Contoh Descriptive Text tentang Hewan Gajah dan artinya

Berikut ini akan Asaljeplak berikan contoh descriptive text mengenai hewan Gajah beserta panduan menulisnya agar lebih mudah dalam mempraktekkannya.

Dalam menulis descriptive text, tujuan utamanya adalah memberikan gambaran kepada para pembaca mengenai apa yang sedang kamu deskripsikan.

Panduan Umum Menulis Descriptive Text

Berikut ini beberapa poin-poin penting yang bisa kamu coba pada saat menulis descriptive text:

  • Apa objek yang ingin dideskripisikan?
  • Siapa target pembaca yang kamu sasar?
  • Bisakah kamu memberikan perbandingan dengan objek yang sudah dikenal pembaca?
  • Apa saja pemilihan kata sifat dan kata keterangan yang akan digunakan?
  • Apa saja ciri-ciri khas yang bisa dirasa oleh panca indera terkait objek? Misalnya:
    • Seperti apa rasanya (lidah dan kulit)?
    • Seperti apa bentuknya?
    • Seperti apa baunya?
    • Seperti apa suaranya?
  • Baca ulang atau minta tolong kepada orang sekitarmu untuk membaca, apakah mereka bisa dengan cukup membayangkan dengan jelas objek yang kamu deskripsikan atau belum, usahakan yang kamu mintai tolong dalam kategori yang sama dengan target pembaca.

Contoh Descriptive Text tentang Gajah

Elephants are the largest living land mammals. The largest elephant recorded weighed around 13.5 tons and stood around 4 meters tall. Their skin color is grey, and their body hair is sparse and coarse.

At birth, an elephant calf may weigh as much as 100 kg. The baby elephant develops for 20 to 22 months inside its mother. No other land animal takes this long to develop before being born.

All elephants have trunk. Trunk is a very long nose, made from the upper lip. An elephant uses its trunk to grab objects such as food. Though the rest of an elephant’s hide is strong and thick, its trunk is very soft and sensitive.

The trunk is also used when it trumpets. The elephant usually stands still, raises its trunk, and blows. This is a signal to other elephants and wildlife.

Elephant tusks are enlarged incisor teeth made of ivory. In the African elephant both the male and the female possess tusks, whereas in the Asian elephant it is mainly the male that has tusks.

When present in the female, tusks are small, thin, and often of a uniform thickness. Tusk size and shape are inherited. Tusks are used for defense, offense, digging, lifting objects, gathering food, and stripping bark to eat from trees. They also protect the sensitive trunk, which is tucked between them when the elephant charges.

Artinya:

Gajah adalah mamalia darat terbesar yang ada saat ini. Gajah terbesar tercatat memiliki berat sekitar 13,5 ton dan tingginya sekitar 4 meter. Warna kulit mereka abu-abu, dan rambut / bulu tubuh mereka jarang dan kasar.

Saat lahir, seekor anak gajah dapat mencapai berat 100 kg. Bayi gajah berkembang selama 20 hingga 22 bulan di dalam induknya. Tidak ada hewan darat lain yang membutuhkan waktu selama ini untuk berkembang sebelum dilahirkan.

Semua gajah memiliki belalai. Belalai merupakan hidung yang sangat panjang, terbuat dari bibir bagian atas. Seekor gajah menggunakan belalainya untuk mengambil benda-benda seperti makanan. Meskipun kulit gajah kuat dan tebal, belalainya sangat lembut dan sensitif.

Belalainya juga digunakan saat mengeluarkan suara seperti trompet. Gajah biasanya berdiri diam, mengangkat belalainya, dan meniupkannya. Itu merupakan tanda bagi para gajah dan satwa liar lain yang ada di sekitarnya.

Gading gajah adalah gigi seri yang besar dan terbuat dari bahan gading (ivory). Pada gajah Afrika, baik gajah jantan maupun betina sama-sama memiliki gading, sedangkan pada gajah Asia hanya jantan yang memiliki gading.

Gajah betina memiliki gading yang kecil, tipis, dan seringnya memiliki ketebalan yang seragam. Ukuran dan bentuk gading diwariskan secara genetis. Gading digunakan sebagai alat pertahanan, menyerang hewan lain, menggali, mengangkat benda, mengumpulkan makanan, dan melucuti kulit pohon untuk dimakan. Kedua gading gajah juga berfungsi untuk melindungi belalai yang sensitif, yang akan diselipkan di antara kedua gading pada saat gajah menyerang atau bertahan dari lawan.

BACA JUGA  Contoh Descriptive Text tentang Hewan Rusa dan artinya

Read Previous

Contoh Surat Lamaran Kerja Copywriter dalam Bahasa Inggris

Read Next

Contoh Descriptive Text tentang Hewan Badak dan artinya

Tinggalkan Balasan