7 Tips Penting Saat Akan Sewa Kios untuk Tempat Usaha

Berikut ini akan Asaljeplak berikan 7 Tips Penting Saat Akan Sewa Kios untuk Tempat Usaha supaya kamu tidak salah pilih.
sewa-kios
Spread the love

Dalam menjalankan usaha, kios merupakan salah satu alternatif tempat yang bisa kamu gunakan untuk menjajakan produk atau menawarkan jasa milikmu kepada calon pelanggan.

Tetapi dalam memilih lokasi atau jenis kios yang tepat tentunya tidak bisa sembarangan, karena apabila salah pilih maka yang akan terjadi malahan kios akan sepi pengunjung dan kamu malah merugi.

Karenanya, kamu perlu memikirkan stategi yang tepat sebelum menentukan mana kios yang akan kamu gunakan dan jangan asal pilih kios dengan harga sewa yang “murah” saja.

Pada artikel kali ini, Asaljeplak akan memberikan beberapa tips sewa kios yang bisa kamu coba terapkan guna menghindari diri kamu atau setidaknya meminimalisir kemungkinan merugi pada usaha milikmu.

tips-sewa-kios
7 Tips sewa kios

Tips 1 : Tentukan Lokasi Kios

Hal pertama yang wajib kamu perhatikan adalah lokasi dari kios yang ingin kamu sewa, atau bahkan kamu beli apabila modal yang kamu miliki besar.

Dalam menentukan lokasi kios, beberapa faktor yang perlu diperhatikan dari segi bisnis antara lain adalah:

  1. Prospek pasar / calon pelanggan di area sekitar
  2. Jarak antara kios dengan tempat produksi / workshop (apabila beda lokasi)
  3. Jarak antara kios dengan supplier atau distributor tempat kamu mengambil barang.
  4. Kemudahan akses dari sudut pandang pelanggan/pembeli.

Tips 2: Tentukan Anggaran Sewa Kios

Selanjutnya kamu perlu mempertimbangkan berapa anggaran yang akan kamu alokasikan untuk sewa kios tersebut, dilihat dari berbagai faktor sebagai berikut:

  1. Berapa omzet bulanan atau perkiraan pendapatan usahamu setiap bulan,
  2. Seberapa besar biaya operasional mu sebelum menyewa kios tersebut
  3. Berapa perkiraan anggaran operasional bulanan dari usaha milikmu.
  4. Seberapa besar pengaruh dari menyewa kios tersebut terhadap lama BEP (Break Even Point) dari usaha milikmu.

Tips 3: Beli atau Sewa Kios ?

Apabila kamu baru memulai atau usaha yang sedang kamu jalankan sudah berjalan dengan sangat baik dan kamu memiliki modal yang cukup, kamu bisa memutuskan apakah sebaiknya kamu menyewa atau membeli kios.

Beberapa keuntungan apabila kamu memtuskan untuk membeli kios antara lain adalah:

  1. Kios akan menjadi aset properti milikmu,
  2. Tidak perlu ada pengeluaran untuk sewa kios bulanan atau tahunan,
  3. Kamu akan lebih leluasa dalam hal renovasi serta pengelolaan kios,
  4. Apabila harga properti di lokasi kios yang kamu beli melonjak, kamu bisa menjualnya dengan harga yang menguntungkan.

Tips 4: Legalitas Kios

Tips selanjutnya adalah memastikan bahwa kios yang akan kamu sewa atau beli memiliki legalitas yang baik dan dokumen yang lengkap, terutama dalam hal sertifikat seperti SHM (sertifikat Hak Milik) dan Sertifikat HGB (Hak Guna Bangunan).

Kamu juga harus pastikan bahwa pada lokasi kios tersebut memang memiliki izin untuk mendirikan usaha, karena beberapa lokasi tidak mengizinkan hal tersebut.

Tips 5: Fasilitas Kios

Perhatikan juga kondisi dan fasilitas dari kios, mulai dari kondisi fisik kios yang akan menentukan seberapa besar biaya renovasi yang akan kamu keluarkan, kondisi air dan pipa-pipa, daya listrik, area parkir, dan sebagainya.

Tips 6: Lingkungan Kios

Kamu juga harus memperhatikan faktor-faktor di area lokasi kios, ini terutama menyangkut faktor keamanan lingkungan sekitar, dan juga pastikan tempat yang kamu pilih terhindar dari beragam pungutan liar atau “uang keamanan” yang ilegal.

Tips 7: Lama Sewa Kios

Tips terakhir adalah menentukan berapa lama kamu akan menyewa kios tersebut. Ada beberapa kios yang mengizinkan sewa bulanan, tetapi kebanyakan akan meminta lama sewa minimal 1 tahun hingga 2 tahun, jadi pastikan kamu memilih yang sesuai dengan kondisi keuanganmu.

Nah demikianlah 7 tips sewa kios yang bisa Asaljeplak berikan pada artikel kali ini, yang diharapkan dapat kamu jadikan pedoman sebelum memilih kios yang akan kamu gunakan sebagai tempat usaha.

Apabila kamu lebih tertarik untuk membeli kios, kamu bisa mencari beberapa situs yang menawarkan layanan jual kios dengan beragam spesifikasi dan kelengkapan dari berbagai lokasi di Indonesia.

Semoga artikel tentang 7 tips sewa kios ini bemanfaat, dan jangan lupa untuk membaca artikel Asaljeplak lainnya seperti:

Artikel Lainnya

Loading...

Tinggalkan komentar

Advertisement
hosting indonesia
hosting murah

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 2.279.497 hit