Daftar Plugin WordPress Penting untuk para Blogger

0
77
Beri Nilai untuk Artikel ini

Bagi para pemilik blog yang menggunakan CMS WordPress, terutama bagi yang baru pertama kali mencoba, berikut ini daftar plugin penting yang wajib diinstall di dalam blog milikmu.

 

Artikel ini terutama ditujukan kepada para blogger yang baru mencoba CMS wordpress di hostingan sendiri (bukan wordpress.com) supaya tidak membuang waktu dengan mencoba-coba plugin yang ada.

Untuk mempermudah, Asaljeplak akan membagi daftar plugin ke dalam beberapa kategori yang dirasa mewakili kebutuhan dari suatu blog.

Plugin SEO

Untuk kebutuhan SEO, plugin yang paling Asaljeplak rekomendasikan adalah YOAST SEO dikarenakan penggunaannya mudah dan versi gratisnya sudah cukup lengkap.

plugin-penting-untuk-wordpress-seo-yoast

Fitur-fitur YOAST SEO seperti modifikasi tampilan judul dan deskripsi pada hasil pencarian dari mesin pencari dan juga pada Facebook serta Twitter, analisa keyword, sitemap XML, metadata, dan masih banyak lagi.

plugin-penting-untuk-wordpress-seo-aioseo

Kamu juga bisa mencoba salah satu alternatif populer lainnya yaitu All in One SEO Pack yang versi gratis nya memiliki fitur-fitur yang ada pada YOAST tetapi ada tambahan fitur lainnya meskipun menurut opini Asaljeplak tampilan pengaturan AIOSEO terlalu memusingkan.

Kamu bisa baca selengkapnya Panduan All in One SEO pack untuk mempermudah kamu dalam menggunakan plugin tersebut.

plugin-penting-untuk-wordpress-seo-squirrly

Nah kalau plugin yang satu ini sifatnya Freemium dan pada awal penggunaan kamu bisa mencoba fitur-fitur premium yang ditawarkan oleh plugin tersebut.

Squirrly ini merupakan plugin SEO ternyaman yang pernah Asaljeplak gunakan. Fitur premiumnya sangat-sangat membantu dan penempatan modulnya sangat memudahkan saat menulis artikel.

Fitur-fiturnya andalannya seperti fitur konsultan dimana pada saat kamu mengetik artikel di bagian kanan akan diberikan saran-saran seperti jumlah kata kunci terlalu banyak, atau isi paragraf kurang sekian huruf.

Bahkan plugin ini juga memiliki fitur pencari gambar yang sudah terintegrasi di dalamnya sehingga kita tidak perlu membuka tab baru untuk nyari gambar di mbah gugel saat menulis artikel.

Sayangnya begitu masa percobaan premiumnya selesai ternyata fitur gratisannya terasa sangat kalah apabila dibandingkan dengan YOAST ataupun AIOSEO, karena fiturnya banyak yang dibatasi sehingga terkesan setengah-setengah dan seolah memaksa kita untuk upgrade ke premium.

 

Plugin Analytic

Untuk kebutuhan integrasi dengan Google Analytic, maka opsi yang paling cukup bagi Asaljeplak adalah plugin Google Analytic Dashboard for WP.

plugin-penting-untuk-wordpress-analytic-googledashboard

Dengan plugin ini maka kamu bisa dengan mudah melihat statistik situs kamu melalui dashboard WP tanpa perlu membuka Google Analytic secara terpisah.

 

Plugin Social Media

Untuk kebutuhan social media sendiri ada beberapa plugin andalan yang Asaljeplak rekomendasikan.

Social Media Sharing

Untuk kemudahan membagikan artikel ke social media, plugn yang direkomendasikan adalah :

  1. WP Share buttons dari HUGE-IT
  2. AddtoAny Share Buttons
  3. Social Pug = ini plugin yang Asaljeplak gunakan di sini.

Social Media Automation

Yang Asaljeplak maksudkan dengan Social Media automation adalah plugin-plugin yang dapat share artikel ke social media secara otomatis. Beberapa yang Asaljeplak rekomendasikan adalah :

  1. Fitur Publicize pada Jetpack = meskipun Jetpack adalah plugin multi fungsi, fitur Publicize nya sangat berguna untuk secara otomatis share ke akun-akun social media milikmu setiap kamu mem-publish article baru.
  2. Social Network Auto Poster = memiliki fungsi yang sama dengan publicize tetapi pengaturannya lebih rumit.
  3. Revive Old Post = Plugin ini bisa men-share semua artikel yang sudah pernah di publish ke akun Social Media milikmu. Untuk versi gratisnya hanya bisa untuk 1 akun FB dan 1 akun twitter.
  4. Better Click to Tweet = Plugin ini fungsinya adalah memudahkan kamu dan pengunjung blog men-share penggalan konten ke twitter.
BACA JUGA :  Ruang Penyimpanan Rendah? Ini dia 5 Game Mobile KEREN Di Bawah 50 Megabyte

Social Media Comment & Login

Plugin yang membantu memudahkan pengunjung meninggalkan komentar dan atau login ke dalam blog/website milikmu dengan akun sosmed, antara lain :

  1. Heateor Social Comments
  2. Social Login

 

Plugin untuk kebutuhan Konten

Dalam mencari ide konten tidaklah mudah dan terkadang akan membuat kita terhambat dalam menulis konten baru. Berikut ini beberapa plugin yang dirasa dapat membantu kamu dalam menemukan ide konten.

  1. Playbuzz = plugin resmi dari Playbuzz.com dimana kamu bisa membuat listikel, polling, maupun kuis.
  2. Pressforward = dengan plugin ini kamu bisa menyimpan rss feed dari web-web favorit yang biasa kamu jadikan sumber artikel untuk kemmudian akan selalu ter-update di area admin blog kamu setiap ada konten baru dari mereka.
  3. Content Egg = Nah kalau yang satu ini plugin freemium yang fungsinya mempermudah kamu mencari ide seperti kata kunci terkait, video youtube, ataupun gambir gratisan dari pixabay tanpa harus membuka tab baru.
  4. WP Automatic = plugin berbayar untuk kebutuhan autoblogging.
  5. WordPress Auto Spinner = plugin berbayar untuk spin artikel supaya kamu bisa mudah menduplikasi artikel lain tanpa harus mengetik ulang.

Plugin Cache

Cache berfungsi untuk meminimalisir beban muat saat membuka website terutama saat pertama kali.

Untuk sebuah situs blog cache sangat penting karena apabila web kamu terlalu lama untuk dibuka maka akan besar kemungkinan pengunjung tidak jadi membaca artikel di blog milikmu.

Berikut ini 2 plugin cache gratisan yang paling banyak digunakan oleh pengguna WordPress CMS.

plugin-penting-untuk-wordpress-cache-wp-super-cache

 

plugin-penting-untuk-wordpress-cache-w3-total-cache

 

Plugin Form dan Subscription

Dalam suatu blog, dua fasilitas yang dianjurkan ada adalah form kontak dan fitur berlangganan (subscription) Newsletter.

Subscription berguna supaya membuat pengunjung yang suka dengan blog kita dapat berlangganan artikel yang kita publish.

Sementara Form kontak bisa menjadi alternatif untuk para pengunjung dan juga yang ingin memasang iklan di blog bisa menghubungi kita tanpa kita hanya menampilkan alamat email (risiko terkena SPAM).

Plugin untuk form dan kontak

plugin-penting-untuk-wordpress-form-contact-form-7

Contact Form 7 merupakan plugin form yang paling banyak digunakan dikarenakan plugin ini sangat simpel dan ringan, tetapi apabila kamu mengerti bahasa CSS dan HTML maka plugin ini bisa kamu modifikasi semaksimal mungkin.

Plugin untuk subscription

plugin-penting-untuk-wordpress-subs-mailmunch

Untuk fitur subscription, plugin yang Asaljeplak jagokan adalah plugin dari Mailmunch. Sebelumnya kamu harus membuat akun dulu di Mailmunch dan Mailchimp, tetapi proses tersebut tidak lama.

Mailmunch hanya tinggal dikoneksikan dengan Mailchimp dan blog kamu pun sudah bisa menawarkan fitur subscription.

Kamu bisa cek halaman pluginnya di sini :

  1. Mailmunch
  2. Mailchimp forms by Mailmunch

 

Plugin untuk Ads

plugin-penting-untuk-wordpress-ads-wp-quadsy

Untuk kebutuhan Ads, plugin yang Asaljeplak sarankan adalah WP Quads dikarenakan plugin bisa kita atur untuk menyisipkan iklan secara otomatis.

Entah itu sebelum atau setelah artikel, atau di tengah-tengahnya, WP Quads bisa membantu kamu untuk memasang iklan dengan cepat dan mudah.

 

Plugin Security

plugin-penting-untuk-wordpress-security-wordfence

Untuk menjaga keamanan situs dari serangan SPAM dan lain-lainnya, plugin gratisan yang satu ini sudah super lengkap fitur-fiturnya.

Mulai dari Live traffic, IP blocker, Blok IP berdasarkan negara, Scan virus, whois lookup, dsb membuat plugin ini menjadi andalan utama, ditambah pula GRATIS hehehe.

 

Nah demikianlah daftar plugin-plugin penting yang Asaljeplak sarankan untuk diinstall di dalam blog atau website berbasis WordPress milikmu.

Semoga bermanfaat ya, jangan lupa beri nilai untuk artikelnya dan tinggalkan komentar apabila ada yang ingin ditanyakan.

 

Beri Komentar