Cara Memperbaiki Buffering pada KODI

0
39
cara memperbaiki buffering pada KODI
Beri Nilai untuk Artikel ini

Bagi kamu yang sering mengalami buffering saat sedang menonton film menggunakan KODI, berikut ini beberapa solusi yang bisa kamu coba.

 

 

Dengan ratusan ribu pengguna di seluruh dunia, tidak ada keraguan bahwa Kodi merupakan software media player yang fantastis. Dan bagi sebagian besar pengguna, KODI bekerja dengan baik tanpa ada kendala.

Namun, tidak ada yang lebih membuat frustrasi dari membeli seperangkat Android TV Box yang sangat bagus dan menginstal Kodi, hanya untuk menemukan bahwa film yang kamu tonton selalu buffering. Ugh!

Apa itu Buffering?

Buffering itu apa ya?

Yang dimaksud dengan buffering di sini adalah ketika terjadinya delay dalam memutar film atau video yang kita tonton melalui jaringan internet. Biasanya ditandai dengan adegan yang tiba-tiba berhenti dibarengi dengan lingkaran (setan wkwkwk) yang berputar-putar terus menerus.

Penyebab Buffering pada KODI

Beberapa hal dapat menyebabkan terjadinya bufferng saat sedang memutar video atau film pada Kodi, antara lain adalah:

  • Adanya gangguan pada server tempat film atau video tersebut disimpan.
  • Kecepatan Internet yang menurun
  • Throttling oleh ISP / Penyedia layanan Internet.
  • Ada masalah pada cache pada sistem Kodi, ini biasanya dikarenakan penyimpanan cache Kodi sudah mencapai batas maksimal.
  • Software yang belum di update (meskipun jarang terjadi karena ini)

Sebentar, throttle itu apa ya? Throttle di sini adalah tindakan yang dilakukan oleh pihak ISP untuk membatasi speed internet milikmu, ini biasanya apabila mereka merasa penggunaan kamu sudah terlalu besar sehingga mengganggu kecepatan pengguna lain (terutama yang satu area denganmu).

Lalu, cache sudah maksimal maksudnya bagaimana? Maksudnya adalah aplikasi Kodi memiliki fitur menyimpan potongan film atau video yang belum terputar ke dalam sistemnya, sehingga kamu bisa menonton tanpa ngelag.

Apabila cache tersebut penuh, (biasanya ditandai dengan peringatan Cache Full: Cache filled before reaching required amount for continuous playback) maka sistem internal Kodi tidak mampu lagi menampung potongan film/video yang akan berakibat terjadinya buffering tersebut.

Bagaimana cara memperbaiki buffering pada KODI ?

Untuk memperbaiki buffering yang kamu alami, tentunya terlebih dahulu kamu perlu mengetahui, penyebab yang manakah yang menjadi sumber masalah pada perangkat KODI milikmu.

Yang bisa kamu lakukan antara lain adalah:

  • Melakukan speed test Internet untuk memastikan apakah kecepatan internet di tempatmu sesuai biasanya atau tidak. Ini untuk memastikaqn apakah terjadi throttling atau tidak.
  • Coba menonton video berbeda dari penyedia video yang berbeda. Ini untuk memastikan apakah penyedia video bermasalah atau tidak.
  • Coba menggunakan perangkat lain untuk menonton melalui KODI. Ini untuk memastikan perangkatmu memiliki masalah atau tidak.
  • Coba lagi memutar video atau film yang sama di lain waktu. Ini bisa antara terjadi throttling oleh ISP, atau penyedia video sedang terlalu banyak diakses sehingga speed mereka menurun.
  • Coba memutar video sembari memasang layanan VPN. Ini juga untuk memastikan apakah terjadi throttling atau tidak.
BACA JUGA :  Cara Mengambil Kembali Akun Twitter yang dibajak

Setelah melakukan beberapa pengujian di atas, cobalah melakukan beberapa hal berikut:

1. Menambah alokasi memori untuk cache pada KODI.

Hal ini bisa dilakukan dengan mengubah konfigurasi pada file advancedsetting.xml yang terletak pada direktori sebagai berikut:

Operating System Lokasi file
Android Android/data/org.xbmc.kodi/files/.kodi/userdata/
Windows /storage/.kodi/userdata/
LibreELEC Start – type %APPDATA%\kodi\userdata – press <Enter>

 

Apabila tidak ditemukan, buat sendiri file tersebut menggunakan notepad dan di save as sebagai .xml dan masukkan kode berikut:

<advancedsettings>
<network>
<buffermode>1</buffermode>
<readfactor>20</readfactor>
<memorysize>139460608</memorysize>
</network>
</advancedsettings>

Untuk readfactor di atas menggunakan nilai 20, dengan asumsi perangkatmu memiliki memori minimal 1GB RAM. Apabila tidak, silahkan diperkecil lagi sedikit di bawah itu. Apabila aplikasi KODI milikmu di bawah versi 17.0, gunakan readbufferfactor dan bukan readfactor.

Untuk memorysize (atau cachemembuffersize untuk KODI di bawah versi 17.0) isilah dengan nilai minimal 3x di atas RAM perangkat mu. Diisi dengan satuan bytes ya bukan megabytes.

Untuk buffermode dengan nilai 1 berarti KODI akan menyimpan semua-mua nya, biarkan saja settingan tersebut.

 

2. Upgrade paket Internet

Apabila ISP milikmu yang bermasalah, kamu bisa mencoba mengganti dengan ISP lain, atau upgrade paket internetmu dari ISP yang sama.

Tetapi kedua nya tetap bukan jaminan, karena kebijakan throttling tersebut bisa saja diterapkan oleh ISP manapun dengan paket apapun, meskipun upgrade paket lebih mungkin menyelesaikan solusi karena kamu dan pengguna lain di area sekitarmu memiliki “jatah” yang lebih banyak.

 

 

Demikianlah beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperbaiki buffering yang terjadi saat memutar film atau video menggunakan software KODI.

Semoga bermanfaat ya.

 

Beri Komentar