Cara Meningkatkan Performa Grafis untuk Chip Intel HD

0
77
Beri Nilai untuk Artikel ini

Bagi kamu pengguna laptop atau notebook dengan chip grafis Intel HD, berikut ini beberapa cara untuk meningkatkan performa sehingga aplikasi ataupun game yang kamu jalankan akan berjalan lebih lancar.

 

Meskipun tidak sebaik kartu grafis eksternal, namun performa chip grafis onboard Intel HD sebenarnya sudah cukup layak untuk memutar film-film kesayangan dengan resolusi tinggi.

Tetapi untuk aplikasi ataupun game yang membutuhkan daya lebih besar terkadang chip ini masih kurang mampu untuk mengangkat performanya saat menjalankan aplikasi atau game tersebut.

Berikut ini beberapa cara untuk ‘mengakali’ supaya performa chip Intel HD bisa bekerja dengan lebih baik lagi.

Update Driver Intel HD

Usahakan untuk selalu melakukan update untuk driver yang ada di notebook kamu, dan dalam hal ini, driver untuk Intel HD.

Kamu bisa menuju ke link berikut ini untuk mengunduh aplikasi yang nantinya akan melakukan cek apakah driver kamu sudah update ataupun belum, atau kamu bisa mencari driver tersebut di website produsen notebook kamu (Acer, HP, Lenovo, dsb) atau menggunakan aplikasi cek update yang sudah mereka sediakan.

Sangat disarankan untuk mencari update terbaru di website produsen notebook milikmu karena ditakutkan pihak produsen sudah memodifikasi driver Intel HD untuk disesuaikan dengan produk mereka.

Driver ACER :
https://www.acer.com/ac/en/ID/content/drivers

Driver LENOVO :
http://support.lenovo.com/id/en

Driver HP:
http://support.hp.com/id-en/drivers

Driver ASUS :
https://www.asus.com/id/support

BACA JUGA :  Cara menyembunyikan baris atau kolom pada Microsoft Excel

Ubah Pengaturan pada Control Panel Intel HD

Cara lainnya adalah dengan mengubah settingan pada control panel untuk Intel HD.

Untuk melakukan cara ini, yang harus kamu lakukan adalah:

  1. klik kanan pada area desktop hingga muncul menu, kemudian pilih “Graphic Properties” yang di sebelahnya ada logo intel. 
  2. Setelah loading nanti akan muncul menu-menu baru. Pilih menu 3D dari pilihan-pilihan yang ada. 
  3. Selanjutnya kamu bisa memilih opsi “Performance” ataupun memilih “Custom Settings” kemudian pilih yang paling minimal untuk semuanya. 
  4. Opsi pada custom setting biasanya akan berbeda-beda antara tipe notebook/laptop, gambar di atas hanya patokan saja. Yang perlu diperhatikan adalah settingan “anisotropic” atau “Anti-aliasing” usahakan berada pada pilihan paling rendah atau apabila memungkinkan bisa kamu “disable”. 
  5. Setelah selesai, silahkan klik “Apply” pada kanan bawah untuk mengaktifkan pilihan. 

Ubah pengaturan pada Game atau Aplikasi

Cara lainnya lagi adalah dengan mengubah settingan langsung pada aplikasi atau game yang kamu mainkan. Pilih semua menjadi disable atau low (atau kadang ultra low) supaya performa nya menjadi meningkat dan mengurangi lag.

 

 

Tentunya cara di atas tidak memberi jaminan game atau aplikasi di atas akan “langsung” lancar jaya tanpa lag, karena semua tergantung dari spek hardware pada notebook milikmu.

Pertimbangkan juga opsi untuk menambah RAM/Memory supaya performa semakin baik.

Semoga bermanfaat ya.

Beri Komentar