[INFOGRAFIK] Berikut ini 7 Dampak Kecanduan Kopi Bagi Tubuh Kamu

0
142
Beri Nilai untuk Artikel ini

Minum kopi itu memang nikmat dan nagih, tetapi bahayanya juga besar lho. Berikut ini dampak negatif dari meminum kopi bagi tubuh dan kesehatan kamu.

 

Yang dimaksud pada artikel ini adalah apabila kamu meminum dalam jumlah banyak dan terlalu sering lho ya.

Kopi sendiri apabila diminum secukupnya memiliki efek positif seperti dapat mengurangi risiko Parkinson, Batu Ginjal, dan penyakit hati.

Tetapi masalah akan mulai timbul apabila kamu minum kopi terlalu sering dan banyak, karena akan memiliki dampak negatif bagi tubuh kamu.

Berikut ini akan Asaljeplak berikan 7 efek samping dari meminum kopi terlalu sering bagi tubuh kamu.

7 Efek Negatif Meminum Kopi

1. Hydrocloric Acid

Meminum kopi saat perut kosong akan menstimulasi asam Hydrocloric yang semestinya hanya muncul saat menghancurkan makanan yang masuk ke perut kita.

Saat kita meminum kopi terlalu sering di saat perut kosong maka asam ini akan terus keluar sehingga saat ada makanan yang masuk, terutama dalam jumlah besar, malah akan susah untuk dicerna oleh tubuh kita karena tubuh kesulitan memproduksi Asam Hydrocloric.

Terutama saat makanan yang kita konsumsi mengandung protein tinggi, karena apabila makanan berprotein masuk lebih dalam lagi ke tubuh kita tanpa dihancurkan atau diproses terlebih dahulu oleh asam tersebut, bisa menyebabkan gangguan seperti radang usus besar (Divertikulitis) atau bahkan Kanker Usus.

2. Tukak Lambung, Iritasi, dan Tingkat Keasaman

Banyaknya asam yang ditemukan di dalam komponen-komponen pada biji kopi dapat mengakibatkan iritasi lambung dan lapisan usus kecil.

Dokter pun biasanya menyarankan kepada penderita tukak lambung (peptic ulcer), gastritis, IBS, dan Chron’s Disease untuk tidak lagi mengkonsumsi kopi.

Tetapi memangnya ada korelasinya ya dengan kopi?

Ya mungkin tidak secara langsung. Seperti pada penyakit Tukak Lambung yang disebabkan oleh bakteri H. pylori, lambung yang terkena iritasi atau minimal melemah perlindungannya akibat asam berlebih dari kopi akan mempermudah kerja bakteri tersebut dalam meng-infeksi lambung.

Lalu iritasi pada lapisan usus kecil akibat dari meminum kopi berlebih akan berpotensi mengakibatkan perut tegang, kram, dan terkadang terjadi secara bergantian konstipasi dan diare.

3. Heartburn

Acid reflux alias Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau lebih populer dengan sebutan Heartburn juga sangat mungkin disebabkan oleh konsumsi kopi berlebih.

BACA JUGA :  Playstation 4 Slim vs Xbox One S : Mana yang lebih baik?

Kafein yang terdapat pada kopi mengakibatkan lower sphincter esophagal (saluran yang terletak persis sebelum lambung) yang semestinya menutup rapat menjadi lemah dan lemas sehingga cairan asam pada lambung akan naik kembali ke kerongkongan.

 

4. Kopi sebagai Laxative

Meminum kopi secara berlebih dapat menstimulasi peristalsis, yang biasa dapat membuat kamu pergi ke kamar mandi, sehingga terkadang orang menggunakan kopi sebagai laxative.

Dampak negatifnya, dengan menstimulasi peristalsis akan mengakibatkan peningkatan aktivitas pengosongan lambung yang mengakibatkan makanan yang belum dicerna sempurna oleh lambung akan “dipaksa” di dorong ke usus kecil.

Karena hal tersebut akan sangat sulit bagi tubuh menyerap nutrisi dari makanan yang kita makan, dan juga meningkatkan risiko iritasi lambung.

5. Dampak pada Ginjal dan Penyerapan Mineral

Kopi juga bisa mengakibatkan suilitnya tubuh menyerap zat besi dan juga mempengaruhi kemampuan ginjal dalam mempertahankan mineral penting seperti Zinc, Kalsium, Magnesium, dan lain-lainnya.

6. Acrylamide

Biji kopi yang dimasak dengan temperatur tinggi akan menghasilkan Acrylamide yang juga merupakan salah satu Zat Karsinogen penyebab kanker.

Semakin hitam hasil panggangan kopi tersebut maka akan semakin tinggi Acrylamide yang dihasilkan.

Psst, ngga cuma pada kopi, tetapi pada makanan bertepung atau yang dipanggang melebihi suhu 120 derajat celcius juga dapat menghasilkan zat Acrylamide ini lho.

7. Kopi sebagai Penyebab Stress dan Tensi

Selain mencegah kantuk dan menambah energi, kopi juga memiliki dampak lain, yaitu meningkatkan tensi dan stress pada tubuh dan pikiran.

Kenapa begitu ? Karena dengan meminum kopi tubuh akan lebih menghasilkan hormon stress seperti Cortisol, Epinephrine, dan Norepinephrine.

Hormon-hormon tersebut lah yang mengakibatkan jantung berdebar, naiknya tekanan darah dan tensi.

7-dampak-negatif-kopi-infografik

 

Nah demikian beberapa efek negatif dari kopi untuk kita ketahui bersama.

Asaljeplak sendiri juga salah satu yang menjadi pecandu kopi dan karenanya artikel ini dibuat untuk mengingatkan diri sendiri sekaligus berbagi kepada kamu semua mengenai bahaya yang bisa ditimbulkan oleh kopi.

Semoga bermanfaat ya.

 

Beri Komentar