Cara Membuat Gambar Transparan di Coreldraw

Pada artikel kali ini, Asaljeplak akan memberikan panduan mengenai bagaimana cara membuat gambar transparan di Coreldraw,.
cara-membuat-gambar-transparan-coreldraw

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Pada artikel kali ini, Asaljeplak akan memberikan panduan mengenai bagaimana cara membuat suatu objek gambar atau foto menjadi transparan dengan menggunakan software Coreldraw, supaya kamu lebih memahami dan mengerti cara melakukannya.

Mengubah objek berupa foto atau gambar menjadi transparan merupakan suatu efek yang cukup umum dilakukan dikarenakan memiliki beberapa kegunaan seperti untuk membuat efek berbayang, menyampurkan atau menyamarkan objek dengan background, dan beragam kegunaan lainnya sesuai dengan kreatifitas desainer.

Salah satu cara membuat suatu foto atau gambar transparan adalah dengan menggunakan software atau aplikasi Coreldraw, yang memang umum digunakan untuk kebutuhan desain grafis, dan khususnya untuk menyiapkan materi yang akan dicetak.

Cara membuat gambar transparan di Coreldraw tidaklah rumit, karena di dalam software tersebut sudah disediakan fitur yang akan dapat memudahkan kamu untuk melakukannya dengan cepat dan bahkan hasilnya bisa kamu sesuaikan sesuai dengan keinginanmu.

Pada video di atas, kamu bisa melihat secara langsung panduan yang Asaljeplak berikan terkait hal tersebut, dan pada penjelasan di bawah ini akan diberikan langkah-langkah melakukannya supaya lebih memperjelas dan mudah dipahami.

Cara Menjadikan Gambar/Foto Menjadi Transparan Keseluruhan di Coreldraw

Langkah-langkah mudahnya untuk membuat gambar transparan di Coreldraw adalah sebagai berikut:

  1. Buka objek foto atau gambar pada Coreldraw,
  2. Klik pada objek untuk mulai mengedit,
  3. Pilih menu transparency yang ada di baris menu sebelah kiri (lihat video untuk mengetahui letak menu nya),
  4. Kemudian pada barisan di bagian atas, kamu bisa memilih satu dari beberapa mode transparan, yaitu Uniform, Fountain, Vector, Bitmap, Two Color Transparency.
  5. Apabila ingin membuat keseluruhan objek menjadi transparan, pilihlah uniform transparency,
  6. Atur tingkat transparansi menggunakan slider atau mengganti angka yang ada di dalam kotak pada menu atas (yang secara default ada di angka 50),
  7. Geser kanan atau masukkan angka yang lebih besar dari 50 (max. 100) untuk meningkatkan transparansi, dan masukkan angka di bawah 50 untuk mengecilkan tingkat transparansi.

Cara Menjadikan Gambar/Foto Menjadi Transparan Sebagian di Coreldraw

Sementara apabila kamu hanya ingin memberikan efek transparan pada sebagian objek saja, pilihlah menu Fountain Transparency, yang langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Klik pada objek
  2. Pilih menu “Fountain Transparency”
  3. Atur posisi garis yang membentuk siku dengan cara klik pada bagian kotak-kotaknya, yang mana kamu bisa menggeser, memutar, atau mengatur besar kecilnya siku tersebut,
  4. Atur posisi slider yang berbentuk garis biru (terletak pada kaki-kaki siku), untuk mengatur besar-kecilnya area transparansi.
  5. Lakukan hingga menemukan hasil yang sesuai dengan keinginanmu.

Kesimpulan

Memberikan efek transparansi bisa sangat membantu dalam desain grafis, karena terkadang akan dapat menambah nilai estetika dari suatu desain yang sedang anda kerjakan, dan hal itu bisa dengan mudah dilakukan apabila kamu menggunakan software Coreldraw.

Jangan lupa untuk menonton video Asaljeplak di atas supaya kamu bisa lebih memahami bagaimana cara melakukannya, dan jangan lupa untuk berikan likes dan subscribe ke channel Youtube Asaljeplak apabila kamu terbantu dengan tutorial cara membuat gambar transparan di coreldraw ini.

Dan juga, jangan lupa untuk mengunjungi dan membaca artikel-artikel lainnya yang ada di website Asaljeplak, seperti:

Artikel Lainnya

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Loading...

Tinggalkan komentar