3 Kesalahan Umum Saat Belajar Pronunciation dalam Bahasa Inggris

belajar-pronunciation-bahasa-inggris

Bagikan artikel ini :

Berikut ini akan Asaljeplak berikan apa saja kesalahan umum yang sering terjadi saat belajar pronunciation (pengucapan) dalam bahasa Inggris.

Beberapa hal yang terbilang sulit saat belajar bahasa Inggris itu bukanlah menghafal kosakata atau menguasai rumus-rumus grammar di luar kepala, melainkan bagaimana cara membaca suatu kata atau kalimat bahasa Inggris dengan benar dan terdengar fasih.

Satu-satunya cara untuk menguasai hal itu adalah dengan berlatih membaca dan mengucapkan kata serta kalimat bahasa Inggris  terus menerus, sembari melakukan review apakah pengucapan yang kita ucapkan tersebut sudah benar dan terdengar natural.

Terutama kalau kita ingin menguasai bagaimana cara mengucapkannya menggunakan  aksen yang berbeda-beda seperti Inggris-Amerika, Inggris-British (UK), Inggris-Australia, dan lain sebagainya. Maka berlatih itu menjadi hal yang sangat krusial dan wajib dilakukan untuk bisa menjadi mahir.

Tetapi masalahnya, bagaimana cara kita melatihnya? Dan apakah ada cara yang lebih mudah untuk melatih membaca dan mengucapkan kata serta kalimat dalam bahasa Inggris tersebut?

Kesalahan Umum Belajar Pronunciation Bahasa Inggris

Sebelumnya, Asaljeplak ingin membagikan beberapa kesalahan umum yang dilakukan orang saat melatih pengucapan bahasa Inggris mereka.

Bahasa Inggris sendiri memiliki sekitar 100.000 kelompok kata, dan dianggap sebagai yang terbesar di antara bahasa lainnya. Namun, hanya ada 20.000-30.000 kelompok kata yang biasa digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan sekitar 5.000-6.000 kelompok kata yang dianggap perlu dan memiliki frekuensi penggunaan yang tinggi dalam percakapan sehari-hari.

Oleh karena itu, sebagai permulaan, kita harus menguasai 5.000-6.000 kosa kata inti ini terlebih dahulu agar dianggap ‘lumayan’ dalam bahasa Inggris, dan oleh karena itu kita sampai pada kesalahan pertama kita saat belajar bahasa Inggris.

1. Asal Pilih Kata yang Ingin Dipelajari

Kesalahan pertama adalah bahwa orang-orang, termasuk bahasa Indonesia, biasanya memilih secara membabi buta kata apa saja yang akan dipelajari, tanpa mengetahui fakta tentang 5.000-6.000 kelompok kata inti, dan itu membuat pembelajaran bahasa Inggris mereka menjadi sangat tidak efektif.

kamu harus mempelajari kata-kata bahasa Inggris lebih terfragmentasi, lebih kompak, dan memilih kelompok kata yang tepat sehingga pembelajaran menjadi efektif dan efisien.

2. Malu Berbicara Bahasa Inggris

Kesalahan kedua dalam belajar bahasa Inggris adalah rasa takut untuk mempraktikkannya. Kami terkadang menghindar dari latihan bahasa Inggris kami karena takut diejek oleh teman, kolega, atau keluarga. Hal ini banyak terjadi terutama di kalangan orang Indonesia.

Orang Indonesia cenderung mencampuradukkan antara belajar bahasa Inggris dengan kurangnya kebanggaan nasional, dan meskipun tidak salah untuk memiliki sentimen semacam itu, tetapi itu bisa menghambat bagi seseorang yang ingin belajar bahasa Inggris agar dapat meningkatkan karir, pengetahuan, atau untuk melanjutkan pendidikannya.

Oleh karena itu, banyak dari kita yang tidak berani mempraktekkan bahasa Inggris dalam aktivitas sehari-hari, dan membuat kita semakin ragu untuk melakukan aktivitas yang membutuhkan bahasa Inggris seperti pertemuan bisnis, presentasi kuliah, atau bahkan wawancara kerja.

3. Tidak Mempertimbangkan Akurasi Fonetik

Kesalahan ketiga yang dilakukan orang dalam belajar bahasa Inggris adalah mengabaikan pentingnya keluaran verbal. Banyak yang sering fokus pada membaca dan mendengarkan bagian dari belajar bahasa Inggris, tetapi sering mengabaikan satu aspek yang terbilang penting, yaitu cara mereka (orang bule) mengucapkan kata atau kalimat.

Membaca nyaring adalah salah satu metode yang sedang diteliti dan disarankan oleh banyak orang, yang dianggap efektif dalam meningkatkan pengucapan kita. Tetapi membacanya dengan keras tanpa teknik fonetik yang tepat juga tidak terlalu membantu.

Kita juga harus memasukkan beberapa hal seperti bagaimana menekankan beberapa bagian dalam kalimat, ritme atau alunan saat mengucapkan kalimat, dan juga intonasi kata atau kalimat.

Cara Meningkatkan Kemampuan Pronunciation Bahasa Inggris

Masalah lainnya adalah kita sering merasa tidak tahu bagaimana meningkatkan bahasa Inggris kita, dan kita sulit mendapatkan alat yang tepat untuk melakukannya.

“Lavareading” adalah aplikasi yang hanya memiliki satu tujuan, yaitu agar para penggunanya dapat semakin mahir dan lancar dalam membaca teks dalam bahasa Inggris, serta membantu melatih pengucapan kata serta kalimat di dalam bahasa Inggris dengan baik.

Pada aplikasi ini, kamu bisa membaca berbagai literatur klasik dalam bahasa Inggris, yang terbagi-bagi ke dalam beberapa tingkat kesulitan yang bisa kamu pilih sesuai dengan kemampuanmu.

Nantinya, kamu akan membaca literatur tersebut dengan lantang, dan aplikasi “Lavareading” akan menandai mana kosakata yang masih salah atau belum tepat pengucapannya.

Tenang saja, kamu tidak harus membaca keseluruhan literatur sekaligus, karena nantinya masing-masing literatur akan terbagi ke dalam beberapa chapter.

Setiap kamu selesai membaca suatu chapter, nantinya aplikasi akan menampilkan statistik berupa seberapa cepat kamu menyelesaikan suatu bacaan, dan berapa kata per menit yang berhasil kamu ucapkan di dalam bahasa Inggris, dan setelahnya kamu bisa membaca chapter berikutnya.

“Lavareading” juga memiliki fitur koreksi pengucapan otomatis berbasis AI, yang bisa mengenali pengucapan yang salah secara otomatis.

Fitur koreksi pengucapan otomatis yang disediakan oleh aplikasi “Lavareading” tersebut nantinya akan memberi tanda peringatan apabila pengucapan kamu kurang jelas terdengar atau salah mengucapkan, dan nantinya kamu bisa mengulang hingga pengucapanmu benar atau melewatkannya sementara.

Dengan menggunakan aplikasi “Lavareading” ini, kamu juga bisa memilih bacaan literatur bahasa Inggris yang terkenal, serta artikel-artikel dan juga naskah pidato dari tokoh-tokoh ternama di dunia.

Kalau yang kamu inginkan hanya sekadar membaca saja tanpa ada fitur koreksi otomatis, kamu bisa mengaktifkan “Reading Mode” dengan cara menekan tombol yang ada di bawah, dan tekan kembali tombol tersebut apabila ingin kembali ke “Learning Mode”

Seperti yang kamu lihat, menggunakan aplikasi “Lavareading” ini akan dapat mempermudah kita dalam melatih membaca teks dalam bahasa Inggris, dan juga membantu dalam memperbaiki cara kita mengucapkan suatu kata dalam bahasa Inggris, khususnya untuk pengucapan kata yang masih belum sempurna.

Aplikasi “Lavareading” yang dikembangkan oleh Digital Rosetta Technology ini tersedia untuk para pengguna Android dan iOS, dan bahasa yang ada di dalam aplikasi sudah tersedia dalam bahasa Indonesia. Sehingga kamu akan lebih mudah mengakses dan menavigasi menu yang ada di dalamnya.

Jadi, tunggu apalagi? Ayo install aplikasi “Lavareading” sekarang juga supaya kamu bisa berbicara bahasa Inggris dengan fasih layaknya native.

BACA JUGA  Contoh Descriptive Text tentang Rok dan artinya

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...