Belajar Bahasa Inggris : Past Perfect Continuous Tense

Berikut akan Asaljeplak jelaskan mengenai past perfect continuous tense bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, terutama yang sedang mendalami soal grammar.
belajar-past-perfect-continuous-tense

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut akan Asaljeplak jelaskan mengenai past perfect continuous tense bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, terutama yang sedang mendalami soal grammar.

Saat kita mempelajari bahasa Inggris, terutama saat mendalami soal grammar, kita akan menemukan apa yang sering disebut dengan “tenses”, yang terdiri dari banyak ragam dan macam, yang tentunya akan semakin membingungkan terutama bagi yang baru mulai belajar bahasa Inggris.

Pada pembahasan kali ini, Asaljeplak akan menjelaskan mengenai past perfect continuous tense, mulai dari definisi, pengertian, rumus, penggunaan, dan juga beberapa contoh kalimat sehingga diharapkan kamu akan semakin memahami mengenai bentuk tense tersebut.

Sebelum kita mulai, ada baiknya kita memahami dulu tentang apa itu tenses secara definisi, yang bisa dijadikan sebagai landasan berpikir sebelum mulai melangkah untuk mempelajarinya.

Apa itu Tenses?

Tenses adalah sekumpulan norma, aturan, dan bentuk yang diterapkan pada kata kerja (verb, verba) untuk mengindikasikan waktu, dan terkadang juga mengindikasikan keberlanjutan serta kelengkapan, dari suatu aksi atau kegiatan, dalam kaitannya dengan waktu pengucapan.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa tenses adalah kalimat yang mengandung kata kerja, dan berfungsi untuk mengindikasikan waktu, keberlanjutan, dan kelengkapan dari suatu aksi/kegiatan/tindakan pada saat kalimat tersebut diucapkan.

Prinsip Dasar Tenses

Pada dasarnya, saat kita mengucapkan kalimat yang berkaitan dengan waktu itu hanya akan terbagi menjadi tiga, yaitu:

  • Masa lalu atau masa lampau (past)
  • Masa kini, saat ini, atau sekarang (present)
  • Masa depan atau masa yang akan datang (future)

Tetapi kadang ada juga kalimat tertentu yang mencampur waktu tersebut ke dalam satu kalimat, yang dalam hal tenses akan disebut sebagai:

  • Kondisional (conditional) atau yang dikenal juga dengan istilah past future

Masing-masing pembagian waktu (termasuk yang kondisional) tersebut akan memiliki 4 (empat) bentuk utama, yaitu:

  • Bentuk sederhana (simple)
  • Bentuk berkelanjutan (continuous atau progressive)
  • Bentuk sempurna (perfect)
  • Bentuk sempurna yang berkelanjutan (perfect continuous)

Apa itu Past Perfect Continuous Tense?

Past perfect continuous tense adalah ungkapan atau tulisan yang digunakan untuk menyampaikan suatu kejadian atau kegiatan yang terjadi di masa lampau, sama seperti simple past tense, past continuous tense dan past perfect tense, dan umumnya ada kegiatan yang diinterupsi oleh kegiatan lainnya, namun lebih menekankan kepada durasi kegiatan yang dilakukan sebelum terjadinya interupsi tersebut.

Rumus Past Perfect Continuous Tense

Berikut ini adalah rumus past perfect continuous tense yang penting untuk kamu ketahui, terutama saat menggunakan bentuk kalimat positif, negatif, dan kalimat tanya (interrogative).

  • Untuk kalimat positif, rumus past perfect continuous tense adalah:
    • Subject + had (auxiliary) + been + Verb-ing (+ Object + Adverb (Keterangan))
    • Contoh: I had been working here for ten years before I decided to quit ((Saat itu) Saya telah bekerja di sini selama 10 tahun sebelum akhirnya saya memutuskan untuk berhenti (dari tempat kerja))
  • Untuk kalimat negatif, rumus past perfect continuous tense adalah:
    • Subject + had (auxiliary) + not + been + Verb-ing (+ Object + Adverb (Keterangan))
    • Contoh: I had not been reading novels since 2008 until my friend recommended me this book ((Saat itu) Saya sama sekali tidak pernah membaca novel sejak tahun 2008 sampai akhirnya teman saya (di waktu itu) merekomendasikan buku ini kepada saya)
  • Untuk kalimat tanya (interrogative), rumus past perfect continuous tense adalah:
    • Had + Subject + been + Verb-ing (+ Object + Adverb (Keterangan))
    • Contoh: Had he been working here for a very long time before he decided to quit? (Apakah (saat itu) dia telah bekerja di sini untuk waktu yang lama sebelum akhirnya ia memutuskan untuk berhenti (dari tempat kerja)?)
  • Untuk kalimat tidak langsung (reported speech), past perfect continuous juga bisa digunakan, misalnya:
    • Contoh: (He/She) said that (he/she) had been walking along the street. (Dia mengatakan bahwa dirinya telah berjalan di sepanjang jalan (itu))
    • Kalimat di atas merupakan bentuk tidak langsung dari kalimat langsung: I was walking along the street ((Saat itu) saya sedang berjalan di sepanjang jalan (itu))

Penggunaan Past Perfect Continuous Tense

Seperti sudah dijelaskan, semua hal yang menggunakan bentuk lampau (Past tenses) itu terjadi di masa lampau, dan tidak ada yang berlanjut hingga saat ini. Begitu pula dengan Past Perfect Continuous Tense, yang mana umumnya akan ada kegiatan yang menginterupsi kegiatan lainnya dan semuanya terjadi di masa lampau.

Tapi apa bedanya dengan Past Continuous Tense atau dengan Past Perfect Tense?

Perbedaan Past Perfect Continuous Tense dengan Past Continuous Tense dan Past Perfect Tense

Beberapa perbedaan dan persamaan mendasar yang wajib diperhatikan pada saat menentukan apakah suatu kalimat menggunakan bentuk Past Continuous, Past Perfect, atau Past Perfect Continuous adalah:

  1. Baik past perfect tense, past continuous tense maupun past perfect continuous tense dapat digunakan untuk membicarakan tindakan atau situasi yang sedang berlangsung pada titik waktu tertentu di masa lalu.
  2. Past perfect tense lebih menekankan kepada aksi atau situasi yang telah selesai dilakukan sebelum aksi atau situasi lainnya di masa lampau,
  3. Past continuous tense lebih menekankan kepada kejadian, aksi, atau situasi, yang menginterupsi aksi atau situasi lainnya di masa lampau,
  4. Past perfect continuous tense lebih menekankan kepada durasi atau berapa lama suatu aksi, tindakan, atau situasi terjadi, sebelum terjadi aksi atau situasi lain.
  5. Past perfect continous tense juga umum digunakan sebagai kalimat tidak langsung (reported speech).

Contoh Kalimat Past Perfect Continuous Tense Lainnya

  • Joko had been sitting in the garden for 2 hours when his friends went to the cinema. ((Saat itu) Joko telah duduk di taman selama 2 jam ketika teman-temannya pergi ke bioskop)
  • We had been looking for the wallet for 2 hours when Mawar found it. ((Saat itu) kami telah mencari dompet itu selama 2 jam ketika akhirnya Mawar menemukannya)
  • She had been writting reports since morning when the boss came the office. ((Saat itu) Dia telah menulis laporan sejak pagi ketika akhirnya boss nya datang ke kantor)
  • They had been celebrating their wedding anniversary for hours when Joko arrived. ((Saat itu) Mereka telah merayakan ulang tahun pernikahan selama berjam-jam ketika akhirnya Joko tiba)
  • My wife had been cooking the meal since 4 o’clock when my father called us. ((Saat itu) Istriku telah memasak makanan sejak jam 4 ketika ayahku menelpon kamu)
BACA JUGA  Contoh Descriptive Text tentang Buah Durian dan artinya

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...