6 Jenis Kerusakan Mesin Cuci Paling Umum Terjadi dan Cara Mengatasinya

kerusakan-mesin-cuci-umum

Bagikan artikel ini :

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on pinterest
Share on email
Share on print

Berikut ini akan Asaljeplak jelaskan mengenai 6 jenis kerusakan mesin cuci yang paling umum terjadi dan apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya.

Mesin cuci adalah salah satu barang elektronik rumah tangga yang memiliki kegunaan yang terbilang penting dan krusial bagi kehidupan kita sehari-hari. Dengan adanya mesin cuci, kita bisa memastikan seluruh pakaian tetap bersih dan terbebas dari kuman, sehingga bisa kita gunakan sehari-hari dengan nyaman.

Cara menggunakannya pun terbilang mudah dan praktis, tinggal masukkan deterjen, tekan tombol, dan tunggu hingga proses pencucian selesai. Jauh lebih praktis ketimbang mencuci secara manual (menggunakan tangan dan papan penggilasan).

Namun, layaknya elektronik pada umumnya, mesin cuci juga tidak luput dari kerusakan, yang mana apabila dikategorikan, akan ada 6 jenis kerusakan yang paling umum terjadi pada mesin cuci, yang akan Asaljeplak bahas pada artikel kali ini.

6 Kerusakan Mesin Cuci Paling Umum

Berikut ini akan Asaljeplak jelaskan mengenai 6 jenis kerusakan mesin cuci yang umum terjadi dan bagaimana cara mengatasinya tanpa perlu memanggil tukang atau penyedia jasa service mesin cuci.

Air di Mesin Cuci Tidak Mengalir

Air di Mesin cuci yang tidak mengalir adalah salah satu masalah paling umum yang kita temui. Hal ini dapat disebabkan oleh salah satu dari beberapa penyebab berikut ini:

  • Selang pembuangan atau pompa tersumbat oleh pakaian, sisa kotoran, atau kotoran lainnya.
  • Mesin cuci tidak berfungsi dan tidak menjalankan siklus pembuangan/pemutaran dengan benar. Pada mesin cuci modern biasanya akan memunculkan kode kesalahan, jadi cobalah periksa buku manual produk atau hubungi produsen untuk mengklarifikasi apa yang dimaksud.
  • Pompa pembuangan rusak (mesin cuci biasanya akan mengeluarkan suara yang berisik dan/atau mulai bocor jika hal ini terjadi).

Cara Mengatasi Air di Mesin Cuci Tidak Mengalir

Beberapa cara mengatasinya antara lain adalah sebagai berikut:

  • Reset ulang mesin cuci, caranya dengan menekan tombol power untuk mematikan mesin cuci, tunggu satu menit lalu nyalakan kembali, periksa apakah air mengalir secara normal.
  • Melakukan master reset dengan cara menyalakan mesin cuci, lalu buka-tutup pintu mesin cuci sebanyak 6 kali dalam 12 detik, lalu jalankan rinse/spin tanpa memasukkan pakaian, dan periksa apakah air dapat mengalir kembali.
  • Membersihkan selang mesin cuci dengan cara mematikan mesin cuci, melepas selang, pastikan selang tidak bengkok atau rusak, aliri selang dengan air untuk membersihkan dari kotoran, gunakan objek panjang untuk dimasukkan ke dalam selang lalu sodok-sodok untuk merontokkan kotoran, pastikan air dapat mengalir melalui selang tanpa kendala, pasang kembali selang tersebut.
  • Apabila selang sulit dilepas, jalankan mode siklus terpanas pada mesin cuci tanpa memasukkan pakaian, dan tunggu hingga air mengalir kembali dengan normal.

Pintu Mesin Cuci Tidak Bisa Dibuka

Kerusakan ini sangat umum terjadi pada mesin cuci front loading, karena pintu pada mesin cuci jenis ini sangat krusial supaya proses pencucian berjalan lancar.

Beberapa penyebab pintu mesin cuci tidak bisa dibuka antara lain seperti:

  • Kerusakan pada mekanisme penguncian pintu mesin cuci,
  • Kesalahan atau kerusakan pada sensor/komputer mesin cuci,
  • Aliran air pada mesin cuci tersumbat atau bermasalah, sehingga tabung dideteksi terisi air dan pintu otomatis terkunci.

Cara Mengatasi Pintu Mesin Cuci Tidak Bisa Dibuka

Cara mengatasi kerusakan ini antara lain adalah sebagai berikut:

  • Lakukan reset atau master reset pada mesin cuci seperti yang telah dijelaskan sebelumnya,
  • Nyalakan siklus pencucian terpendek untuk memancing mesin cuci supaya berputar dan diharapkan pintu mesin cuci terbuka,
  • Periksa dan bersihkan selang pembuangan pada mesin cuci.

Mesin Cuci Menimbulkan Bau Tak Sedap

Mesin cuci menjadi kotor dan berjamur seiring waktu. Bau khas dari kotoran dan jamur tersebut kemudian ditransfer ke pakaian, sehingga pakaian ikut menjadi bau.

Penyebab utamanya adalah karena kamu jarang membersihkan mesin cuci, misalnya dengan melakukan siklus pencucian tanpa ada pakaian satu pun, atau menggunakan fitur pembersihan yang tersedia pada mesin cuci.

Cara Mengatasi Mesin Cuci Menimbulkan Bau Tak Sedap

Tentunya cara mengatasinya adalah dengan membersihkan mesin cuci, namun sedikit berbeda apabila mesin cuci sudah terlanjur bau.

Pertama-tama, siapkan bahan-bahan berikut ini:

  •  2 cangkir cuka
  • 1/4 cangkir baking soda (soda kue)
  • 1/4 gelas air

Kemudian lakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Bersihkan bagian dalam mesin cuci dari sisa buih dan jamur yang menempel,
  2. Campur air dan soda kue ke dalam wadah kecil, lalu masukkan ke kompartemen (tempat menaruh) deterjen pada mesin cuci,
  3. Tuangkan cuka langsung ke dalam drum mesin cuci,
  4. Pilih pengaturan terpanas yang tersedia pada mesin cuci dan mulai siklusnya. Kombinasi cuka dan soda kue akan menghilangkan jamur dan mineral yang menumpuk dan membuat aroma mesin cuci menjadi lebih segar.

Mesin Cuci Menyebabkan Listrik Turun/Jegleg/Anjlok

Untuk masalah yang satu ini, agak sulit ditentukan cara mengatasinya, karena ini sangat terkait dengan kondisi arus listrik di rumah atau kediamanmu.

Berbagai penyebabnya antara lain mulai dari kurang daya, ada kabel yang korslet (baik pada mesin cuci maupun dari elektronik lain), ada komponen mesin cuci bermasalah, dan lain sebagainya.

Mesin Cuci Mengalami Kebocoran

Mesin cuci yang mengalami kebocoran saat digunakan bisa jadi disebabkan karena adanya kerusakan pada selang dan segel pintu mesin cuci. Jika hal itu yang terjadi, maka kedua komponen tersebut harus diganti dengan yang baru.

Solusi lainnya, kamu bisa coba untuk menuangkan 1/2 cangkir cuka putih pada air bersih (+/- 1 liter) pada cucian yang dapat membantu mengurangi luapan residu busa yang seringkali menjadi penyebab kebocoran.

Mesin Cuci Tidak Mau Berputar atau Menyala

Sama seperti masalah mesin cuci menyebabkan jegleg/anjlok.turun listrik, permasalahan umum yang satu ini biasanya disebabkan oleh daya listrik yang diterima tidak cukup, yang mengakibatkan mesin cuci tidak dapat bekerja secara normal.

Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan mencoba mengurangi jumlah pakaian di dalam mesin dan periksa kabel mesin cuci yang terhubung pada sumber listrik, cabut dahulu, kemudian memasangnya kembali.

Alternatif Cara Mengatasi Kerusakan Mesin Cuci

Tentu saja apabila kamu kesulitan mengatasi kerusakan-kerusakan umum pada mesin cuci tersebut sendirian, kamu selalu memiliki opsi untuk menggunakan penyedia jasa service mesin cuci panggilan Jabodetabek atau area sekitar rumahmu yang terpercaya dan bisa diandalkan, sehingga masalah-masalah pada mesin cuci bisa teratasi dengan segera.

Layanan yang mereka sediakan biasanya antara lain adalah:

  • Service mesin cuci,
  • Service mesin pengering,
  • Konsultasi,
  • Penggantian sparepart (suku cadang) dari komponen mesin cuci yang rusak.
BACA JUGA  Nyaman Beraktivitas di Musim Hujan dengan Jaket Waterproof

Download Artikel dalam Bentuk PDF

Artikel Lainnya

Loading...

Mau punya website sendiri ?

Yuk buat website di RBC Hosting

Kamu bisa membuat website apa saja, mulai dari sales page, profil usaha, website pribadi, blog, website acara, website katalog, undangan pernikahan online, dan masih banyak lagi sesuai kebutuhanmu. 

Mulai dari Rp300rb /tahun saja!

Tinggalkan Balasan

Tinggalkan komentar via FB

DomaiNesia
Loading...