Menu Tutup

Cara Membuat CV Online secara GRATIS

Spread the love

Pada artikel kali ini, Asaljeplak akan memberikan panduan mengenai bagaimana cara membuat CV online atau resume online yang bisa kamu gunakan secara gratis.

Membuat CV atau resume merupakan bagain yang tidak bisa kamu anggap remeh pada saat ingin melamar suatu posisi atau jabatan pada suatu perusahaan, baik bagi kamu yang masih menganggur ataupun bagi kamu yang sedang mencari tempat kerja baru.

Tetapi, banyak hal yang perlu dilakukan untuk menyusun suatu CV atau resume yang baik, termasuk diantaranya adalah, menentukan apa saja informasi yang perlu untuk dimasukkan ke dalam CV, bagaimana penggunaan kata-katanya, dan tentunya, bagaimana FORMAT dan DESAIN nya.

Untuk tips menyusun CV yang baik, silahkan kunjungi artikel yang berjudul Panduan Menulis CV/Resume untuk melamar kerja yang dimuat di salah satu web Asaljeplak juga *ehm untuk memahami lebih rinci informasi apa saja yang sebaiknya kamu masukkan ke dalam CV dan apa alasannya.

Di luar hal tersebut, ada faktor lain yang cukup “merepotkan” pada saat kita hendak mengirimkan CV ke perusahaan yang kita inginkan, terutama kalau kita masih menggunakan cara lama (mengirimkan CV/resume fisik ke tiap-tiap perusahaan yang diincar), yaitu faktor BIAYA NGEPRINT.

Karena hal tersebut, di era modern seperti sekarang ini, banyak layanan digital/online yang menawarkan jasa pembuatan CV Online, mulai dari yang gratisan hingga yang berbayar.

Layanan pembuatan CV Online ini sendiri menawarkan beberapa variasi dan fitur yang beragam, seperti:

  1. ada yang fokus dalam hal kemudahan mendesain CV,
  2. ada yang menawarkan kemudahan dalam hal koleksi template yang sangat banyak, dan
  3. ada juga yang menawarkan kemudahan dari segi aksesibilitas, alias kamu akan mendapatkan alamat web/URL khusus sehingga kamu hanya perlu menyertakan link tersebut pada email lamaran pekerjaan yang kamu kirimkan.

Bagi kamu yang tertarik untuk membuat CV Online secara gratis,  pada artikel ini akan Asaljeplak berikan beberapa website atau aplikasi yang menawarkan layanan tersebut.

Website Pembuat CV Online GRATIS

1. Canva

Canva merupakan website dan apps serbaguna yang bisa kamu gunakan untuk mendesain apa saja, mulai dari banner, thumbnail Youtube, postingan Instagram, hingga mendesain CV Online.

Asaljeplak sendiri sering menggunakan layanan Canva (karena mudah dan gratis) untuk membuat thumbnail cover pada website ini sendiri maupun pada Channel Youtube milik Asaljeplak.

CV yang dibuat di Canva akan bisa kamu download dalam format PDF, JPG, atau PNG secara GRATIS sehingga bisa kamu attach pada email-email lamaran pekerjaan milikmu.

2. Gethired

Meskipun fokus utamanya adalah situs lowongan kerja, Gethired.id juga menawarkan layanan pembuatan CV online gratis dengan tema/template yang sangat beragam dan bisa kamu pilih sesukamu.

Yang pertama kamu lakukan adalah tinggal membuat akun, is profil diri kamu. kemudian masuk ke menu Pilih CV lalu pilih template nya, dan kemudian CV kamu akan otomatis terunduh dalam format PDF yang bisa kamu gunakan sebagai attachment pada email lamaran pekerjaanmu.

3. Aplikasi pembuat CV di Android

Kalau yang ini tidak perlu Asaljeplak sebutkan secara spesifik, karena sangat banyak aplikasi yang bisa kamu pilih pada Play Store dengan kata kunci “online cv maker” dan sayangnya Asaljeplak sendiri belum sempat mencoba satu persatu.

4. CVKU.ME

Kalau kamu membaca artikel ini dari atas, tadi sudah Asaljeplak sebutkan bahwa Asaljeplak memiliki website yang berisikan panduan untuk menulis cv yang baik untuk melamar pekerjaan.

Website tersebut beralamat di CVKU.ME yang meskipun masih cukup “kosong” sekarang, tetapi sedang Asaljeplak kembangkan supaya nantinya bisa memberikan tips yang bermanfaat bagi para pencari kerja.

Salah satu fitur yang nantinya diharapkan akan stabil dan berhasil adalah fitur pembuatan CV Online gratis tanpa registrasi yang versi Beta nya bisa kamu coba di situs tersebut. Kedepannya rencananya template akan diperbanyak dan kalau memang traffic nya lumayan akan ditempatkan di web hosting yang lebih cepat diakses.

Aplikasi pembuatan CV Online di CVKU menggunakan WordPress CMS dan plugin yang bernama ACF pro. Di situ kamu tinggal pilih desain CV, isi form, dan nanti hasil CV kamu akan muncul sehingga URL/alamat link nya bisa kamu copas dan dikirimkan via email lamaran kerja.

SIlahkan kalau tertarik untuk mencoba ya, nantinya Asaljeplak juga akan usahakan untuk semakin semangat membuat template-template CV keren lainnya.

Semoga informasi yang ada di artikel ini bermanfaat dan semoga sukses dalam mencari pekerjaan yang kamu inginkan.

Posted in Dunia Kerja

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan