Cara Menyusun Anggaran Komputer Rakitan Otomatis dengan Microsoft Excel

cara-membuat-menyusun-anggaran-komputer-rakitan-otomatis-pada-excel
Spread the love

Berikut ini adalah panduan mengenai cara menyusun atau membuat anggaran komputer rakitan otomatis menggunakan software Microsoft Excel.

Pada video tutorial Excel kali ini, Asaljeplak akan memberikan sedikit tutorial sederhana mengenai cara membuat anggaran yang digunakan untuk membangun komputer rakitan yang dapat terisi secara otomatis menggunakan Microsoft Excel.

Bagaimana ini bisa membantu? Karena ini akan lebih mempermudah kamu dibandingkan harus bolak balik mengubah harga sparepart komputer secara manual, dan apabila ada perubahan harga pun bisa langsung kamu update dengan cepat.

Metode ini juga bisa digunakan oleh siapa saja, baik kamu yang sekedar ingin menghitung biaya komputer rakitan untuk pribadi ataupun untuk gaming, hingga kamu yang ingin mendirikan warnet atau internet cafe, dan kamu yang ingin menghitung biaya total komputer untuk kebutuhan perusahaan/kantor.

Secara sederhananya, langkah-langkah yang perlu kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  1. Buat tabel dengan kolom-kolom berjudul Komponen, Jumlah, Merk, Harga Satuan, dan Harga Total.
  2. Pada kolom Komponen. masukkan kategori sparepart yang diinginkan, misalnya Processor/CPU, RAM/Memory, Hard Disk, VGA Card, Casing, dsb.
  3. Pada kolom Jumlah, masukkan kuantitas dari masing-masing sparepart yang diinginkan, umumnya sih hanya ada 1 unit sparepart per komputer, dengan pengecualian misalnya kamu ingin membeli 2 RAM, 2 Harddisk, atau 2 VGA Card.
  4. Pada kolom Merk dan Harga Satuan biarkan kosong, ini nanti yang akan terisi secara otomatis.
  5. Pada kolom Harga Total, masukkan rumus perkalian antara sel Jumlah dengan sel Harga Satuan.
  6. Buat sheet-sheet baru sesuai nama kategori sparepart (CPU, RAM, Hard disk, VGA, casing, dsb)
  7. Masukkan nama Merk dan harga satuan dari masing-masing sparepart pada sheet-sheet yang telah kamu buat.
  8. Misalnya, pada sheet CPU, masukkan merk-merk seperti intel i3, intel i5, intel i7, AMD Ryzen, dsb kemudian pada kolom sebelahnya masukkan harga satuannya.
  9. Kembali ke sheet utama yang pertama dibuat, lalu ubah masing-masing cell pada kolom Merk menjadi berbentuk drop down dengan cara pergi ke menu Data>Data Validation, kemudian pilih List pada pilihan Allow, lalu pilih sumber data nya (pada sheet sparepart yang diinginkan), kemudian klik OK.
  10. Pada kolom Harga Satuan, masukkan fungsi INDEX dan MATCH (Silahkan tonton video yang ada di artikel ini atau di artikel pada link tersebut kalau belum jelas).
  11. Contoh fungsi INDEX dan MATCH nya adalah seperti ini: =INDEX(Casing!A2:B5; MATCH([@Merk]; Casing!A2:A5; 0);2)
  12. Selesai.

Nah demikianlah sedikit tutorial sederhana mengenai cara menyusun atau membuat anggaran komputer rakitan yang dapat terisi secara otomatis menggunakan Microsoft Excel.

Untuk template excelnya bisa kamu download di sini:

Template Excel Anggaran Komputer

Semoga bermanfaat ya.

Tinggalkan komentar

Advertisements

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 1.315.529 hit