Ini dia 14 pertanyaan yang harus kamu jawab sebelum memulai usaha sendiri

0
229
Beri Nilai untuk Artikel ini

Kamu sudah merasa capek kerja untuk orang lain dan ingin memulai usaha sendiri ? Jawab dulu 14 pertanyaan berikut untuk memastikan kesiapan kamu.


Memulai usaha sendiri memang tidak mudah, tetapi juga tidak sulit selama kamu sudah memiliki strategi dan persiapan yang cukup.

Berikut ini Asaljeplak akan berikan beberapa pertanyaan yang wajib kamu tanyakan kepada diri kamu sendiri untuk mengetahui seberapa siap kamu dalam memulai usaha sendiri.

1. Usaha atau jasa apa yang akan kamu jual?

2. Berapa macam tipe produk atau jasa yang rencananya akan kamu jual?

3. Apa nama atau merk produk atau jasa kamu?

4. Siapa saja yang menjadi sasaran / market dari produk atau jasa kamu? Coba jabarkan mulai dari Umur, Jenis kelamin, rentang pendapatam bulanan mereka, tingkat pendidikan, pekerjaan, area tempat tinggal, status pernikahan, hobi mereka, hingga selera atau preferensi mereka.

5. Apa kelas dari produk atau jasa kamu ? Apakah produk premium, menengah, atau bahkan murahan (eh jangan salah ini juga termasuk lho)

6. Berapa rentang harga jual dari produk atau jasa kamu?

7. Media promosi apa yang rencananya ingin kamu gunakan untuk menawarkan produk atau jasa kamu?

8. Apakah sudah jelas alur atau proses produksinya? Entah kamu memproduksi sendiri atau mengambil dari distributor, atau kalau untuk jasa apakah kamu menawarkan jasa yang bisa kamu sediakan sendiri atau hanya sebagai makelar?

9. Berapa perkiraan biaya operasional harian, mingguan, bulanan dalam menjalankan usaha kamu?

10. Berapa orang tenaga bantuan yang akan kamu pekerjakan?

11. Siapa saja pihak ketiga (apabila ada) yang akan membantu kamu dalam menjual produk atau jasa?

12. Modal siapa yang akan kamu gunakan? apakah modal sendiri atau pinjaman bank, atau pinjaman keluarga?

13. Siapa yang akan menjadi pesaing/kompetitor kamu?

14. Apa keunggulan produk atau jasa kamu dibandingkan kompetitor kamu?

Nah itu dia 14 pertanyaan dasar yang wajib kamu jawab sebelum memulai usaha sendiri. Memang kamu bisa saja memulai dulu tanpa persiapan dan tidak bisa dibilang salah juga langkah tersebut, tetapi alangkah baiknya apabila kamu bisa mempersiapkan dengan matang sehingga tidak menimbulkan biaya-biaya yang tidak perlu dan membuang-buang waktu kamu yang berharga.

BACA JUGA :  AMD Ryzen 5 1600x vs 1600: Bagusan mana?

Semoga tips ini membantu ya, silahkan beri rate, tinggalkan komentar apabila ada yang ingin ditanyakan atau bantu sebar artikel ini apabila kamu rasa bermanfaat.

Salam Asaljeplak,
PLAK!

Beri Komentar