Fitur-fitur Terbaru Mac OS Sierra

0
126
Beri Nilai untuk Artikel ini

MacOS Sierra telah hadir, dan berikut ini beberapa fitur terbaik yang bisa kamu dapatkan dari OS keluaran terbuaru dari Apple yang perlu kamu ketahui.

 

Tahun 2016 ini banyak diwarnai dengan terobosan-terobosan terbaru oleh Apple. Setelah iOS10, kemudian peluncuran iPhone 7 dan 7 Plus, dan yang terbaru adalah peluncuran MacOS Sierra sebagai pengganti seri OS X yang selama ini menjadi OS utama untuk Laptop dan Desktop keluaran Apple.

Fitur-fitur Terbaru Mac OS Sierra yang Perlu Kamu Ketahui

mac os sierra

Berikut ini adalah beberapa fitur terbaru yang ada pada MacOS Sierra mulai dari upgrade Siri, Apple Pay, integrasi Apple Watch, iCloud, dan lain sebagainya. Berikut ini daftar fitur-fitur tersebut :

Menggunakan Siri pada Mac OS Sierra

siri mac os sierra

Siri pada MacOS Sierra memiliki fitur-fitur yang tentunya lebih canggih dibandingkan yang disematkan pada iPhone. Beberapa perintah yang bisa kamu gunakan pada MacOS Sierra antara lain seperti berikut :

  • Show me files edited on July 15
  • Show me text files modified on July 15
  • Show me Notes I created yesterday
  • Show me the reminders on my XX list
  • Show me photos taken between July 13 and July 18

Jadi jangan heran nantinya dengan hadirnya Siri pada Macbook Apple kamu akan melihat pengguna Macbook yang sedang nongkrong di kafe sibuk ngomong sendirian dengan laptopnya 🙂

 

Copy Paste tulisan antara MacOS dengan iOS

'Universal Clipboard' for ...

Fitur Universal Clipboard yang ada pada seluruh OS keluaran Apple akan membuat kamu semakin mudah bekerja antar perangkat iPhone dengan Macbook atau Desktop Mac milikmu.

Misalnya kamu menemukan potongan artikel atau chat pada Macbook, maka kamu akan bisa mengcopy tulisan tersebut untuk kemudian kamu paste pada iOS dan sebaliknya.

Sama seperti fitur iOS 10 terbaru dimana kamu bisa menampilkan apa yang sedang kamu browsing ke layar komputer kamu.

 

Aplikasi Apple Pay pada Safari Browser

apple pay safari

Tambahan lainnya adalah integrasi Apple Pay pada Browser Safari, yang sangat berguna apabila kamu belanja online pada website yang mendukung sistem pembayaran Apple Pay, dan juga terintegrasi dengan iOS dan Apple Watch milikmu.

Unlock Layar MacOS secara hands-free

unlock mac os sierra watch

Ini fitur khusus bagi pengguna Apple Watch yang sudah tertanam Watch OS 3 dimana kamu bisa meng-unlock layar Macbook atau iMac kamu dengan menggunakan perangkat Apple Watch sehingga kamu tidak perlu melakukannya langsung pada Macbook atau iMac milikmu. Keren!

BACA JUGA :  Cara Mengelola Konten pada Beranda News Feed Facebook

 

iCloud sebagai tempat menyimpan file Desktop dan Documents

icloud mac os sierra

Nah ini fitur yang berguna terutama bagi kamu yang sering bepergian (dan tentunya selalu memiliki paket data atau akses wifi) karena kamu bisa memilih opsi untuk menyimpan file desktop dan documents dari Macbook atau iMac kamu ke iCloud.

Sehingga, kamu bisa mengakses file tersebut dari komputer atau laptop manapun yang terhubung dengan koneksi internet. Tinggal sign-in ke akun iCloud dan file-file tersebut bisa kamu akses.

 

Optimasi Penyimpanan pada Hard Disk

Selanjutnya, fitur terbaru yang ada pada MacOS Sierra ini adalah fitur pintar untuk memindahkan file-file yang tidak terpakai atau jarang kamu gunakan ke iCloud atau bahkan menghapusnya sesuai dengan preferensi kamu.

Tidak hanya file dokumen, file-file seperti browser cache, logs, dan apapun yang kamu simpan pada keranjang sampah Macbook atau iMac milikmu.

Fitur ini juga tidak dihitung ke dalam kapasitas iCloud jadi kamu tidak perlu khawatir untuk menupgrade kapasitas iCloud milikmu tersebut.

 

Upgrade kemampuan aplikasi Messages

messages mac os sierra

Sama seperti pada saudaranya, iOS 10, yang mendapatkan banyak upgrade pada fitur Messages, MacOS Sierra pun tidak ketinggalan.

Meskipun tidak sesignifikan iOS 10, aplikasi Messages pada MacOS Sierra akan memiliki fitur-fitur seperti emoji super besar, kembalinya fitur Tapbacks, dan juga rich links yaitu hyperlink url yang akan menampilkan juga gambaran isi konten dari url tersebut.

 

Fitur Memories juga hadir pada MacOS Sierra

mac os sierra memories

Tidak hanya pada iOS 10, aplikasi photo pada MacOS juga akan disertai fitur Memories sama seperti iOS, yaitu fitur untuk secara otomatis membuat slideshow video dari foto-foto lama kamu dalam satu kategori ataupun waktu.

Hadirnya fitur Picture-in-Picture (PIP) pada MacOS Sierra

mac os sierra pip

Dan terakhir, MacOS Sierra juga akan memiliki kemampuan melakukan Picture-in-Picture pada situs-situs video seperti Vimeo maupun Youtube.

Cukup dengan klik kanan 2x pada layar video hingga muncul menu dari MacOS, dan kemudian pilih “enter Picture in Picture” yang akan membuat video tersebut terpisah dari playernya dan bisa kamu geser kemanapun di area desktop kamu.

Yang jadinya kamu bisa browsing sambil tetap menonton video musik kesayangan tanpa harus berganti-ganti tab. Keren banget kan.

 

Beri Komentar