5 Cara Mengamankan Akun Kamu di Internet

0
86
Beri Nilai untuk Artikel ini

Berikut ini akan Asaljeplak berikan 5 cara untuk mengecek dan mengamankan akun kamu yang ada di Internet, supaya terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan seperti pembajakan akun dan lain sebagainya.

Banyak hacker yang setiap hari mencoba mencuri username dan password akun-akun yang tersebar di dalam Internet. Baik itu akun email, sosmed, forum, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari atau setidaknya meminimalisir peluang mereka dalam mencuri data pribadi kita, sebaiknya lakukanlah 5 metode berikut ini :

1. Kunjungi Website Leaked Source untuk Memeriksa Apakah Akun Kamu Pernah Dibajak atau Belum.

5-cara-mengamankan-akun-di-internet-leaked-source

Website ini bisa membantu kamu untuk memeriksa apakah akun email kamu pernah dicuri data nya atau belum.

Selain bisa melihat dari alamat email, website ini juga bisa memeriksa berdasarkan Username, IP Address, Nama, dan nomor telepon.

 

2. Unduh dan Install Extension LastPass Security Challenge pada Browser kamu.

5-cara-mengamankan-akun-di-internet-lastpass

Ekstension multi-guna ini memiliki fungsi yang cukup komplit untuk mengelola serta menyimpan password-password kamu, dan juga mengingatkan apabila dianggap kamu perlu mengubah password tersebut.

Sebelum bisa menggunakan ekstension ini terlebih dahulu kamu harus membuat akun di Lastpass. Tersedia dalam versi Gratis maupun Berbayar (Premium).

 

3. Gunakan 2 Factor Authentication (2FA) untuk Menambah Tingkat Keamanan Akun Kamu.

5-cara-mengamankan-akun-di-internet-2fa

Saat ini sudah banyak website yang menambahkan fitur 2 Factor Authentication untuk meningkatkan keamanan dari para penggunanya.

2FA sendiri merupakan proses otentikasi data menggunakan dua metode untuk semakin mempersulit pembajak untuk membobol akun kamu.

Contohnya misalnya suatu website membutuhkan password, serta kode konfirmasi via SMS untuk bisa kamu akses atau buat akun di website tersebut.

BACA JUGA :  Download GRATIS Telegram Portable 1.06 aplikasi Telegram untuk desktop Windows

Kunjungi website ini untuk mengetahui situs-situs mana saja yang sudah memiliki fitur tersebut.

Dengan begini setidaknya akan memberikan rasa tenang sedikit pada diri kamu sebelum membuat akun di situs tertentu.

4. Scan file yang Akan Kamu Unduh Melalui Extension VirusTotal.

5-cara-mengamankan-akun-di-internet-virustotal

VirusTotal merupakan aplikasi antivirus online yang terpercaya dan banyak digunakan untuk mengecek apakah link atau URL dari suatu file yang akan kamu download mengandung virus atau tidak.

Mengecek URL melalui VirusTotal ini adalah hal yang WAJIB kamu lakukan, terutama bagi kamu yang gemar mendownload file, program, atau apapun itu dari Internet.

Karena kita tidak pernah tahu metode apa yang digunakan para hacker untuk menyisipkan virus adware, malware, dan sebagainya ke dalam file yang ingin kita download.

 

5. Mempelajari Panduan Lengkap Mengenai Keamanan di Dunia Online Melalui Website StaySafeOnline.

5-cara-mengamankan-akun-di-internet-staysafeonline

Menggunakan perangkat yang Asaljeplak berikan di 4 poin sebelumnya memang akan membantu kamu untuk tetap aman di dunia online, tetapi sebaiknya kamu juga perlu mendalami lebih lanjut dari pakarnya.

Website StaySafeOnline bisa membantu kamu mengenali ancaman-ancaman yang ada di dunia maya, serta beberapa cara untuk menanggulanginya sehingga kamu terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

 

Nah demikianlah beberapa panduan dari Asaljeplak untuk membantu kamu menjaga keamanan akun kamu di dunia Internet.

Semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar