Public Cloud? Definisi dan Fungsi

Apa itu Public Cloud dalam Cloud Computing? Berikut ini akan Asaljeplak berikan penjelasan selengkapnya.
apa-itu-public-cloud

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Pasti kita sudah sangat menyadari bahwa saat ini kita sedang berada di zaman yang semakin berkembang. Perkembangannya sendiri sudah lebih mengarah kea rah digitalisasi dimana kehadiran cloud computing sudah semakin dibutuhkan. Cloud computing menjadi suatu hal yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan baik personal, organisasi dan perusahaan. Mengapa cloud begitu penting? Ya, hal ini dikarenakan cloud mampu menyimpan data dengan kapasitas yang sangat besar hingga hampir tak terbatas. Hal inilah yang mendasari bahwa cloud memiliki peranan yang sangat penting utamanya di bidang bisnis.

Apakah anda seorang pembisnis? Maka pasti sudah tidak asing lagi bukan dengan yang namanya cloud computing? Cloud computing memang menjadi layanan yang sangat menguntungkan serta dapat dinikmati oleh siapa saja. Hal ini tentunya berkaitan dengan sifatnya yang sangat tersedia untuk public. Layanan public cloud mereka fungsikan demi membantu pemenuhan kebutuhan pelanggan. Lalu, apakah anda pernah mendengar istilah public cloud? Berikut tim Indonesian Cloud akan berbagi informasi menarik seputar public cloud. Yuk, simak ulasan berikut!

Pengertian Public Cloud

Salah satu jenis komputasi awan ialah public cloud. Public cloud sendiri merupakan sebuah layanan cloud yang biasanya disediakan oleh pihak-pihak tertentu. Jaringan infrastrukturnya pun sudah tersebar hampir di seluruh tempat didunia sehingga bisa dikatakan bahwa layanan ini bisa diakses dan digunakan oleh siapa saja dan dimana saja.

Karakteristik Public Cloud

Public cloud memang menjadi layanan yang sangat memudahkan anda dalam melakukan penyimpanan data. Sekarang, anda tidak perlu menggunakan hardware dimana ia memiliki kapasitas yang sangat terbatas. Untuk perusahaan misalnya, dalam melakukan berbagai perkembangan bisnisnya sebuah perusahaan pasti memiliki penambahan data di setiap waktu. Maka dari itu, public cloud bisa menjadi solusi yang sangat tepat untuk menampung data sebanyak itu tanpa perlu takut keterbatasan ruang.

BACA JUGA  Cara Membuat Postingan Blog Menggunakan Microsoft Word

Pada layanan cloud, biasanya terdapat penyedia yang disebut sebagai pihak ketiga. Dengan ini, anda sudah tidak perlu lagi pusing melakukan berbagai perawatan infrastruktur. Public cloud tidak memerlukan instalasi infrastruktur ataupun perawatan khusus. Sehingga anda bisa dengan mudah melakukan kegiatan bisnis anda tanpa memusingkan ketersediaan waktu serta keefektifan.

Penggunaan Budget

Jika dilihat dari sisi penggunaan budgetnya, dengan menggunakan layanan public cloud anda sudah bisa melakukan penghematan anggaran serta pengeluaran perusahaan. Hal ini dikarenakan layanan public cloud tidak memerlukan infrastruktur. Anda tidak perlu melakukan berbagai penyediaan tempat sehingga bisa dikatakan public cloud merupakan solusi yang tepat. Terutama untuk anda yang menginginkan adanya layanan cloud namun anda tidak memiliki cukup lahan untuk kebutuhan infrastrukturnya.

Jadikan Perhatian

Di setiap hal, kita harus memahami resiko dan akibatnya. Layanan public cloud juga memiliki beberapa hal yang harus diperhatikan. Public cloud merupakan layanan yang dapat dengan mudah dipakai oleh siapa saja sehingga anda harus sangat memahami resikonya. Meski banyak sekali penyedia layanan ini, anda harus memahami betul-betul karena ternyata tidak semua penyedia layanan ini dapat memberikan jaminan terhadap data-data yang disimpan disana. Sehingga, apabila perusahaan anda merupakan perusahaan yang memiliki prioritas berupa keamanan privasi pelanggan maka ada baiknya jika anda memikirkan kembali dengan lebih matang. Namun, apabila perusahaan anda ternyata bukanlah perusahaan yang bergerak di bidang layanan ataupun privasi data yang menjadi prioritas, maka dengan menggunakan public cloud sudah menjadi solusi yang sangat baik untuk penyimpanan data.

Selain itu, seperti yang telah disebutkan diatas bahwa untuk bisa mengakses public cloud maka anda harus memiliki jaringan internet yang sangat stabil. Hal ini dikarenakan dalam pengaksesan public cloud sangat dipengaruhi oleh adanya kondisi jaringan internet yang stabil. Jaringan internet yang stabil dan lancar akan memudahkan anda untuk melakukan akses ke public cloud. Dengan ini anda bisa melakukan pengunggahan ataupun pengunduhan sewaktu-waktu dengan sangat lancar. Masalah yang timbul biasanya hanya dikarenakan jaringan atau koneksi yang tidak stabil untuk mengakses data. Bagi anda yang baru pertama kali ingin menggunakan layanan ini, ada baiknya anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada para penyedia layanan ini. Anda bisa mempelajarai tentang cara kerja layanan serta benefit apa saja yak akan anda dapatkan jika anda menggunakan layanan ini.

BACA JUGA  Kenali Produk Perawatan Bayi yang Mungkin Menyebabkan Kulit Iritasi

Selain Public Cloud

Sebenarnya, layanan komputasi awan tidak hanya terdiri dari public cloud. Komputasi awan memiliki 3 jenis layanan cloud yaitu public cloud yang sebelumnya sudah kita bahas, private cloud dan juga hybrid cloud. Berikut ini akan kami sajikan rangkuman perbedaan dari ketiga jenis cloud yang dapat anda pelajari dan pahami sebelum memilih layanannya.

Public Cloud:

Seperti yang sudah dijelaskan secara rinci di atas bahwa public cloud ialah layanan cloud yang pengaksesannya dapat dilakukan oleh public secara luas. Adapun virtualisasi yang digunakan biasanya memiliki tujuan untuk membangun layanan cloud yang ditawarkan pada public.

Private Cloud:

Selanjutnya, ada private cloud yang memiliki definisi sebagai layanan cloud yang hanya bisa digunakan oleh satu organisasi atau satu perusahaan saja. Layanan ini tidak diakses ke public. Jenis cloud yang satu ini memang berada di dalam organisasi dan keberadaannya harus ada di belakang firewall. Dalam kata lain, hanya organisasi yang memiliki akseslah yang bisa mengelolanya.

Hybrid Cloud:

Yang terakhir ada hybrid cloud. Hybrid cloud merupakan layanan cloud yang pendistibusiannya dilakukan di antara public cloud serta private cloud. Maksudnya ialah, di layanan ini aplikasi-aplikasi yang sensitive akan disimpan di private cloud sedangkan untung layanan lainnya yang memang dapat di hosting di luar jaringan organisasi akan disimpan menggunakan public cloud. Hal ini berarti penggunanya dapat menggunakan dua layanan sekaligus untuk operasi sehari-hari yaitu dengan public cloud ataupun private cloud.

Itulah berbagai istilah tentang cloud yang perlu anda ketahui sebelum memilih jenis cloud mana yang akan anda gunakan. Bagi anda yang membutuhkan layanan cloud anda bisa menggunakan Indonesian Cloud sebagai pilihan anda karena Indonesian Cloud menawarkan berbagai macam solusi yang dapat anda andalkan.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB