5 Aplikasi Edit Video untuk Pemula Terbaik [2023]

Bagikan artikel ini :

Nah, buat kamu yang baru aja ngerintis di dunia editing video, pasti suka merasa kerepotan dan bingung mau pake aplikasi apa ya? Tenang aja, sekarang udah banyak aplikasi edit video untuk pemula yang gampang dipake. Bahkan buat kamu yang pengen ngoprek video di ponsel atau laptop, pasti ada aplikasi yang pas buatmu.

Nah, kali ini kita mau ngasih rekomendasi beberapa aplikasi edit video yang mudah banget dipake buat pemula. Ada yang gratis, ada juga yang bayar tapi worth it banget lah. Pokoknya, aplikasi-aplikasi ini bakal bikin video kamu makin menarik deh.

Nanti kita bakal bahas aplikasi edit video untuk desktop dan smartphone, jadi kamu bisa milih mana yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Yuk, simak artikel ini sampai habis biar kamu bisa pilih aplikasi yang cocok dan bisa meningkatkan skill editing video kamu. Gampang banget kok!

5 Aplikasi Edit Video untuk Pemula Terbaik versi Asaljeplak.com

Berikut daftar lima aplikasi edit video yang mudah digunakan, baik untuk perangkat desktop maupun seluler:

1. Filmora (Windows, Mac)

Filmora adalah aplikasi edit video yang user-friendly dan cocok untuk pemula, yang tersedia untuk perangkat Windows dan Mac. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur editing seperti mengimpor video dan audio, menambahkan efek visual dan transisi, serta menyesuaikan warna, kecerahan, dan kontras. Filmora juga memiliki fitur-fitur kreatif seperti layar hijau, pemotongan video otomatis, dan motion graphics. Filmora dapat mengekspor video ke berbagai format dan kualitas termasuk 1080p dan 4K. Dengan harga yang terjangkau dan antarmuka yang mudah digunakan, Filmora adalah pilihan yang tepat bagi pengguna yang ingin membuat video berkualitas tinggi tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

2. iMovie (iOS, macOS)

iMovie adalah aplikasi edit video gratis dari Apple yang tersedia di perangkat Mac dan iOS. Dengan antarmuka yang mudah digunakan, iMovie cocok untuk pemula yang ingin mempelajari cara mengedit video. Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur editing seperti mengimpor video dan audio, menambahkan efek visual dan transisi, menyesuaikan warna, kecerahan dan kontras, serta menyinkronkan video dengan musik. Setelah selesai, video bisa diekspor ke berbagai format, termasuk 1080p dan 4K, dan dapat dibagikan ke media sosial atau platform berbagi video lainnya. iMovie adalah aplikasi yang ideal bagi pengguna Mac atau iOS yang ingin membuat video berkualitas tinggi.

BACA JUGA  Inilah Alasan Harus Meminum Air Mineral Aqua

3. InShot (iOS, Android)

InShot adalah aplikasi edit video dan foto gratis yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur editing seperti memotong, memutar, mempercepat, dan melambatkan video, menambahkan efek suara, teks, dan stiker. InShot juga memiliki fitur pengeditan foto, seperti menambahkan filter dan memotong foto sesuai ukuran yang diinginkan. Aplikasi ini mendukung berbagai format video dan memungkinkan pengguna untuk membagikan video ke media sosial dan platform berbagi video lainnya. Dengan antarmuka yang mudah digunakan, InShot adalah aplikasi yang cocok bagi pemula yang ingin membuat video dan foto yang menarik dan berkualitas tinggi.

4. Capcut (iOS, Android)

CapCut adalah aplikasi edit video gratis yang tersedia untuk perangkat iOS dan Android. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur editing video seperti memotong, mempercepat, memperlambat, menambahkan efek visual, suara, teks, dan stiker. CapCut juga memiliki fitur pengeditan audio, seperti menambahkan musik atau suara latar belakang. Aplikasi ini mendukung berbagai format video dan memungkinkan pengguna untuk mengekspor video hingga 1080p. Selain itu, CapCut juga dilengkapi dengan fitur edit gambar dan membuat kolase foto. Dengan antarmuka yang intuitif, CapCut adalah aplikasi yang cocok bagi pemula yang ingin membuat video dan foto yang menarik dan berkualitas tinggi.

5. Openshot (Windows, Mac, Linux)

OpenShot adalah aplikasi edit video open source dan gratis yang tersedia untuk perangkat Windows, Mac, dan Linux. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur editing video seperti memotong, mempercepat, dan memperlambat video, menambahkan efek visual dan transisi, menyesuaikan warna, dan menambahkan teks dan gambar. OpenShot juga mendukung format video dan audio yang beragam dan dapat mengekspor video hingga 4K. Selain itu, OpenShot dilengkapi dengan fitur animasi dan efek khusus, seperti efek zoom dan 3D. Dengan antarmuka yang mudah digunakan, OpenShot adalah aplikasi yang cocok bagi pemula dan pengguna yang ingin membuat video berkualitas tinggi tanpa perlu mengeluarkan biaya yang mahal.

BACA JUGA  Cara Membuat Intro Logo Menggunakan Filmora

Tips Memilih Aplikasi Edit Video Yang Tepat

Tips dan Trik Dengan banyaknya aplikasi pengeditan video yang tersedia, memilih aplikasi yang tepat untuk kebutuhan Anda bisa menjadi hal yang membingungkan. Tanpa memiliki gambaran yang jelas tentang anggaran atau jenis pengeditan yang akan dilakukan, mungkin akan sulit mendapatkan semua fitur pengeditan yang diperlukan atau bahkan membayar terlalu banyak untuk fitur yang tidak akan digunakan. Berikut adalah empat hal yang harus dipertimbangkan sebelum memilih aplikasi pengeditan video.

Anggaran

Pastikan untuk menentukan anggaran Anda untuk perangkat lunak pengeditan video. Beberapa aplikasi memerlukan biaya langganan bulanan, sementara yang lain memungkinkan pembayaran satu kali. Mengetahui berapa banyak yang bisa Anda keluarkan akan membantu mempersempit pilihan aplikasi.

Kebutuhan Pengeditan

Pertimbangkan jenis pengeditan yang ingin dilakukan sehingga Anda dapat memastikan aplikasi pengeditan yang dipilih sesuai dengan kebutuhan spesifik Anda.

Tingkat Pengalaman

Pastikan Anda memilih aplikasi pengeditan yang sesuai dengan tingkat pengalaman Anda. Tidak masalah jika Anda memiliki aplikasi dengan fitur paling canggih jika tidak dapat menggunakannya dengan benar. Jika tidak yakin, coba aplikasi gratis sebelum membelinya.

Kompatibilitas Perangkat

Pastikan untuk memeriksa kompatibilitas perangkat untuk memastikan aplikasi yang dipilih dapat digunakan pada perangkat yang akan digunakan. Apakah akan mengedit video pada ponsel, tablet, atau desktop, pastikan aplikasi kompatibel dengan sistem operasi perangkat tersebut.

Akhir Kata

Masing-masing orang memiliki preferensi berbeda dalam memilih aplikasi pengeditan video terbaik, tergantung pada jenis perangkat dan sistem operasi yang digunakan. Sebelum memutuskan aplikasi mana yang akan digunakan, pastikan untuk mempertimbangkan anggaran, kemampuan pengeditan, dan jenis pengeditan yang akan dilakukan. Ada aplikasi pengeditan video gratis yang cukup baik untuk melakukan pengeditan dasar, namun jika ingin menggunakan fitur yang lebih canggih, biasanya memerlukan aplikasi berbayar yang dapat memberikan kualitas dan keunikan yang lebih baik pada konten Anda.

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...