Cara Merekam Gameplay dengan mudah di PC kamu

1
2688

Berikut ini sedikit tutorial dari Asaljeplak mengenai cara merekam game di PC bagi kamu yang tertarik menjadi Gameplayer atau let’s-player seperti Youtuber ternama semacam Pewdiepie, Jacksepticeye, dan lain-lain, atau ingin membuat koleksi video sendiri dan atau berbagi dengan teman.

[ad_1]

 

Metode yang ingin Asaljeplak bagikan kali ini adalah menggunakan software gratisan bernama OBS alias Open Broadcaster Software yang bisa kamu download di sini.

Asaljeplak sudah mencoba berbagai macam software seperti FRAPS dan lain sebagainya, tetapi pada akhirnya tetap lebih nyaman menggunakan OBS karena menurut Asaljeplak penggunaannya relatif mudah dan tentunya gratis.

Pada OBS selain merekam layar display game juga dapat merekam sound pada game tersebut dan juga tidak terlalu berat untuk dijalankan serta memiliki settingan yang cukup lengkap.

Berikut ini sedikit tutorial penggunaan OBS sebagai salah satu cara merekam game di pc kamu :

1. Download / unduh OBS di sini.
2. Unduh OBS studio (bukan yang classic) sesuai dengan OS kamu, kemudian Install seperti biasa pada PC atau laptop kamu. (catatan: tutorial ini lebih ditujukan ke pengguna windows karena Asaljeplak belum mencoba versi Linux atau Mac nya)
3. Buka software OBS, usahakan sesuaikan dengan sistem kamu apakah 32bit atau 64bit (sudah termasuk di dalam paket download).
cara merekam game di pc-01
4. Pada saat awal-awal tidak akan muncul apa-apa. Klik pada tombol berbentuk + pada kotak di area kosong bertuliskan “Sources” di atasnya, kemudian pilih Game Capture dan klik OK.

cara merekam game di pc-02cara merekam game di pc-03
5. Selanjutnya akan muncul layar baru, dan kamu diamkan saja dahulu.
6. Buka game yang ingin kamu rekam (dalam contoh ini Asaljeplak akan memainkan game berjudul OESE).
7. Kembali ke OBS, kemudian kamu uncheck pada kotak di sebelah kiri tulisan “Capture any fullscreen application“, kemudian pilih dari dropdown di sebelah kanan tulisan “window” file exe dari game yang baru saja kamu buka tersebut.

cara merekam game di pc-04Catatan : apabila tidak muncul file exe di dalam dropdown tersebut kamu bisa tutup dulu window nya kemudian pada tulisan “Game Capture 1” klik kanan kemudian pilih properties untuk kembali ke windows yang sudah ditutup tersebut kemudian ulangi tahap 7 di atas.

[wp_ad_camp_4]

 

8. Untuk mengetahui mana file yang benar dari game kamu, lihat semua tulisan yang diawali dan diakhir dengan [] pada dropdown tersebut. Dalam contoh asaljeplak ini adalah [oesegame.exe]. Dan kalau benar nanti tampilan game akan muncul. Klik OK.

cara merekam game di pc-05
9. Nanti kamu akan kembali ke layar utama. disini kamu bisa menyesuaikan layar rekam nya dengan men-drag kotak merah di area layar.

cara merekam game di pc-06
10. Secara default, untuk memulai merekam kamu bisa menekan Ctrl+panah atas dan menghentikan rekaman dengan Ctrl+panah bawah pada keyboard kamu, atau klik saja “Start Recording” dan “Stop Recording” pada halaman utama software OBS.

[ad_2]

Kamu bisa cek hasil gameplay yang Asaljeplak rekam menggunakan software OBS ini di sini mulai dari gameplay ke 2 hingga seterusnya:

Demikian tutorial singkat mengenai cara merekam game di PC. Untuk penjelasan mengenai setting kualitas rekaman baik Video maupun Audio akan Asaljeplak coba jelaskan lebih detail di postingan selanjutnya. Jangan lupa berlangganan ke blog Asaljeplak ya untuk menerima update artikel terbaru.

Semoga bermanfaat,

Salam Asaljeplak,

PLAK!

keywords: cara merekam game di PC, cara merekam layar desktop, cara membuat video gameplay

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here