Contoh Descriptive Text tentang Buah Mangga dan artinya

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai Buah Mangga beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.
descriptive-text-mangga-asaljeplak

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai Buah Mangga beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Saat kamu menulis tentang descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Buah Mangga

A mango is a stone fruit produced from numerous species of tropical trees belonging to the flowering plant genus Mangifera, cultivated mostly for their edible fruit. Most of these species are found in nature as wild mangoes.

The ripe fruit varies according to cultivar in size, shape, color, sweetness, and eating quality. Depending on cultivar, fruits are variously yellow, orange, red, or green. The fruit has a single flat, oblong pit that can be fibrous or hairy on the surface, and does not separate easily from the pulp.

BACA JUGA  Contoh Descriptive Text tentang Hewan Burung Beo (Parrot) dan artinya

The fruits may be somewhat round, oval, or kidney-shaped, ranging from 5–25 centimetres in length and from 140 grams to 2 kilograms in weight per individual fruit.

The skin is leather-like, waxy, smooth, and fragrant, with color ranging from green to yellow, yellow-orange, yellow-red, or blushed with various shades of red, purple, pink or yellow when fully ripe.

Ripe intact mangoes give off a distinctive resinous, sweet smell. Inside the pit 1–2 mm thick is a thin lining covering a single seed, 4–7 cm  long. Mangoes have recalcitrant seeds which do not survive freezing and drying. Mango trees grow readily from seeds, with germination success highest when seeds are obtained from mature fruits.

Artinya

Mangga adalah buah batu yang dihasilkan dari berbagai jenis pohon tropis yang termasuk dalam genus tumbuhan berbunga Mangifera, yang sebagian besar dibudidayakan untuk buahnya yang dapat dimakan. Sebagian besar spesies ini ditemukan di alam sebagai mangga liar.

Buah yang matang bervariasi menurut kultivar dalam ukuran, bentuk, warna, rasa manis, dan kualitas makan. Bergantung pada kultivar, buahnya berwarna kuning, oranye, merah, atau hijau. Buahnya memiliki satu lubang pipih dan lonjong yang dapat berserat atau berbulu di permukaannya, dan tidak mudah lepas dari daging buahnya.

Buahnya mungkin agak bulat, lonjong, atau berbentuk ginjal, panjangnya berkisar antara 5-25 sentimeter dan berat dari 140 gram hingga 2 kilogram per buah.

Kulitnya seperti kulit, seperti lilin, halus, dan harum, dengan warna mulai dari hijau hingga kuning, kuning-jingga, kuning-merah, atau merona dengan berbagai corak merah, ungu, merah jambu, atau kuning jika sudah matang.

Mangga utuh yang matang mengeluarkan bau damar yang khas dan manis. Di dalam lubang setebal 1–2 mm terdapat lapisan tipis yang menutupi satu biji dengan panjang 4–7 cm. Mangga memiliki biji bandel yang tidak tahan beku dan kering. Pohon mangga mudah tumbuh dari biji, dengan keberhasilan perkecambahan paling tinggi bila biji diperoleh dari buah yang matang.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB