Kenapa WiFi Lemot? Ini Deretan Penyebabnya

penyebab-wifi-lemot

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Saat ini segala aktivitas dilakukan menggunakan internet. Sehingga banyak masyarakat yang sangat mengandalkan WiFi untuk mendapatkan koneksi atau sinyal yang kencang. Namun memang tidak jarang terkadang sinyal seketika lemot saat digunakan. Sehingga terkadang menimbulkan berbagai pertanyaan, kenapa WiFi bisa lemot lalu bagaimana solusinya?

Sebelum membahas solusi untuk mengatasi WiFi lemot, tentunya anda harus mengetahui penyebab WiFi bisa tiba-tiba lemot. Karena penyebab dan solusi haruslah sesuai. Misalnya penyebab WiFi anda lemot karena diletakkan di ruang tertutup yang terhalang oleh benda lainnya, maka solusinya adalah mengubah posisi. Namun sebenarnya ada berbagai penyebab.

Berbagai penyebab WiFi bisa lemot sehingga akan mengganggu aktivitas anda. Namun disamping banyaknya penyebab tersebut, pasti ada solusinya juga di setiap permasalahan yang ada. Kuncinya memang anda harus mencari tahu terlebih dahulu apa inti dari penyebabnya dan bagaimana ciri-ciri kendalanya. Simak penjelasan berikut alasan WiFi bisa lemot.

Penyebab WiFi Lemot

Sebelum anda mencoba untuk mengecek WiFi atau routers, pastikan anda mengecek status pembayaran WiFi anda terlebih dahulu. Apakah telah berlangganan atau belum. Kemudian anda juga bisa memastikan bahwa anda sudah mengaktifkan WiFi. Jika kedua hal tersebut sudah dicek dan masih belum bisa, anda bisa mengeceknya lebih lanjut.

Perangkat Elektronik yang Menghalangi

Routers atau WiFi harus terletak jauh dari benda elektronik seperti radio, TV, ataupun telepon. Karena hal tersebut akan mengganggu kerja sinyal WiFi sehingga terhalang dan mengalami perlambatan. Solusinya adalah dengan memposisikan ulang letak WiFi atau routers anda. Anda bisa meletakkannya di area yang lumayan jauh dari benda-benda elektronik. Anda juga bisa menggunakan penguat sinyal WiFi untuk memperluas sebaran sinyal di rumah Anda.

Jangkauan Router Terlalu Jauh

Jangkauan router yang terlalu jauh juga bisa menjadi penyebab WiFi anda lemot. Mungkin saja sinyal atau koneksinya tidak bisa menjangkau lokasi yang terlalu jauh dari letak WiFi. Anda bisa mengatur dengan jangkauan yang tidak terlalu jauh. Atau anda bisa memasang extend pada WiFi anda agar bisa menjangkau area yang cukup luas.

Benda yang Menghalangi Sinyal

WiFi lemot bisa terjadi karena terhalang oleh benda. Bisa saja karena benda itu terlalu tinggi sehingga menghalangi sinyal WiFi. Misalnya terdapat tembok tinggi di antara rumah anda. Sehingga sinyal tidak bisa menembus dan terjadilah perlambatan koneksi, maka dengan begitu, anda bisa mengganti kualitas WiFi yang lebih bagus agar tidak terjadi lemot.

Bandwidth Terlalu Berat

Penyebab WiFi lemot selanjutnya adalah bandwidth atau pemakaian yang terlalu berat. Sehingga sinyal tidak kuat untuk menampung aktivitas tersebut. Misalnya anda melakukan streaming terus menerus atau mengunduh file yang berukuran besar. Dengan begitu, anda bisa mengupgrade kualitas WiFi yang lebih canggih agar tidak ada kendala keberatan aktivitas.

Gangguan dari Pihak Provider

Jika anda telah melakukan hal benar seperti meletakan posisi WiFi atau routers dengan benar. Penyebab WiFi lemot yang sangat mungkin terjadi adalah karena gangguan dari pihak provider. Misalnya sedang ada perbaikan kabel atau hal lainnya sehingga terpaksa harus menonaktifkan jaringan. Namun pihak provider pastinya akan memberi peringatan terlebih dahulu sebelumnya.

Banyaknya Pengguna yang Terhubung dengan Satu WiFi

Banyaknya aktivitas atau pengguna dalam satu perangkat juga bisa menyebabkan koneksi lemot. Hal ini terjadi karena kapasitas WiFi tidak menyanggupi penggunaan dengan jumlah yang besar. Anda bisa menambahkan kapasitas WiFi jika penggunanya banyak. Walaupun tentu harganya akan berbeda, namun dijamin anda tidak akan merasakan WiFi lemot.

WiFi Tidak Mendukung Beberapa Jenis Smartphone

Adapun permasalahan perangkat WiFi tidak support atau mendukung jenis smartphone. Bisa karena smartphone yang terlalu canggih dan WiFi yang belum terupgrade. Dengan begitu, anda bisa mengupgrade WiFi anda menjadi versi yang paling baru. Agar semua perangkat bisa dengan leluasa menggunakan WiFi tanpa adanya kendala lemo sedikitpun.

Itulah berbagai penyebab WiFi bisa lemot secara tiba-tiba. Anda bisa melakukan solusi sesuai dengan keluhan yang anda alami. Anda bisa melakukan crosscheck atau pengecekan dari data di atas untuk mengeliminasi penyebab yang mungkin terjadi. Dengan begitu, anda akan segera menemukan penyebab utama sehingga anda mengetahui solusi yang tepat.

Anda bisa mengecek terlebih dahulu sebelum anda membeli WiFi, terkait biaya langganan, kapasitas, serta kualitasnya. Karena pada dasarnya kapasitas WiFi bisa disesuaikan dengan jumlah pemakainya. Serta biayanya yang bisa berbeda-beda tergantung provider, lokasi, serta kualitasnya. Karena hal-hal tersebut sangat perlu diperhatikan agar tidak terjadi lemot.

Jika ingin berlangganan, pastikan kapasitasnya. Jika Untuk pemakaian di rumah dengan jumlah anggota keluarga 5 atau 6, anda bisa menyesuaikan dengan paket langganan anda agar tidak terjadi limit penggunaan. Namun jika anda ingin memasang untuk kantor yang notabene banyak pengguna, anda bisa menyesuaikannya. Dan harganya pun akan berbeda sesuai kapasitas.

Lokasi juga harus diperhatikan. Jika anda berlokasi di tempat A, maka biasanya provider X cocok namun provider Y lemot. Anda bisa mempertimbangkan hal tersebut sebelum membeli dan berlangganan. Maka dari itu, sebaiknya anda melakukan riset terlebih dahulu provider mana yang cocok untuk lokasi anda agar tidak terjadi lemot nantinya.

Demikian penyebab serta solusi dan tips yang dapat anda terapkan untuk mengatasi WiFi lemot. Sebagian besar solusi memang bisa dilakukan sendiri di rumah. Namun jika anda membutuhkan bantuan teknisi juga tidak ada salahnya. Sehingga anda bisa melakukan aktivitas di internet kembali tanpa adanya gangguan lemot.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB