Mengenal Program Kerja di Jerman Melalui Program FSJ

program-kerja-jerman-fsj-studiva

Bagikan artikel ini :

Program persiapan FSJ atau Freiwilliges Soziales Jahr merupakan salah satu program yang tersedia di tempat kursus bernama Studiva.

FSJ adalah program untuk warga negara dari luar Jerman yang ingin bekerja di Jerman dengan persyaratan dan kualifikasi yang cukup mudah. Pekerjaan FSJ berkecimpung di tempat–tempat yang memberikan layanan sosial.

Program ini dibentuk karena kurangnya minat orang-orang Jerman yang mau bekerja di bidang sosial sehingga pemerintah Jerman menarik pemuda-pemudi produktif dari berbagai negara untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Selama menetap di Jerman, pemerintah akan menjamin keperluan umum dari pekerja FSJ seperti finansial, akomodasi dan asuransi agar pekerja bisa hidup layak dan cukup nyaman.

Jika kamu ingin menelusuri program FSJ lebih jauh, mari simak penjelasan singkat dari FSJ di bawah ini.

Pilihan Pekerjaan di FSJ

Pekerja FSJ akan ditempatkan di berbagai fasilitas atau lembaga yang menyediakan pelayanan sosial seperti Altenheim (panti jompo), rumah sakit, Kindergarten (taman kanak-kanak) atau organisasi non-profit.

Sebagai bagian dari pekerjaan volunteer, umumnya deskripsi kerja akan banyak membutuhkan tenaga fisik dan kemampuan bersosialisasi terhadap orang-orang yang berkebutuhan khusus.

Tapi jangan khawatir, karena calon pekerja akan mendapatkan pelatihan dasar pada masa percobaan (2 – 4 minggu kerja) dan dibimbing pekerja senior pada beberapa bulan pertama mereka bekerja.

Kontrak kerja FSJ berjalan selama 6 sampai 18 bulan dengan catatan pekerja harus mematuhi jadwal shift kerja dan lulus pada masa percobaan.

Apa Saja Manfaat dari Mengikuti FSJ?

Walaupun hanya sebagai pekerja sosial, ternyata sampai sekarang program FSJ masih banyak peminatnya. Lalu apa saja manfaat kerja FSJ yang menjadi daya tarik para pekerja pendatang? Berikut 4 kelebihannya.

1. Menerima gaji bulanan dan fasilitas tambahan

Pemerintah Jerman ikut serta mendukung jalannya program FSJ dengan memberikan pemasukan bulanan berupa Taschengeld kepada para pekerja sosialnya.

Besarnya Taschengeld memang tidak terlalu besar, yaitu sekitar €300 – €650. Jumlah tersebut sebenarnya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup seperti membeli konsumsi dan memakai transportasi umum.

Sementara untuk akomodasi, sebagian besar program FSJ akan menyediakan tempat tinggal khusus pekerjanya secara gratis dan dekat dengan tempat kerja.

Selain itu, pekerja FSJ juga mendapat jaminan tambahan lainnya seperti asuransi kesehatan dan asuransi kerja secara gratis dari pemerintah.

2. Bisa melanjutkan ke program lainnya

Setelah menyelesaikan FSJ, kamu juga bisa melanjutkan karir di Jerman dengan mengikuti program-program lainnya seperti kerja magang (Ausbildung) atau bahkan mendaftar kuliah untuk mendapatkan gelar yang lebih tinggi.

Dengan menjalani program FSJ sebelumnya, peluang untuk diterima di program-program selanjutnya akan lebih besar karena kamu sudah memiliki pengalaman dan kualifikasi yang dipercaya banyak perusahaan.

Karena FSJ cukup singkat, cara ini sangat memungkinkan dan sudah banyak dipakai oleh banyak orang untuk bisa menjalani karir lebih lama di Jerman.

Untuk bisa mengikuti program lainnya, kamu tinggal mendaftar ke institusi terkait dan membuat visa baru dengan jenis yang sesuai. Misalnya untuk Ausbildung maka kamu harus membuat visa Ausbildung.

Cara Mendaftarkan Diri ke FSJ

1. Memiliki sertifikat kemahiran Bahasa Jerman

Memiliki kemampuan Bahasa Jerman adalah salah satu syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi pekerja FSJ.

Setiap pelamar harus memiliki sertifikat Bahasa Jerman yang telah diakui pihak kedutaan seperti Goethe Certificate atau TestDaf Certificate. Sertifikat ini akan digunakan dalam proses melamar dan mengajukan Visa.

2. Mengirim lamaran kerja ke Träger

Website Träger adalah salah satu tempat untuk mencari lowongan pekerjaan di bidang FSJ. Beberapa Träger resmi antara lain adalah FSJ AFS, FSJ VIA EV, FSJ IJGD, Freunde Waldorf dan IB Incoming.

Pihak träger akan menjadi perantara antara pelamar dengan Einsatz Estelle (Tempat Kerja) yang mengurus jalannya seleksi, interview kesepakatan Vertrag (kontrak).

Kamu bisa mengecek lowongan yang tersedia di website masing-masing dan mencari pekerjaan yang sesuai dengan syarat dan kualifikasi yang dimiliki.

3. Membuat Visa

Syarat tambahan bagi pelamar dari Indonesia yaitu harus memiliki Visa Kerja FSJ untuk bisa masuk ke wilayah Jerman. Kamu bisa mengurusnya di kedutaan Jerman dan menyiapkan berkas-berkas yang diperlukan.

Waktu pengerjaan visa bervariasi. Ada yang membutuhkan 4 minggu tapi ada juga yang sampai berbulan-bulan. Jadi untuk antisipasi, sebaiknya kamu mulai mengurus visa secepatnya setelah mendapatkan Vertrag.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...