Penyebab Terjadinya Blue Screen pada Windows 10 dan Cara Mencegahnya

Berikut ini akan Asaljeplak jelaskan mengenai enyebab Blue Screen pada WIndows 10, dan apa cara yang bisa dilakukan untuk mencegahnya.
penyebab-bluescreen-windows-10 (1)
Spread the love

Pada artikel kali ini akan Asaljeplak jelaskan mengenai apa saja penyebab Blue Screen pada WIndows 10, dan apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mencegah hal tersebut.

Bagi pengguna sistem operasi Windows pasti pernah mendengar atau mengalami yang namanya ‘Blue Screen’. Bahkan pastinya beberapa di antara kalian yang setip hari berkutat dengan komputer pasti tidak asing dengan istilah Blue Screen of Death (BSOD) ini.

Kali ini, Asaljeplak akan meberikan bocoran bagaimana cararanya agar  tidak terjadi Blue Screen pada Windows 10 kalian. Jadi, bagi yang khawatir mengalami atau pengen tahu soal Blue Screen ini, khususnya pengguna Windows 10.

Baca juga tutorial windows Asaljeplak yang lainnya seperti 5 emulator android terbaik tahun 2018, kemudian mengenai cara menghubungkan printer ke beberapa komputer, dan juga mengenai cara mengunci folder dengan password pada Windows berbagai versi.

Penyebab Blue Screen pada WIndows 10

Biasanya Error Blue Screen pada Windows 10 ini terjadi karena adanya software atau hardware yang crash atau kesalahan fatal. Ada beberapa kasus juga, biasanya karena infeksi virus (malware) yang merusak informasi firmware suatu device (hardware), driver yang rusak (korup) atau install Windows kalian yang belum sempurna dan ada yang korup.

Baca juga: 5 Software Antivirus Terbaik PC Windows 2018

Karena Blue Screen ini, akibatnya membuat sistem harus di-restart, sehingga saat Windows 10 kalian mengalami error yang serius, memaksanya untuk berhenti atau macet. Kemudian tampil layar berwarna biru yang bertuliskan ERROR. Itulah yang disebut Blue Screen atau juga dikenal dengan sebutan BSOD (Blue Screen of Death).

Pada kondisi ini, Windows 10 kalian akan benar-benar berhenti total. Beda dengan hang, yang masih bisa dilakukan dengan menekan CTRL+ALT+DEL. Pada kondisi Blue Screen ini tak ada lagi yang bisa dilakukan oleh kalian. Satu-satunya cara adalah me-restart komputer atau laptop kalian. Risikonya, kehilangan data yang sedang dikerjakan.

Cara Mencegah Blue Screen pada Windows 10

Untuk mencegah terjadinya Blue Screen pada Windows 10 ini, ad acara yang bisa dilakukan. Kali ini Asaljeplak akan menunjukkan cara jitu ini. Langkah pertama yang dilakukan adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Windows dan S secara bersamaan. Kemudian akan muncul search di bagian kiri layar.
  2. Lalu ketikan services.msc di kolom search tersebut. Setelah itu tekan Enter dan akan muncul kotak yang tulisan diatasnya Services.
  3. Kemudian, cari tulisan àWindows Error Reporting Service. Cara mudah untuk menemukannya bisa dengan menekan huruf W terlebih dahulu pada keyboard lalu cari.
  4. Setelah itu klik tulisan Windows Error Reporting Service
  5. Langkah selanjutnya, setelah mucul kotak lalu cari Status Type. Setelan defaulfnya adalah Manual, kemudian ganti dengan Disable.
  6. Terakhir untuk menutup kotak tesebut, klik Apply

Nah, itulah cara ampuh untuk mencegah terjadinya Blue Screen pada Windows 10 kalian. Sebelum terjadi Blue Screen buruan lakukan tutorial dari Asaljeplak tersebut. Apabila sudah terlanjur terjadi Blue Screen pada Windows 10 kalian, sebaiknya diintal ulang saja. Tapi bisa saja melakukan uninstall driver atau program yang baru saja terinstall.

Tapi apabila Blue Screen terjadi setelah memasang hardware, sebaiknya matikan komputer lalu lepas hardware tersebut. Kemudian restart komputer. Jika blue screen bisa teratasi, cari info tentang hardware yang menyebabkan masalah tersebut dari situs pabrik pembuatnya, atau bisa saja memerlukan driver khusus.

Semoga setelah membaca artikel ini kamu tidak panik lagi dan bisa membantu memperbaiki masalah Blue Screen pada WIndows 10 yang sangat mengganggu pada saat hal tersebut terjadi.

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar

Advertisement
hosting indonesia
hosting murah

Artikel Terbaru

Follow Us

Asaljeplak YT

Loading...
Optin Form
Statistik Blog
  • 2.865.387 hit