4 Tips Memilih Helm untuk Kenyamanan Berkendara

Pada artikel kali ini, Asaljeplak akan memberikan apa saja tips memilih helm motor yang tepat supaya kamu tetap aman berkendara.
tips-memilih-helm-01
Spread the love

Helm merupakan peranti yang sangat penting dimiliki oleh seorang pengendara sepeda motor. Helm sepeda motor tidak hanya penting bagi pengendara saja tetapi penumpang juga wajib menggunakan helm. Karena sudah ada peraturan hukum oleh UU No.22 Tahun 2009 yang berisi tentang lalu lintas serta angkutan jalan.

Sekarang ini menggunakan helm ketika berkendara sudah menjadi fashion pengendara, jadi tidak hanya merupakan kewajiban serta untuk menghindari terkena sanksi saja.

Karena dengan bentuk, warna, dan gambar pada helm akan menambah kesan unik dan bagus. Yang kamu perlu perhatikan ketika memilih helm jangan hanya dari style saja tetapi ada banyak hal yang perlu diperhatikan.

Nah, kali ini kami akan memberikan tips memilih helm supaya tetap aman dan nyaman ketika berkendara. Yuk langsung simak saja!!

Pilih Helm SNI (Standar Nasional Indonesia)

tips-memilih-helm-02

Untuk menghindari terkena tilang oleh polisi tentunya kamu perlu menggunakan helm saat berkendara. Eits, tapi kamu tidak boleh asal menggunakan helm yang biasa-biasa saja, Karena helm yang sesuai dengan standar peraturan pemerintah Indonesia adalah helm yang telah memiliki label SNI. Kamu bisa menemukan label SNI ini dibagian belakang helm.

Selain berlabel SNI pasti kamu juga sering menjumpai label DOT. Apa itu DOT? DOT adalah kepanjangan dari ( Department Of Transportation ). DOT dan SNI sama-sama aman digunakan, hanya saja jika SNI merupakan Standar Nasional Indonesia sedangkan DOT merupakan label standar luar negeri. Jadi jangan lupa ya guys untuk mengecek label ini sebelum kamu membelinya!

Pilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala

Sumber : suzuki.co.id
Sumber : suzuki.co.id

Selain memperhatikan label pada helm kamu juga perlu memilih helm yang sesuai dengan ukuran kepala supaya nyaman ketika dipakai. Jika ukuran helm yang kamu gunakan kebesaran atau kekecilan pasti akan merasa tidak nyaman dan dapat mengganggu konsentrasi berkendara serta akan membahayakan pengendara motor lain.

Seperti halnya baju, kamu bisa memilih ukuran helm mulai dari S, M, L, serta XL yang dijual dipasaran. Ketika langsung beli di toko alangkah baiknya untuk mencoba langsung helm dan kamu jangan takut karena hal ini, sudah sewajarnya bukan jika pembeli adalah raja.

Pilih sesuai kebutuhan

tips-memilih-helm-04
Sumber : moladin.com

Pada dasarnya helm dibagi menjadi 2 jenis yang sudah beredar di pasaran diantaranya helm berjenis full face dan helm half face. Nah, sebelum kamu membeli helm pastikan dulu jenis yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kamu suka touring ke luar kota menggunakan motor, lebih baik pilih helm full face. Karena helm jenis full face sangat cocok dan memiliki kesan yang keren jika dikombinasikan dengan motor sport maupun motor trail.

Sedangkan jika kamu yang kesehariannya menghabiskan kegiatan mengendarai motor hanya di dalam kota, gunakanlah helm jenis half face. Karena helm jenis ini sangat mudah digunakan untuk kegiatan sehari-hari dan memiliki desain yang simple.

Pilihlah helm yang memiliki strap kuat

tips-memilih-helm-05
Sumber : ardiyantoyugo.com

Kenyaman pada helm tidak hanya pada ukuran saja, tetapi strap pada helm juga berpengaruh dalam kenyamanan dan bahkan keamanan. Pastikan helm yang kamu pilih memiliki strap yang tidak mencekik leher dan juga tidak terlalu longgar. Kebanyakan helm SNI mempunyai strap yang bisa diatur kelonggaran sesuai dengan kenyamanan pengguna.

Tidak hanya strap saja, tetapi pengait strap pada helm sepeda motor yang kamu pilih harus kuat, supaya keamanan dalam berkendara tetap terjaga.

Itulah 4 tips memilih helm yang aman dan nyaman untuk berkendara kamu. Jadi jangan sampai lupa ya 4 tips diatas!!

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar