Tips Memulai Bisnis Toko Bahan Bangunan Yang Terus Berkembang

tips-memulai-bisnis-toko-bahan-bangunan

Bagikan artikel ini :

Jika anda sedang berpikiran mengenai membuka sebuah bisnis berupa toko bahan bangunan, baik secara umum ataupun produk tertentu maka ada beberapa hal yang harus dipersiapkan.

Toko bahan bangunan adalah salah satu bentuk usaha yang sangat profitable karena pembangunan akan terus berjalan dari tahun ke tahun dan tidak pernah berhenti. Keadaan ini tentu membuat kita sebagai orang yang ingin membuka bisnis toko bahan bangunan menjadi lebih banyak.

Nah, dimana ada peluang pasti juga ada persaingan. Tidak bisa dipungkiri tanpa persiapan dan juga inovasi kita tidak mungkin bisa bertahan. Kita akan coba membahas beberapa tips dan trik untuk dipersiapkan nih bagi Anda yang ingin sekali memulai bisnis toko bahan bangunan.

Informasi ini bisa dijadikan bekal atau modal awal pengetahuan seputar bisnis toko bangunan ataupun bisnis retail secara keseluruhan. Misalnya mulai dari penentuan lokasi sampai dengan pemanfaatan teknologi seperti penggunaan customer relation management software. Langsung saja kita bahas secara lengkap mengenai informasi lebih lengkapnya.

Penentuan Tempat dan Lokasi

Penentuan tempat dan lokasi menjadi salah satu peranan penting untuk sebuah toko bangunan. Strategis dan juga mudah untuk diakses adalah hal utama, tambahkan juga pertimbangan parkir yang luas jika memungkinkan.

Di beberapa kota besar toko bangunan tidak jarang yang tidak memiliki akses parkir memadai. Tempat memang tidak harus ada di tengah kota, tapi ada baiknya jika ada di pinggir jalan besar atau jalan utama.

Fasilitas Yang Memadai

Semakin lengkap fasilitas yang tersedia maka akan semakin baik. Memulai toko bangunan memang tidak seperti kita memiliki toko biasa. Pertimbangan akses halaman luas selain bisa untuk parkir juga bisa digunakan sebagai “showroom” bahan bangunan yang kita miliki.

Kita bisa memajang berbagai produk yang dimiliki sehingga bisa dilihat dan dirasakan langsung oleh calon pembeli. Selain itu fasilitas halaman yang luas ini juga bisa dilengkapi dengan akses tempat istirahat seperti konsep ruang tunggu bagi pengunjung.

Pilihan Harga Terjangkau

Toko bangunan sendiri sangat kerap bersaing dari segi harga. Pembangunan sebuah rumah membutuhkan bahan material bangunan yang sangat banyak sehingga seringkali juga memerlukan biaya yang sangat banyak.

Akan lebih baik jika Anda memiliki kebutuhan sebuah pilihan harga diskon, misal untuk pembelian dalam jumlah yang banyak sekaligus. Atau membuat sebuah program harga promo untuk kontraktor agar bisa terus menggunakan toko Anda sebagai pilihan utama. Persaingan harga yang ada memang terkadang membuat sebuah toko bangunan menjadi pilihan utama.

Kelengkapan Bahan Bangunan dan Produk

Ada banyak sekali jenis bahan material bangunan yang dibutuhkan untuk sebuah proyek pembangunan. Ada baiknya jika Anda memiliki semua produk yang sering dan banyak dibutuhkan misalnya mulai dari pasir, semen, cat, keramik, plafon, dan sebagainya.

Memang harus diakui untuk membuat sebuah toko bangunan sangat lengkap sangatlah sulit. Kita bisa fokus ke produk tertentu misalnya produk bahan pembangunan, finishing bangunan, atau produk untuk atap, fondasi dan sebagainya. Cek dan lakukan riset kebutuhan mana yang paling sering dibutuhkan di sekitar toko Anda.

Penentuan Supplier

Tidak kalah penting, suksesnya sebuah toko bangunan tidaklah lepas dari peran supplier bahan bangunan. Kita harus cermat dalam memilih supplier karena biasanya pemasok yang bisa dipercaya sendiri akan juga memberikan layanan terbaik untuk kita. Anda bisa melakukan riset sendiri, kita tahu bukan kalau di zaman modern ini sudah sangat banyak informasi yang ada di Internet.

Misalnya Anda ingin mencari supplier yang jual conblock, Anda bisa mencari dulu di internet dan dapatkan kontak dan ajukan pertanyaan seputar produk. Selain itu kita juga bisa melihat beberapa toko bangunan lain dan bertanya seputar supplier.

Itu dia beberapa tips singkat seputar bagaimana untuk memulai bisnis toko bahan bangunan. Sebenarnya ada beberapa hal lain yang bisa kita gunakan. Tapi informasi ini adalah yang paling dasar dan cukup berguna untuk awal. Semoga informasi ini membantu ya? Terima kasih.

BACA JUGA  Mengenal Lebih dalam Layanan Mbanking dari Bank BRI

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tinggalkan komentar via FB