Cara Membuat Jaringan Komputer Pada Mac OS

Pada tutorial kali ini, Asaljeplak akan berbagi mengenai cara membuat jaringan komputer pada MacOS, baik sesama MacOS maupun dengan Windows.
menghubungkan-dua-macbook
Spread the love

Pada tutorial kali ini, Asaljeplak akan berbagi mengenai cara membuat jaringan komputer pada MacOS, baik antar sesama Mac maupun antara Mac dengan Windows, menggunakan Wifi ataupun Ethernet.

Jaringan Komputer adalah sebuah cara untuk dapat menghubungkan dua komputer atau lebih. Dengan komputer-komputer yang saling terhubung dalam sebuah jaringan komputer, maka komputer-komputer tersebut dapat saling bertukar data, seperti sharing file, menggunakan printer yang sama, dan perangkat lainnya dengan menggunakan protocol yang sama, dalam hal ini adalah TCP/IP.

Kebanyakan pengguna Mac yang awalnya terbiasa menggunakan Windows seringkali kebingungan dengan sistem jaringan dikarenakan pengaturan dan antarmuka yang sangat berbeda di dalam Mac OS. Namun, kamu bisa mengikuti langkah ini untuk membuat jaringan komputer pada Mac.

A. Membuat Jaringan dari Komputer-ke-Komputer Mac via Wi-fi

Kamu dapat membuat jaringan komputer sendiri dengan menggunakan fitur wi-fi pada Mac kamu. Jaringan ini nantinya bisa membuat Mac kamu terhubung sementara dengan perangkat lain yang juga mempunyai koneksi wi-fi.

Untuk membuat jaringan ini, kamu bisa melakukan beberapa langkah sebagai berikut.

  • Pertama klik ikon Wi-Fi  di bar menu lalu kamu pilih “Buat Jaringan”.
  • Masukkan nama (bebas kamu buat sesuka hati) dan pilih saluran untuk jaringan kamu.
  • Klik “Buat”.
  • Saat kamu membuat jaringan komputer-ke komputer, ikon menu wi-fi kamu akan berubah menjadi tampilan ikon komputer.
  • Setelah selesai, buka kembali menu wi-fi dan pilih “Putuskan” untuk menutup jaringan yang telah kamu buat sebelumnya.

B. Membuat Jaringan Komputer dari Mac ke Windows

Ada kalanya kamu sebagai pengguna Mac harus melakukan file sharing dengan komputer Windows., baik melalui koneksi Wireles alias nirkabel (tanpa kabel), ataupun menggunakan koneksi Ethernet (dengan kabel LAN).

Berikut ini tahap-tahap untuk melakukan kedua metode tersebut:

1. Koneksi dengan Wireless

  • Pertama kamu harus membuat Access Point di Mac. Caranya, klik “Create Network” di Airport (ada di sudut kanan atas), lalu pilih menu “Create Network”.
  • Koneksikan Mac kamu dengan PC Windows dengan memanfaatkan network yang kamu buat. Jangan lupa untuk menon-aktifkan Firewall, karena Firewall windows akan memblok semua aktivitas file sharing ini. Jangan lupa pula untuk menyalakan “Windows Sharing” dan “Personal File Sharing” dari tab “Sharing” di System Preferences sebelum PC Windows bisa mengakses Mac kamu.
  • Buka menu “System Preferences”, pilih “Network” lalu “Airport”. Di dalam Airport, pilih tab TCP/IP, lalu pada Configure IPv4 pilih “Manual”.
  • Untuk IP address, isinya boleh terserah kamu, tetapi angkanya harus antara 0-254. Contohnya adalah “192.168.0.111“. Lakukan hal yang sama pada PC Windows kamu, ganti IP addressnya sama dengan yang kamu masukan di Mac, namun 3 angka terakhir haruslah berbeda. Jadi misalkan di Mac kamu pakai kombinasi angka 111, kamu bisa pakai kombinasi 123 di komputer Windows, terserah saja asalkan angkanya antara 001-254.
  • Setelah itu, di Finder kamu pilih Network. Di sana seharusnya kamu sudah bisa melhat Workgroup dari Windows kamu.

2. Koneksi dengan Ethernet

Ikutilah kembali langkah-langkah yang dipakai diatas, hanya perbedaannya kamu tidak perlu membuat network untuk Access point, dan IP address yang dirubah bukanlah AirPort Extremenya, tetapi Built-in Ethernetnya. Selebihnya langkah-langkahnya sama seperti yang di atas.

Bagaimana, mudah kan membuat jaringan komputer pada komputer atau laptop MacOS? Semoga artikel ini bisa membantu dan semoga Asaljeplak bisa dapat rejeki untuk beli Macbook / iMac (hayaaah).

Artikel Lainnya

Loading...

Tinggalkan komentar

Advertisement
hosting indonesia
hosting murah

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 2.256.993 hit