Cara Menaikkan Traffic Blog Secara Organik

0
2313
Beri Nilai untuk Artikel ini

Blog kamu sepi pengunjung dan kamu sudah mencoba berbagai metode “cepat” yang ternyata tidak juga membuahkan hasil? Berikut beberapa tips dari Asaljeplak sebagai cara menaikkan traffic blog kamu secara organik.

Bagi kamu para blogger terkadang pasti kebingungan dan kesulitan dalam upaya menaikkan traffic ke blog kamu. Terkadang akhirnya ada beberapa blogger yang mencoba jalan pintas dengan cara “cepat” yang dikenal juga dengan metode Black Hat.

Beberapa mungkin berhasil dengan metode-metode tersebut, tetapi pihak pengelola iklan dalam hal ini umumnya adalah Google dengan program Adsense nya tentunya juga terus mengawasi perkembangan metode-metode tersebut sehingga menyebabkan mereka beberapa kali melakukan update pada Algoritma mesin pencari mereka.

Metode Black Hat biasanya hanya efektif apabila masih sedikit yang tahu dan sehingga tidak menimbulkan kecurigaan dari pihak Google, sementara kalau sudah terlalu banyak yang menggunakan tentunya akan mencurigakan dan tentuinya akan diselidiki oleh tim Google.

Kali ini Asaljeplak ingin sekedar berbagi tips mengenai cara menaikkan traffic blog dengan metode organik alias white hat, yang lebih memakan waktu dan membutuhkan kesabaran, tetapi lebih aman dari update-update algoritma Google.

Cara menaikkan traffic blog secara organik adalah sebagai berikut :

A. Memilih nama domain.

Dalam memilih nama domain hendaknya menggunakan nama yang simpel, mudah diingat, dan mencerminkan isi dari blog kamu.

B. Memilih platform blogging.

Saat ini memilih CMS WordPress merupakan pilihan terbaik dikarenakan beberapa keunggulannya dan spesialisasi dalam menyediakan platform blog yang teruji selama bertahun-tahun.

 

BACA JUGA :  Cara Menaikkan Traffic Blog Secara Organik
Cara Mudah Membuat Website Menggunakan WordPress bagi Pemula”]

 

C. Memilih penyedia dan paket hosting.

Dalam memilih penyedia hosting tentunya kamu perlu membaca review terkait provider tersebut, karena apabila kualitas provider hosting tidak bagus bisa-bisa blog Anda sering offline sehingga mengganggu traffic ke web Anda.

Untuk memilih paket hosting juga perlu diperhatikan, terutama apabila Anda mengincar traffic yang cukup besar maka perlu memperhatikan jatah bandwidth bulanan Anda yang disediakan provider dalam paket hosting nya.

 

BACA JUGA :  Panduan Lengkap Memulai Bisnis Web Hosting Sendiri

 

D. Utamakan fungsi terlebih dahulu sebelum desain.

Apabila kamu baru memulai membuat blog, jangan terlalu lama berkutat dalam hal desain. Pastikan blog kamu simpel, mudah dibaca, dan fungsional terlebih dahulu dengan struktur menu serta kategori yang jelas.

Isi blog kamu dengan konten-konten dan barulah kamu mulai pelan-pelan mempercantik desain blog tersebut.

E. Membuat perencanaan konten.

Sebelum mengisi artikel buatlah perencanaan terlebih dahulu mengenai konten-konten yang akan kamu masukkan ke dalam blog, mulai dari tema artikel hingga ke jadwal penerbitan artikel sehingga blog akan terisi dengan rutin.

 

 

F. Banyaknya huruf dalam suatu artikel.

Artikel untuk konten blog selayaknya tidak boleh terlalu sedikit, tetapi jangan juga terlalu panjang sehingga membosankan pembaca. Jumlah huruf ideal dalam penulisan artikel untuk blog adalah 800 huruf.

G. Frekuensi dan Interval dari penerbitan artikel.

Dalam poin E tadi Asaljeplak menyebutkan mengenai jadwal penerbitan artikel. Interval artikel yang baik itu adalah 3x dalam seminggu dengan kurang lebih diberi jeda 1 hari. (Misalnya Senin, Rabu, Jum’at).

H. Siapkan beberapa artikel terlebih dahulu sebelum Blog kamu “Live”.

Bagi yang baru memulai, hendaknya disiapkan dulu beberapa konten artikel sekitar 4-5 artikel yang siap diluncurkan dan terjadwal sesuai interval yang diinginkan. Salah satu keunggulan menggunakan WordPress adalah adanya fitur penjadwalan untuk artikel sehingga baru akan muncul pada waktu yang diinginkan.

I. Menyediakan fitur Newsletter.

Apabila kamu melihat pada sisi kanan blog Asaljeplak ini ada menu “berlangganan melalui email” dimana ini akan membantu kamu dalam melihat seberapa banyak pengunjung yang tertarik untuk mengikuti blog kamu dan kemungkinan besar menyukai artikel / konten di dalam blog kamu.

Silahkan mencoba masukkan email (bukan email fiktif) kamu ke kolom berlangganan di samping kanan tersebut untuk mencoba fungsi Newsletter tersebut. Setelah memasukkan email dan klik “subscribe” nantinya akan ada email notifikasi ke email kamu tersebut, dan apabila kamu menyetujui maka kamu akan selalu dikirimi artikel terbaru dari blog Asaljeplak.

J. Integrasi dengan Social Media.

Ini merupakan salah satu faktor penting dalam menaikkan traffic ke blog kamu. Saat ini misalnya Asaljeplak setiap post artikel baru maka akan terupdate juga di FB dan Twitter milik Asaljeplak sehingga teman-teman kamu yang aktif di kedua socmed tersebut dapat mengetahui artikel yang baru kamu terbitkan.

K. Moderasi setiap komentar.

Faktor ini sih lebih ke arah preferensi saja.  Tetapi pastinya kamu juga tidak ingin hanya melihat SPAM di kolom komentar pada artikel-artikel kamu, kan?

L. Jangan terlalu banyak install plugin tidak berguna. (Khusus pengguna WordPress)

Terlalu banyak install plugin yang tidak kamu gunakan hanya akan memberatkan kinerja web dan kemungkinan konflik antar plugin juga semakin besar. Web yang lola (loading lama) tentunya bisa mengurungkan niat pengunjung untuk membaca artikel pada blog kamu.

BACA JUGA :  Daftar Plugin WordPress Penting untuk para Blogger

 

 

M. Sabar dan Disiplin.

Oke, mulai klise nih, tapi ini faktor penting. Tujuan kamu menaikkan traffic biasanya untuk meningkatkan pendapatan Adsense ataupun iklan lainnya yang terpasang di blog kamu tersebut. Tanpa dua hal ini besar kemungkinan kamu akan patah semangat di tengah jalan dan berhenti mengembangkan blog kamu yang padahal apabila kamu bersabar beberapa bulan lagi baru akan terasa hasilnya.

Nah, demikian beberapa cara menaikkan traffic blog kamu secara organik ala Asaljeplak. Untuk tips bisnis dan pemasaran bisa mengunjungi teman Asaljeplak di sini.

Selamat mencoba dan tetap semangat ya guys!

Salam Asaljeplak, PLAK!

Beri Komentar