasi kredit bagi rakyat Korsel hingga kini semakin berkembang dan menyasar pasar Fintech.

NICEPAY hadir di Indonesia di bawah bendera PT Ionpay Networks, dan kantornya berlokasi di gedung EightyEight, Kota Kasablanka, lantai 29.

NICEPAY telah memiliki verifikasi dari Bank Indonesia, Visa, Mastercard, American Express, Norton, JCB, dan juga oleh ControlCase sehingga transaksi melalui mereka hampir dapat dipastikan dan legalitasnya juga valid.

Layanan NICEPAY

layanan-nicepay

Layanan yang disediakan NICEPAY menyediakan beragam metode pembayaran yang bisa kamu gunakan untuk toko online kamu, seperti metode debit langsung, transfer bank online, menggunakan e-wallet / e-money, kartu kredit, dan bahkan kamu bisa membayar melalui toko ritel dan juga membayar secara sistem cicilan, serta ada fitur Linkpay dan pembayaran via Email bagi yang tidak punya website toko online.

Daftar Bank yang bisa menggunakan fitur debit langsung NICEPAY:

  • BCA (BCA KLIKPAY)

Daftar Bank yang bisa menggunakan fitur transfer bank online NICEPAY:

  • Bank Permata
  • BCA
  • Bank Mandiri
  • BRI
  • BNI
  • CIMB Niaga
  • Maybank
  • Danamon
  • Hana Bank

Daftar penyedia kartu kredit yang terintegrasi dengan NICEPAY:

  • VISA
  • Mastercard

Daftar toko ritel yang bekerja sama dengan NICEPAY (jadi pelanggan kamu nanti bisa membayar melalui ritel-ritel ini):

  • Indomaret
  • Alfamart
  • Alfamidi
  • Dan-Dan

Daftar penyedia layanan cicilan yang bekerjasama dengan NICEPAY:

  • Kredivo
  • Akulaku

Fitur NICEPAY

fitur-nicepay

NICEPAY juga telah menyematkan beragam fitur yang akan terintegrasi dengan mudah dengan web toko online milikmu, seperti tampilan yang responsif untuk para pembeli yang membuka dari ponsel, identifikasi Fraud, customer support yang siap sedia 24/7, grafik dan statistik transaksi, rincian status pembayaran, dan teknologi yang maju.

Bagi yang tidak memiliki website toko online pun bisa menerima pembayaran dengan NICEPAY, melali fitur Linkpay yaitu pembuatan link untuk produk atau layanan yang Anda jual yang bisa anda berikan kepada pelanggan beserta tagihan, serta pengiriman invoice digital melalui Email yang berisikan link pembayaran melalui NICEPAY.

Tarif NICEPAY

tarif-nicepay

Untuk tarifnya sendiri, NICEPAY cukup bersaing dengan payment gateway Indonesia lainnya, yaitu seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas.

  • Transaksi kartu kredit dikenakan biaya 2,9% dari harga produk/jasa ditambah biaya administrasi Rp2,000.
  • Transfer Bank Online dikenakan biaya transaksi Rp4,000
  • Debit langsung dikenakan biaya Rp2,000 + biaya admin yang dikenakan bank
  • Metode e-wallet dikenakan biaya 1,5% dari harga produk.jasa
  • Metode cicilan dikenakan biaya 1,5%-2,3% dari harga produk/jasa ditambah Rp2,000

Cara daftar NICEPAY

daftar-nicepay

Cara mendaftar NICEPAY sangatlah mudah, kamu hanya perlu memilih menu DAFTAR / GET STARTED pada website mereka, kemudian isi data diri dan data usaha kamu beserta scan KTP dan NPWP seperti pada gambar di atas.

Nantinya mereka akan mengirimkan email berisi username dan password ke alamat email milikmu (sesuai dengan yang diisi pada form di atas), dan kamu bisa memulai integrasi sesuai dengan instruksi yang ada di area dashboard mereka.

Kesimpulan

Memilih Payment Gateway Indonesia tentunya memerlukan banyak pertimbangan, dan terkadang pemilik toko online pun tidak membutuhkan.

Tetapi, peluang yang dilepas dengan tidak menerima metode pembayaran yang beragam, terutama seperti yang disediakan NICEPAY, bisa dibilang akan merugikan diri sendiri dan juga berdampak kepada usaha online yang dijalankan.

Ditambah lagi, penggunaan Payment Gateway bisa meningkatkan kredibilitas dan rasa aman kepada para pelanggan yang bertransaksi melalui website milikmu sehingga patut dijadikan pertimbangan bagi para pemilik toko online ataupun yang berjualan menggunakan media sosial maupun offline.

BACA JUGA  Temukan Produk Asuransi Terpercaya Lewat Satu Aplikasi, Mudah Dan Aman!

Read Previous

Koleksi Quotes tentang Patah Hati dalam Bahasa Inggris beserta artinya

Read Next

Review Film Parasite (2019)

Tinggalkan Balasan