Konsol Game Terbaik untuk digunakan sebagai HTPC

Konsol Game Terbaik untuk digunakan sebagai HTPC

Spread the love

Berikut ini akan Asaljeplak berikan keunggulan dari masing-masing konsol Game terkini apabila ingin digunakan untuk kebutuhan HTPC,.

Yang Asaljeplak maksud dengan HTPC di sini bukannya membongkar konsol game kemudian dijadikan sebagai HTPC ya, tetapi lebih kepada konsol mana yang bisa lebih digunakan sebagai sarana hiburan dan tidak hanya untuk bermain game.

Berikut ini perbandingan antara Microsoft Xbox One S/X, Sony Playstation 4 Pro, dan Nintendo Switch.

Xbox One S/X: Cocok untuk memutar 4K Blu-Ray and menonton TV kabel

konsol-terbaik-untuk-htpc-home-entertainment-xbox-s-x
sumber: reviewgeek.com

Meskipun koleksi game nya tidak sebanyak Sony Playstation 4 Pro, Microsoft Xbox sulit dikalahkan dalam hal menyediakan konsol serbaguna untuk sarana hiburan di ruang keluarga.

Tidak hanya memiliki koleksi aplikasi streaming (seperti Netflix, Hulu, YouTube, Amazon, HBO Now, dll.), Xbox One S dan One X juga dapat melakukan streaming tayangan 4K dan film. Jika kamu memiliki TV 4K, hal ini tentunya  menjadikan Xbox One sebagai aksesori yang sempurna.

Selain itu, baik Xbox One X dan One S juga hadir dengan pemutar Blu-ray 4K.

Xbox adalah satu-satunya konsol yang dapat memainkan 4K Blu-ray, dan ini mungkin akan tetap berlaku untuk beberapa tahun ke depan. Sederhananya, jika kamu peduli dengan konten 4K, tidak ada konsol yang lebih baik daripada Xbox One.

Xbox One juga dapat memutar CD audio, dan Xbox One adalah satu-satunya konsol yang dapat melakukannya. PlayStation 4 dapat memutar DVD dan Blu-ray biasa (non-4K), tetapi tidak dapat memutar CD audio.

Xbox juga dapat disambungkan dengan TV Tuner (USB) dan juga STB TV Kabel (menggunakan HDMI) sehingga kamu juga bisa menonton tayangan TV menggunakan konsol ini.

Sony PS4 Pro: Baik untuk Internet TV dan Streaming 4K

sumber: reviewgeek.com

Seperti Xbox One, kamu juga bisa menggunakan konsol ini untuk Netflix, Hulu, YouTube, Amazon, dan HBO Now. Sony PS4 Pro juga mendukung streaming 4K, apabila tersedia pada layanan-layanan tersebut

Sayangnya, Sony PS4 tidak memiliki 4K Blu-ray player.

Tetapi tentu saja. dengan koleksi game yang jauh lebih banyak dan juga berisi game-game berkualitas, konsol Sony PS4 ini akan lebih tepat bagi kamu yang lebih banyak memainkan game ketimbang menonton Bluray 4K.

Salah satu keunggulan lainnya dari PS4 adalah layanan berlangganan PlayStation Vue yang bisa kamu gunakan untuk streaming TV pada konsol ini.

Nintendo Switch: Belum bisa menandingi yang lain

sumber: reviewgeek.com

Konsol Nintendo Swicth menggebrak industri game saat kemunculannya dikarenakan portabilitas dan fleksibilitasnya yang unik dan berbeda dari pesaing, dibantu dengan game-game yang juga tidak kalah seru dibandingkan konsol lainnya.

Sayangnya kalau untuk digunakan media hiburan keluarga, konsol ini kalah telak dibandingkan Microsoft Xbox S/X maupun Sony PS4.

Tidak adanya pemutar CD/DVD/Bluray (apalagi Bluray 4K), serta hanya mendukung satu layanan streaming saja, yaitu Hulu, menjadikan konsol ini bukan pilihan yang tepat untuk digunakan diluar bermain game.

Nah, bagaimana? Sudah tahu konsol mana yang ingin kamu beli selanjutnya untuk dijadikan media Home Entertainment di rumahmu?

Semoga artikel ini bisa membantu kamu ya.

Source: Review Geek

Tinggalkan Balasan